Sabtu, 14 April 2018

Silabus Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017, Silabus k13 revisi kelas 4 Sekolah dasar pada kurikulum 2013 yang terbaru semester dua atau genap, silabus k13 revisi ini sangat penting guna, pelaksanaan pembelajaran dalam haluan kegiatan belajar dan mengajar. Jika rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan maka silabus adalah haluan dari kegiatan belajar mengajar itu sendiri.
Struktur Silabus k13 revisi
  • Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
  • Materi Pembelajaran
  • Kegiatan Pembelajaran

Contoh Silabus Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.4 Menerima berbagai bentuk persatuan dan kesatuan  suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  di Indonesia yang  terikat persatuan dan kesatuan
3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4 Bekerja sama dalam keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya  dalam  masyarakat

Bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

Subtema 1: Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan (25 jam pelajaran)
•Menyimak cerita/gambar/tayangan  tentang keragaman hewan dan tumbuhan di Indonesia dengan penuh rasa syukur.
•Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga keragaman hewan dan tumbuhan yang ada.
•Mencari informasi tentang interaksi  suku bangsa di Indonesia dengan alam (kearifan lokal).
•Membaca teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan.
•Tanya jawab mengenai isi dan makna puisi yang telah dibaca.
•Membacakan teks puisi berkaitan dengan keanekaragaman hewan dan tumbuhan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
•Pembagian Euclides dengan menggunakan hirarki pengelompokan hewan dan tumbuhan di sekitarnya. (misalnya hewan yang hidup di darat, diklasifikasikan menjadi berkaki dua atau empat, dan seterusnya sampai nama dari hewan tersebut)
•Mengamati dan mengidentifikasi bagian hewan dan tumbuhan di sekitar.
•Membuat catatan hasil pengamatan bagian hewan dan tumbuhan di sekitar dan membuat pertanyaan untuk diskusi
•Membaca teks tentang keragaman   kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya (pertanian, perikanan, dan peternakan). 
•Mendiskusikan keragaman   kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap keanekaragaman hewan dan tumbuhan di daerahnya.
•Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain.
•Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah yang terinspirasi keragaman hewan dan tumbuhan di daerah setempat dan daerah lain.
•Mengamati prosedur variasi 



Subtema 2: Keindahan Alam Negeriku (25 jam pelajaran)
•Menyimak cerita/ gambar/tayangan tentang berbagai bentuk keberagaman tempat tinggal suku bangsa di  Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa.
•Membaca cerita dan tanya jawab terkait berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan rasa ingin tahu.
•Mendengarkan puisi yang menggambarkan keindahan alam Indonesia dan bertanya jawab.
•Membacakan kembali puisi yang didengar dengan lafal dan intonasi yang tepat.
•Mengidentifikasi kelipatan dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan menggunakan contoh tinggi tumbuhan atau hewan di lingkungannya.
•Membaca teks mengenai fungsi bagian-bagian hewan dan tumbuhan.
•Mendiskusikan tentang perbedaan bentuk bagian tertentu dari hewan dan tumbuhan berbeda dengan fungsi yang sama.  (misalnya mengapa akar pohon mangga dan pohon kelapa berbeda bentuknya sedangkan fungsinya sama).
•Mengamati gambar/foto/tayangan dan mendiskusikan tentang keragaman sosial budaya (tari, kuliner, rumah adat, pakaian tradisional, dan lainnya)
•Mengumpulkan data tentang keragaman sosial budaya peserta didik di sekolah.
•Mendiskusikan dasar-dasar gerak tari melalui kegiatan mengamati, menanyakan, dan meniru gerak dasar-dasar gerak tari kreasi di daerah setempat dan daerah lain.
•Meragakan dasar-dasar gerak tari kreasi daerah sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia keindahan alam dari Tuhan YME.
•Mengamati prosedur variasi gerak dasar  langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama.

Subtema 3. Indahnya Peninggalan Sejarah (25 jam pelajaran)
•Mengamati gambar/tayangan  tentang peninggalan sejarah di Indonesia.
•Mendiskusikan bagaimana sikap kita sebagai manusia Indonesia dalam menjaga peninggalan sejarah.
•Mencari informasi kebermanfaatan peninggalan sejarah  Indonesia sebagai salah satu sarana pemersatu bangsa.
•Membaca puisi yang tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya

•Mendiskusikan isi dan amanat dalam puisi yang dibaca.
•Mencari puisi tentang kemegahan peninggalan sejarah dari sumber lain dan membacakannya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
•Mencari informasi mengenai bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
•Menyajikan informasi tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan dalam suatu laporan.
•Membaca teks tentang kemegahan peninggalan sejarah di daerahnya. 
•Mendiskusikan pengaruh kemegahan peninggalan sejarah terhadap sosial ekonomi masyarakat.
•Menyajikan secara lisan maupun

Download Silabus Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

loading...

Artikel Terkait