Ukuran Lapangan Sepak Bola Standart Internasional FIFA | Lengkap!

Ukuran Lapangan Sepak Bola – atau sering disebut dengan lapangan hijau adalah tanah yang luas. Permukaan tanah ini biasanya menggunakan rumput alami atau buatan (sintesis) sebagai pelapis.
Dalam pembuatan bentuk dan ukuran lapangan bola ini sudah di atur oleh LOTG dalam pasal pertamanya, atau yang disebut dengan “the field of play“. Sampai akhirnya, pada awal tahun 2008 IFAB membuat standarisasi seputar ukuran lapangan sepak bola yang akan digunakan nantinya.
Berikut ini ukuran panjang lapangan sepak bola yang telah disepakati:

Ukuran Panjang Lapangan Sepak Bola Menurut Standart FIFA

ukuran lapangan sepak bola
Kampungilmu.web.id

ukuran yang pertama adalah panjang lapangan. Panjang lapangan bola ini diukur dari gawang pertama sampai gawang kedua. Berikut ini ukuran panjangnya:
  • Minimum panjang lapangan sepak bola : 90 meter
  • Maksimum panjang lapangan sepak bola :120 meter
Pada bagian tengah lapangan bola terdapat garis tengah yang memisahkan lapangan menjadi dua bagian. Garis tengah lapangan atau lebar ini memiliki ukuran:
  • Minimum lebar lapangan sepak bola : 45 meter
  • Maksimum lebar lapangan sepak bola : 90 meter

Ukuran Lingkaran Tengah Lapangan Sepak Bola

Selain dibagian tengah lapangan ada garis lebar, ditengah-tengah garis tersebut juga ada garis yang berbentuk lingkaran. Lingkaran tersebut memiliki diameter 9,15 sampai 9,5 meter. Pada bagian tengah lingkaran juga terdapat titik yang digunakan untuk tempat kick off.

Ukuran Kotak Pinalti

Dalam sebuah kotak pinalti, kiper atau penjaga gawang bebas untuk memegang bola. Namun bila terjadi pelanggaran dalam kotak pinalti, maka tim lawan diberi hadiah tendangan 11 meter dari jarak gawang.
Kotak penalti ini terbagi menjadi dua ukuran, yaitu  ukuran kotak penalti besar dan kotak penalti kecil, berikut ini penjelasannya:
1. Ukuran kotak penalti besar
Kotak penalti besar memiliki ukuran 18 yard, atau jika dikalkulasikan ke meter menjadi: Panjang 40-45 meter dan lebar 16 sampai 19 meter.
2.Ukuran kotak penalti kecil
Untuk kotak penalti kecil memiliki ukuran 6 yard, atau dengan panjang 18 meter dan lebarnya 5,5 meter. Walaupun terbilang sangat kecil, tapi ukuran ini sudah ditetapkan oleh FIFA.

Luas Area dan Ukuran Gawang Sepak Bola

Area gawang sudah ditetapkan ukurannya oleh FIFA. Area ini memiliki panjang 18,32 meter dan lebarnya 5,5 meter.
Sedangkan untuk ukuran panjang dan lebar gawang sepak bola harus memiliki perbandingan 3:2 dalam bentuk persegi panjang. Walaupun demikian, ada ukuran sempurna yang telah ditetapkan FIFA, yaitu dengan tinggi gawang 2,4 meter dan lebar 7,3 meter.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Untuk Pertandingan Tingkat Internasional

ukuran lapangan sepak bola
Berpendidikan.web.id

Jika kamu sudah tahu panjang lapangan sepak bola secara umum seperti di atas. Tapi, apakah kamu tahu berapa ukuran lapangan sepak bola tingkat Internasional?
Untuk ukuran lapangan sepak bola Internasional memiliki aturannya sendiri, dan ini adalah ukuran yang telah dikerucutkan lagi dari standart FIFA. Berikut ini ukuran lapangan bola untuk tingkat internasional:
  • Panjang lapangan Internasional maksimum 110 meter
  • Panjang lapangan Internasional minimum 100 meter
  • Lebar lapangan Internasional maksimum 75 meter
  • Lebar lapangan Internasional minimum 64 meter

 

Ukuran Stadion Sepak Bola Terkenal di Dunia

panjang lapangan sepak bola
Ilmupedia.web.id
Biasanya lapangan yang sudah memiliki ukuran dengan standart Internasional sering dipakai untuk piala dunia. Jika kamu adalah pecinta sepak bola, pasti sudah tidak asng lagi dengan stadion-stadion ini. Berikut stadion terkenal di wilayah Eropa dengan ukuran lapangan sepak bola Internasional:

Ukuran Lapangan Sepak Bola Old Trafford

Sesuai namanya, Old Trafford merupakan sebuah stadion sepak bola yang berada di daerah  Old Trafford, Inggris. Stadion ini juga termasuk markas dari klub Manchester United.
Lapangan sepak bola ini memiliki ukuran panjang 105 meter dan lebarnya 68 meter. Old Trafford termasuk stadion terbesar kedua di Inggris dan terbesar kesebelas di Eropa. Dengan ukuran yang besar, stadion ini bisa menampung penonton sampai 75.635 orang.
Selain dikenal dengan nama stadion Old Trafford, markas klub Menchester United ini juga sering disebut dengan “The Theatre of Dreams” atau teater mimpi.

Ukuran Stadion Sepak Bola Anfield

Stadion Anfield adalah lapangan sepak bola yang terletak di kota Liverpool. Ukuran lapangan sepak bola Anfield memiliki panjang 101 meter dan lebarnya 68 meter.
Stadion ini juga terbilang sangat luas, bahkan sampai bisa menampung 45.276 orang penonton. Bukan hanya luas, stadion sepak bola ini juga menjadi markas dari klub Liverpool.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Santiago Bernabeu

Stadion Santiago Bernabeu adalah lapangan sepak bola yang berada di kota Madrid, Spanyol. Stadion ini memiliki ukuran lapangan sepak bola dengan panjang 108 meter dan lebar 72 meter.
Pada masa kejayaannnya, stadion ini bisa menampung penonton hingga 120.000 orang. Tapi, karena adanya modernisasi stadion ini mulai dikurangi kapasitasnya.
Selain ketiga lapangan sepak bola di atas, masih ada banyak lapangan yang memuhi standart Internasional. Berikut ini lapangan sepak bola beserta keterangannya :
  • Stadion Nou Camp, dengan ukuran lapangan sepak bola : 106 m x 70 m
  • Stadion San Siro, dengan ukuran lapangan sepak bola : 105 m x 68 m
  • Stadion Juventus , dengan ukuran lapangan sepak bola : 105 m x 68 m
  • Stadion Allianz Arena , dengan ukuran lapangan sepak bola : 105 m x 68 m
  • Stadion Amsterdam , dengan ukuran lapangan sepak bola : 105 m x 68 m
  • Stadion Parc des Princes , dengan ukuran lapangan sepak bola : 105 x 68 m

Belum ada Komentar untuk "Ukuran Lapangan Sepak Bola Standart Internasional FIFA | Lengkap!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel