Sejarah Sepak Bola Lengkap Beserta Peraturan dan Ukuran Lapangan

SEJARAH SEPAK BOLA – Siapa yang tidak mengenal dengan olahraga satu ini jenis olahraga yang menggunakan benda bulat yang disebut bola ini sepakbola adalah salah satu olahraga terbaik dunia.
Permainan ini dimainkan oleh masing-masing 2 tim yang terdiri 11 pemain inti, 1 pelatih yang di ikuti staf-stafnya dan juga beberapa pemain cadangan plus penonton disetiap laganya.

Sejarah Sepak Bola

Dikisahkan pada awal abad ke-21, sepak bola sudah dimaikan lebih dari 250 jiwa dari 200 di seluruh negara. Muncul dengan tren dan banyak perkembangan dalam permainannya. Akhirnya sejarah permainan sepak bola lahir sebagai olahraga paling terbaik dunia hingga sekarang.
Sepak bola biasa dimainkan di lapangan persegi panjang, di atas rumput asli. Dalam sejarah permainan sepak bola setiap tim akan saling mencetak gol ke gawang lawan. Secara hak pemain yang boleh menyentuh bola dengan tangan khusus kiper saja, dan dilakukan jika bola berada di kotak area kiper saja.
Lalu untuk 10 pemain lainnya hanya bisa menggunakan semua bagian tubuh kecuali bagian tangan. Bagi tim yang berhasil melesatkan gol terbanyak selesai pertandingan berakhir diantara dua tim tadi maka itulah tim pemenangnya.
Tapi dikalau waktu permainan sudah berakhir dan skor yang diperoleh masing-masing tim sama, maka bisa berarti seri atau juga akan ada memperpanjang waktu sampai adu penalti.
Di laga sistim point tim yang menang akan mendapat 3 poin, dan yang kalah tidak mendapat poin, lalu jika kedua tim mendapat skor imbang maka masing-masing tim bisa mendapat poin 1.
Dengan peraturan jika ada pemenang dalam pertandingan melakukan kecurangan, maka kemenangan pertandingan bisa batal dan dikenai tindak pidana kedepannya.
Cara permainan yang lain dalam sepak bola, jika salah satu tim mengundurkan diri dari sebuah permainan disebut walk out, maka tim lawan akan memenangkan pertandingan langsung secara otomatis. Secara umumnya aturan pertandingan diperbaharui setiap tahun oleh organisasi sepak bola dunia (FIFA).
Sejarah sepak bola, disini nanti saya akan menjelaskan secara singkat bagaimana sejarah sepak bola, dan sejarah permainan sepak bola secara penuh namun singkat. Pastinya akan bermanfaat jika Anda ingin mengetahui sejarah sepak bola lengkap. Berikut dibawah ini saya akan mulai dari Indonesia.
 

Sejarah Singkat Sepak Bola di Dunia

sejarah sepak bola
Berpendidikan.web.id
Asal permainan sepak bola dimulai di China dari abad ke-2 dan ke-3 SM, dari Dinasti Han warga ketika itu suka memainkan permainan ini dengan menggiring bola kulit ke jaring kecil lalu seketika menendangnya. Jadi, bisa dikatakan pencipta permainan sepak bola adalah warga Dinasti Hang.
Sejarah sepak bola dunia serupa juga ada dan dimainkan di Jepang bernama Kemari. Selain itu, di Italia, permainan menggiring bola dan menendang bola juga disukai masyarakat, terutama sejak abad ke-16.
Jadi, ada banyak spekulasi, sebenarnya permainan sepak bola berasal dari negara mana?. Tapi, bisa diambil kemungkinan, permainan sepak bola berasal dari negara China atau Jepang atau Inggris.
Sejak dimasukannya aturan dasar sepakbola Inggris, penemu permainan sepak bola modern sudah mulai tumbuh dan menjadi begitu disukai oleh berbagai kalangan masyarakat.
Dibeberapa pertandingan, permainan sepakbola menyebabkan banyak kekerasan saat kompetisi berlangsung, sehingga akhirnya pada tahun 1365 Raja Edward III memutuskan untuk melarang permainan sepak bola dimainkan. Ini juga mendapat dukungan dari King James I dari Skotlandia.
Pada tahun 1815 terjadilah perkembangan menderu yang menyebabkan permainan sepak bola menjadi olahraga yang terkenal di lingkungan sekolah dan universitas maupun tempat-tempat lain.
Kelahiran sepak bola modern terjadi pada tahun 1863 di Freemasons Tavern saat sekolah dan klub sedang berkumpul dan mulai akan merumuskan peraturan standar dasar untuk jalannya pertandingan dalam permainan sepak bola.
Seiring dengan perkembangan tersebut muncul pemisahan besar antara olahraga sepak bola dan olahraga baru rugby pada tahun 1869, dengan menggunakan tangan sebagai alat utama untuk membawa bola, yang peraturan itu berlawanan dan sebaliknya tidak diijinkan dalam sepak bola.
Pada abad 800an, olahraga sepak bola mulai disebarkan oleh pedagang, pelaut dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia baru lainnya hingga Indonesia juga.
Sampai akhirnya dunia sepakbola tidak pernah berhenti memberikan tontonan spektakuler bagi pecintanya. Olahraga yang satu ini juga tak lepas suatu berkat layanan pemain hebat yang selalu menghiasi permainan di setiap zamanya.

