Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

Jumat, 15 Juni 2018

√ Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMA Revisi 2017 Dengan Excel

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMA Revisi 2017 Dengan Excel ini merupakan file terbaru yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini. Dalam postingan ini saya lengkapi juga dengan panduan cara mengisi aplikasi raport secara singkat, padat, dan jelas. Format Raport ini biasanya digunakan sebagai raport sementara untuk siswa tingkat tertentu. Untuk itu segera download aplikasi raport sma ini, berikut dengan cara atau contoh pengisian raport kurikulum 2013 ini khsususnya untuk tingkat SMA.

Raport merupakan pencatatan akhir dari sebuah evaluasi yang dilakukan pada seluruh kegiatan pembelajaran pada suatu periode tertentu (Semester). Selain sebagai Aplikasi Raport SMA Kurikulum 2013, aplikasi excel ini juga bisa digunakan sebagai Daftar Kumpulan Nilai (DKN), karena semua nilai akan diinput pada Aplikasi Raport SMA K13 ini. Dimana setelah nilai diinput semua ke aplikasi ini maka akan secara otomatis masuk ke format raport yang siap cetak denga ukuran kertas yang sudah disesuaikan.

Aplikasi Raport SMA Kurikulum 2013

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMA Format Excel

Seperti raport pada umumnya dalam KTSP, pada Format Raport SMA kurikulum 2013 ini juga tidak jauh berbeda pada bagian-bagian tertentu terutama pada bagian cover dan biodata. Kecuali pada isi raport tentu jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya, dimana dalam raport kurikulum 2013 ini terdiri dari Deskripsi Penilaian Sikap (Sikap Sosial dan Spiritual), Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan yang diisi dengan Muatan Pelajaran (Mapel), Nilai, Predikat dan Deskripsi.


Contoh Deskripsi Nilai Raport Kurikulum 2013 (Sikap Spiritual dan Sosial) :
Sikap Spiritual
Ujang Suryana terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar, dalam bersyukur perlu bimbingan lebih lanjut.
Sikap Sosial
Ujang Suryana sangat disiplin, dalam hal kepedulian terhadap teman dan lingkungan perlu bimbingan.

Contoh Deskripsi Nilai Raport Kurikulum 2013 (Pengetahuan dan Keterampilan) :
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengisian rapor kompetensi pengetahuan dan keterampilan:
  1. Tentukan nilai akhir setiap kompetensi dasar pada muatan mata pelajaran.
  2. Nilai setiap kompetensi dasar diperoleh dari gabungan Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS), dan Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS).
  3. Predikat diperoleh dari nilai akhir pada setiap kompetensi dasar.
  4. Predikat yang ditulis dalam rapor berupa: A; B; C; dan D.
  5. Deskripsi pada kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan memperhatikan aspek yang dicapai pada setiap muatan pelajaran berdasarkan hasil analisis kompetensi dasar.
  6. Deskripsi ditulis dengan kalimat positif sesuai capaian predikat tertinggi dan terendah yang diperoleh peserta didik pada aspek tertentu.
  7. Capaian predikat C dan D dideskripsikan sebagai capaian yang perlu bimbingan.
Pelajari lebih dalam lagi mengenai cara pengisian raport kurikulum 2013/ Kurikulum Nasional ini melalui artikel "Petunjuk Pengisian Raport Kurikulum 2013/ Nasional Revisi 2017".  Karena dalam artikel ini saya coba fokus pada Aplikasi Raport Kurikulum 2013/ Kurikulum Nasional saja.



Diharapkan dengan Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMA Revisi 2017 Dengan Excel ini dapat bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan pertimbangan dalam perbaikan blog ini dimasa yang akan datang. Cari Aplikasi Administrasi Sekolah lainnya dalam daftar Menu atau Label diatas.

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar