Selasa, 05 Desember 2017

√ Program Semester Biologi Kelas X Kurikulum 2013

PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                  
Satuan Pendidikan      : SMAN Unggul Pijay
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas /Semester            : X /Ganjil/Genap

Kompetensi Inti:
KI 1:   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

NO
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1.       
3.1              Memahami  melalui penerapan tentang ruang lingkup Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan  prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan
4.1              Menyajikan data dalam berbagai bentuk media informasi tentang permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi kehidupan sebagai hasil penerapan metode ilmiah dengan memperhatikan aspek keselamatan kerja
12 JP
2.       
3.2              Menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia  serta ancaman dan pelestariannya
4.2              Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia dan usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia dalam berbagai bentuk media informasi
12 JP
3.       
3.3              Memahami prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom.
4.3              Menyajikan kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
12 JP
4.       
3.4              Menganalisis struktur dan replikasi, serta peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat
4.4              Melakukan kampanye  tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya melalui berbagai media informasi
12 JP
5.       
3.5              Menganalisis struktur dan cara hidup bakteri serta  perannya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat
4.5              Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan berdasarkan hasil studi literatur dalam bentuk laporan tertulis
12 JP
6.       
3.6              Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis
4.6              Melakukan investigasi tentang berbagai peran  protista dalam kehidupan dan menyajikan hasilnya  secara lisan atau tulisan
12 JP
7.       
3.7              Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan
4.7              Menyajikan laporan hasil penelusuran informasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam keseimbangan lingkungan
16 JP
8.       
3.8              Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi
4.8              Menyajikan data hasil pengamat­an dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peran tumbuhan dalam kelangsungan hidup di bumi
16 JP
9.       
3.9              Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan bentuk tubuh, simetri tubuh, rongga tubuh dan reproduksi
4.9              Menyajikan data tentang  perbandingan kompleksitas lapisan  penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh dan reproduksi­nya
12 JP
10.   
3.10          Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung di dalamnya
4.10          Melakukan percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi
12 JP
11.   
3.11          Menganalisis data perubahan lingkungan dan penyebab,  serta dampak dari perubahan-perubahan tersebut bagi kehidupan
4.11          Mengajukan gagasan pemecahan masalah perubahan lingkungan sesuai konteks permasalahan lingkungan di daerahnya
16 JP
                                                                                                         
                                                                                                          ……………., ……………2017
      Mengetahui :
      Kepala SMAN Unggul Pijay                                                      Guru Mata Pelajaran


      ……………………………….                                                      ………………………………
      NIP.                                                                                             NIP.


√ Program Semester Biologi Kelas X Kurikulum 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Posting Komentar