Sejarah Permainan Sepak Bola di Indonesia

sejarah sepak bola
Bacaterus.web.id
Sejarah sepak bola Indonesia tentu tak lepas dari peran bangsa lain yang telah melakukan penjajahan atau perdagangan di wilayah Indonesia.
Pertama kali, dalam sejarah sepak bola Indonesia, China telah memperkenalkan permainan sepak bola ke Indonesia untuk menunjukkan bahwa negara tirai bambu China tidak kalah unggul dibanding negara-negara di Eropa seperti Belanda.
Jadi selain memiliki keinginan untuk berdagang, China juga memiliki andil yang begitu hebat dalam sejarah sepak bola Indonesia telah dicatat bahwa pada tahun 1910.
Terjadi banyak klub atau masyarakat sepak bola yang didirikan dan didirikan oleh warga China, bahkan di tahun 1920 ada klub seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang telah menjadi klub terhebat di sepak bola Hindia Belanda (dahulu nama Indonesia).
Kehebatan Indonesia kala itu sudah pernah serta mengikuti ajang piala dunia pada tahun 1938, pada perjalanan sejarah sepak bola Indonesia, ada beberapa peristiwa penting yang perlu diperhatikan, yaitu berdirinya asosiasi sepakbola Indonesia yang bertugas membayangi klub sepak bola di Indonesia.
Orgaisasi ini disebut PSSI (Asosiasi Sepak Bola Indonesia) yang didirikan pada 19 April 1930 di Yogyakarta. PSSI berdiri sebelum keikutsertaan Indonesia di Piala Dunia 1938 di Prancis.
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam perjalanan sejarah sepak bola Indonesia adalah perselisihan antara PSSI dan NIVU untuk memutuskan siapa yang berhak mengikuti pertandingan Piala Dunia di Prancis.
Saat itu Soeratin Sosrosoegondo menginginkan pertandingan antara PSSI dan NIVB. Namun, organisasi sepak bola internasional FIFA langsung mengakui agen kerjasama PSSI dan NIVU sehingga namanya dibawa ke Prancis bukan Indonesia, tapi Hindia Belanda.
Dalam sejarah sepak bola Indonesia ada juga sosok yang menjadi tokoh penting dibalik kehadiran PSSI, yaitu Soeratin Sosrosoegondo yang merupakan anak pribumi yang telah mengikuti pendidikan di High School Heckelenburg, Jerman.
Dia berniat mewujudkan Sumpah Pemuda seperti yang terjadi tanggal 28 Oktober 1928. Menurutnya, sepak bola adalah cara yang sangat tepat untuk meningkatkan semangat nasionalisme kaum muda untuk berperang melawan penjajahan Belanda.

Materi Permainan Sepak Bola Lengkap Terbentuknya PSSI

sejarah sepak bola
Ilmupedia.web.id
Kemudian Soeratin Sosrosoegondo adalah orang yang memutuskan hubungannya dengan NIVU secara sepihak pada sebuah kongres yang diadakan di Solo pada tahun 1938.
Pemutusan ini adalah hasil dari rasa kesal karena pada setiap kesempatan dalam pertandingan sepak bola, dia selalu mengenakan bendera NIVU atau Belanda.
Materi tentang sepak bola masuk kepasukan Jepang ke Indonesia menyebabkan PSSI pasif dalam kompetisi, karena Jepang memasukkan PSSI sebagai bagian dari Tai Iku Kai, sebuah badan olah raga yang dibuat di Jepang.
Materi tentang sepak bola kemudian masuk juga menjadi bagian dari Gelora (1944) dan baru saja merilis otonom kembali ke kongres PORI III di Yogyakarta (1949).
Setelah kematian Soeratin Sosrosoegondo, pencapaian timnas sepak bola Indonesia tidak begitu memuaskan karena pembinaan timnas tidak seimbang dengan perkembangan organisasi dan persaingan.

