Jumat, 30 Maret 2018

√ Kisi-Kisi Soal USBN & UN SMP SMA/SMK 2018 Kurikulum 2013

Kisi-Kisi Soal USBN & UN SMP SMA/SMK 2017/2018 Kurikulum 2013. Pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengeluarkan Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan Pelaksanaan USBN dan UN tahun pelajaran 2017/2018 akan dilaksanakan pada tahun 2018. Kali ini BSNP telah jauh-jauh hari mengeluarkan kisi-kisi soal USBN, tujuannya yaitu supaya satuan pendidikan menengah seperti SMP, SMA/SMK di daerah-daerah bisa mempersiapkan lebih awal sehingga harapannya para peserta didiknya mendapatkan nilai yang bagus.
Kisi-kisi Soal USBN dan UN 2018

Pengumuman mengenai Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 tersebut disampaikan BSNP melalui Surat Edaran Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 008/SDAR/BSNP/VII/2017 tentang Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 dan juga dilampirkan file Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 yang bisa Anda download mealui website bnsp atau pada halaman web ini. Link download disediakan di paling bawah. Namun, Anda juga bisa melihat salinan isi dari Surat Edaran yang telah dikeluarkan oleh BSNP.

Salinan isi Surat Edaran dari Badan Standar Nasional Pendidikan yang diterbitkan pada tanggal 1 Agustus tahun 2017 mengenai Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018:

Yang terhormat:
1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama
di seluruh Indonesia
Dengan hormat,
Dalam rangkat persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018, untuk menjadi acuan bagi Saudara, satuan Pendidikan, dan pihak terkait lainnya di daerah, bersama ini kami sampaikan beberapa dokumen sebagai berikut.
  1. Surat Keputusan BSNP nomor: 0281/SKEP/BSNP/VII/2017 tanggal 1 Agustus 2017 tentang Kisi-Kisi USBN Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Tahun Pelajaran 2017/2018, beserta lampiran Kisi-kisi.
  2. Surat Keputusan BSNP nomor: 0282/SKEP/BSNPVII/2017 tanggal 1 Agustus 2017 tentang Kisi-Kisi UN untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2017/2018, beserta lampiran Kisi-kisi.
Kisi-Kisi USBN selanjutnya akan dijadikan acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi(SI), dan kurikulum yang berlaku.
Pelaksanaan USBN diatur sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Atas Perhatian dan kerjasama Saudara, kami mengucapkan terima kasih.
Kisi-Kisi Soal USBN Tahun pelajaran 2017/2018 SMP, SMA/SMK
Salah satu isi dari Kisi-Kisi USBN pada Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai berikut:
Pada Lingkup materi membaca nonsastra/sastra peserta didik diharapakan dapat memaknai simbol, memaknai istilah/kata, menginterpretasi beragam teks nonsastra, menginterpretasi prosa lama dan baru, mengevaluasi hubungan antar bagian teks, membandingkan teks, menunjukkan bukti (watak, latar), menganalisis hubungan antar unsur.
Adapun pada lingkup materi Menulis terbatas diharapkan peserta didik dapat melengkapi paragraf dengan kat/kalimat tertentu, mengidentifikasi unsur karya ilmiah, melengkapi isi beragam teks, melengkapi beragam karya sastra, menyusun puisi lama/baru, menyusun prosa lama/baru, menyusun kalimat latar belakang/tujuan/rumusan masalah, menelaah hasil analisis/konversi karya sastra, menyusun resensi/sinopsis, mengkonversi karya sastra dan memvariasikan pola penyajian karya sastra.
Sedangkan pada lingkup materi aspek kebahasaan peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi relasi makna, menentukan jenis frasa, menentukan klausa berpredikat tertentu (adjektival, nominal, verbal), mengidentifikasi klausa berpola tertentu dalam paragraf, melengkapi frasa, melengkapi klausa, menyunting penggunaan kata/kalimat/paragraf/tanda baca/ejaan), memperbaiki kesalahan dengan memberi alasan, mengevaluasi penggunaan relasi makna denganalasan dan menganalisis makna dan relasi makna.
Dan yang terakhir yaitu lingkup materi Aspek Kesastraan, diharapkan peserta didik dapat mengidentifikasi unsur intrinsik/ekstrinsik, menafsirkan unsur intrinsik/ekstrinsik, menafsirkan karakter karya sastra, mengevaluasi karya sastra dari aspek unsur intrinsik dan menonversi karya sastra dari segi unsur ekstrinsik.

Itulah tadi, beberapa contoh Kisi-kisi soal USBN bahasa dan sastra Indonesia - IBB yang telah diterbitkan oleh BSNP. Adapun beberapa contoh soal latihan yang dapat anda pergunakan sebagai bahan latihan juga dapat anda unduh pada link download di bawah ini, semoga file-file tersebut bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mempersiapkan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang dilaksanakan pada tahun 2018.
Selain belajar dengan giat, ada beberapa hal yang sering dilupakan oleh peserta didik dalam mempersiapkan ujian akhir yang menentukan kelulusan mereka. Yaitu salah satunya adalah minta do'a atau restu dari orang tua. Padahal salah satu do'a yang sangat makbul (dikabulkan) adalah do'a dari orang tua kita sendiri. Makanya sebagai siswa janganlah kita sampai berani pada orang tua, apabila Anda memiliki salah pada orang tua kalian, segeralah minta maaf kepada mereka. 
 
Link Download:

Download juga:

Artikel Terkait