Diera sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia telah berkompetisi di kompetisi internasional yang meliputi Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw.
Dalam perkembangan materi sepak bola, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola domestik, antara lain dengan pelaksanaan Super League Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, dan Divisi Tiga untuk pemain amatir.
Selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan materi tentang sepak bola dan kompetisi sepak bola wanita pada kelompok usia tertentu (U-15, U-17, U-19, U21, dan U-23).
Sayangnya, materi sepak bola sejarah permainan sepak bola di Indonesia belum bisa mengubah prestasi sepak bola Indonesia di kancah internasional. Dibutuhkan manajemen bola dan tekad yang tinggi untuk mengubah sepak bola Indonesia menjadi lebih baik.
Hanya saja permainan sepak bola adalah permainan yang sulit karena harus melakukan kontak fisik dengan pemain lain. Jadi, ditetapkan beberapa peraturan dalam permainan sepak bola yang bisa melindungi pemain agar terhindar dari cedera dan bahaya yang disengaja.
Hukumannya tidak tanggung-tanggung, namun selalu dilihat dari tingkat kesalahannya, mulai dari larangan bermain  hingga denda yang besar, sekarang sepak bola di Indonesia harus dibangkitkan, melakukan regenerasi pemain profesional sehingga bisa bertarung di arena dunia.

Peraturan Permainan Sepak Bola

sejarah sepak bola
Cintaindonesia.web.id
Secara tertulis, peraturan permainan sepak bola di dunia diatur oleh IFAB. IFAB terbentuk dari satu wakil Asosiasi Sepak Bola Irlandia, Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, The Football Association, Asosiasi Sepak Bola Wales, serta empat wakil FIFA.
Kemudian, aturan-aturan yang sudah mereka sepakati dibukukan dalam sebuah pedoman yang dinamakan dengan Laws of the Game.
Peraturan permainan sepak bola di bawah ini adalah rangkuman dari revisi yang paling lengkap dan terbaru. Dan mulai berlaku pada tanggal 1 Juni, tahun 2016.

1. Ukuran Lapangan Sepak Bola

sejarah sepak bola
Budayanusantara.web.id
Sesuai yang sudah tercantum dalam peraturan permainan sepak bola disebut juga The Laws of the Game. Berikut ini ukuran lapangan sepak bola yang sesuai dengan standar dalam permainan sepak bola:
  • Panjang ukuran lapangan sepak bola biasanya minimal 90 meter atau 100 yards sedangkan maksimalnya 120 meter atau 130 yards.
  • Lebar ukuran lapangan sepak bola biasanya minimal 45 meter atau 50 yards sedangkan maksimalnya 90 meter atau 100 yards.
Sedangkan dalam suatu pertandingan internasional, luas lapangan sepak bola yang dipakai adalah:
  • Panjang ukuran lapangan sepak bola internasional minimal 100 meter atau 100 yards sedangkan maksimalnya 110 meter atau 120 yards.
  • Lebar ukuran lapangan sepak bola internasional minimal 64 meter atau 70 yards sedangkan maksimalnya 75 meter atau 80 yards.
Luas lapangan sepak bola di atas sudah sesuai dengan peraturan sepak bola terbaru.

2. Ketentuan Pemakaian Bola

Seperti nama permainannya, sepak bola, dan bola merupakan pemeran utama. Kedudukan sebuah bola dalam cabang olahraga sepak bola sangatlah penting.
Oleh karena itu, bola yang dipakai harus memiliki standar kualitas dan ukuran sesuai. Apalagi jika dipakai dalam sebuah pertandingan profesional.

3. Pemain Sepak Bola

Didalam peraturan permainan sepak bola, seharusnya dalam suatu pertandingan sepak bola diisi oleh 2 tim yang setiap timnya memiliki jumlah pemain sepak bola 11 orang. Tentunya, salah satu dari 11 pemain sepak bola tersebut menjadi seorang penjaga gawang atau keeper.
Jika dalam suatu permainan sepak bola hanya ada 7 orang pemain dari sebuah satu tim. Maka pertandingan tersebut tidak akan bisa dimulai.
Oleh karena itu, jika dalam sebuah pertandingan ada 4 pemain dari sebauh tim yang cidera atau mendapat kartu merah. Maka permainan dihentikan, dan tim yang tidak memiliki pemain akan didiskualifikasi atau dianggap kalah.

4. Perlengkapan Pemain Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola, tentunya para pemain memakai atribut atau aksesoris. Atribut dalam sebuah permainan sepak bola ini juga ada ketentuannya dalam peraturan sepak bola.
Berikut ini aksesoris atau atribut yang biasanya dipakai oleh para pemain sepak bola yang sesuai dengan peraturan sepak bola:
  • Jersey – Setiap klub sepak bola tentunya mempunyai jersey sebagai identitas masing-masing. Bahkan dalam setiap musim, jersey setiap tim akan berubah warna agar tidak bentrok dengan tim lawam.
  • Kaos kaki dan Sepatu – kaos kaki juga termasuk atribut yang sangat penting untuk  pemain sepak bola. Fungsi utamanya mencegah cidera, dan melindungi tulang kering selama pertandingan.
  • Sarung tangan – Satu-satunya pemain yang diperbolehkan untuk mengenakan sarung tangan penjaga gawang.
  • Pelindung kepala – alat ini boleh dipakai jika pemain yang pernah atau sedang mengalami cedera dibagian kepala.
Dalam sebuah pertandingan sepak bola, walaupun diperbolehkan memakai aksesoris. Tapi, ada beberapa aksesoris yang dilarang dalam aturan permainan sepak bola.
Aksesoris yang dilarang oleh peraturan sepak bola adalah anting, kalung, gelang.

5. Tugas tugas Wasit Sepak Bola

Dalam menjalankan tugas di lapangan sepak bola, seorang wasit akan dibantu oleh 2 orang asisten wasit. Jadi, jumlah wasit dalam permainan sepak bola ada 3 orang.
Selama pertandingan, peraturan sepak bola sepenuhnya dipegang oleh wasit. Agar lebih jelas, berikut ini tugas-tugas seorang wasit:
  • Mengendalikan jalannya permainan dengan bantuan asisten wasit.
  • Memastikan jika bola yang digunakan sudah sesuai dengan standart
  • Memastikan jika jumlah pemain sepak bola dari kedua tim sudah sesuai.
  • Mengatur waktu serta mencatat pelanggaran yang terjadi.

6. Lama Permainan Sepak Bola

Lama permainan sepak bola ini berlangsung selama 2 x 45 menit. Ada juga tambahan waktu jika skor masih seri, yaitu selama 2 x 15 menit.

7. Lebar Gawang Sepak Bola

Berikut ini ukuran gawang sepak bola: Untuk jarak antara kedua tiang gawang sejauh 7,32 meter atau 8 yard. Sedangkan tinggi tiang gawang adalah 2,44 meter atau 8 feet.

Pemain Terbaik Dunia

sejarah sepak bola
Artimimpiku.web.id
Sejarah permainan sepak bola tidak lepas dari sejarah pemain sepak bola terbaik yang pernah menghiasi dunia. Berikut ini jumlah pemain sepak bola di dunia dengan profil tahun dan nama:
1. 1957 – Alfredo Di Stefano (Spanyol). Sementara di Real Madrid Di Stefano berturut-turut disita, 5 Piala Eropa yang kini menjadi nama Cup Campions.
2. 1966 – Eusebio (Portugal). Eusebio atau dijuluki. The Black Panther adalah pemain terbaik pertama yang lahir di Afrika tapi dia besar dan membela Portugal.
3. 1965 – Pele (Brasil). Tentunya Anda tidak terbiasa mendengarnya tidak mengherankan itu. Pemain yang mendapat julukan sepakbola Dewanya ini lahir dengan striker terbaik yang pernah ada.
4. 1971 – Johan Cruyff (Belanda)
5. 1976 – Franz Beckenbauer (Jerman Barat)
6. 1983 – Michel Platini (Prancis)
7. 1988 – Marco van Basten (Belanda)
8. 1985 – Maradona (Argentina)
9. 2000 – Ronaldo De Lima (Brasil). Sekarang Leonel Messi (Argentina)
Sekarang CR7 Cristiano Ronaldo 7 (Portugal)
10. Sekarang Ronaldo dan Messi Menjadi pemain terbaik dunia Ronaldo yang terkenal di era yang sama dengan rival Leonel Messi.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Sepak Bola Lengkap Beserta Peraturan dan Ukuran Lapangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel