Senin, 25 Februari 2019

CARA MELIHAT DAN CEK DAFTAR NAMA PENERIMA BANTUAN PIP SD TAHUN 2019

Program Indonesia Pintar ( PIP ) merupakan salah satu program yang berupa bantuan dalam bentuk uang tunai yang di salurkan dan di berikan kepada mereka yang tergolong dalam peserta didik kurang mampu dengan tujuan agar membantu orang tua yang merasa terbebani dengan kebutuhan pendidikan anaknya dalam menuntaskan program pendidikan di bangku sekolah.


Dengan adanya bantuan PIP ini maka pemerintah mengharapkan agar tidak ada lagi anak-anak usia sekolah untuk tidak bersekolah atau tidak ada lagi alasan untuk putus sekolah hanya gara-gara tidak bisa membiayai kebutuhan sekolah, sehingga baik peserta didik maupun orang tua yang dalam hal ini memperoleh bantuan PIP tersebut di harapkan dapat mempergunakan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya terutama memprioritaskan bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anaknya.
Sekedar informasi untuk dapat di pahami bahwa jumlah uang yang di berikan bagi peserta didik jenjang SD dalam program PIP yaitu sebesar Rp 225.000,00 per semester atau sekitar Rp 450.000,00 dalam satu tahun (selama 2 semester).

Beberapa Syarat yang harus di penuhi bagi peserta didik dalam memperoleh program Indonesia pintar ( PIP ) ini yaitu peserta didik harus terdaftar dalam satuan pendidikan yang resmi serta data peserta didik harus terdaftar dalam aplikasi dapodik dan yang tak kalah pentingnya yaitu peserta didik wajib memiliki kartu KIP atau sering di sebut sebagai Kartu Indonesia Pintar.
Pada postingan atau artikel saya sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai cara mudah mendapatkan kartu Indonesia pintar ( KIP ) dan manfaat yang di peroleh bagi peserta didik yang memiliki kartu Indonesia pintar ( KIP ). Bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai cara mudah mendapatkan kartu Indonesia pintar ( KIP ) dan manfaat yang di peroleh bagi peserta didik yang memiliki kartu Indonesia pintar ( KIP ) .
 
Baiklah pada postingan saya kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara melihat atau mengecek daftar nama-nama penerima bantuan PIP tahun 2018,2019, dan tahun-tahun selanjutnya melalui penjelasan di bawah ini :

1. silahkan anda kunjungi alamat utama berikut agar dapat login ke aplikasi pengecekan nama penerima PIP melalui alamat berikut di bawah ini :
2. Setelah anda mengklik alamat di atas maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini :

3. Setelah itu silahkan anda pilih Type login sebagai “Operator Sekolah” seperti pada gambar di bawah ini :

4. Setelah itu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini:

5. Setelah itu silahkan anda login sebagai operator sekolah dengan membaca keterangan di bawah ini.
Keterangan:
Untuk bisa login sebagai operator sekolah maka silahkan isi username dan password dengan menggunakan username dan password saat anda login pada aplikasi dapodik, seperti pada informasi gambar di bawah ini :

6. Setelah anda login, maka akan terlihat gambar di bawah ini kemudian pada menu tersebut silahkan klik tulisan " Download Data" seperti pada gambar di bawah ini :



7. Untuk mengetahui daftar nama-nama penerima PIP sesuai tahun yang di inginkan, maka silahkan klik menu “ Data Sk 2018 per tahap” atau pilih data SK sesuai tahun yang anda inginkan, seperti pada gambar di bawah ini.

8. Apabila ingin melihat dan memprint nama-nama peserta didik SD yang masuk sebagai penerima dana PIP tersebut maka silahkan klik tulisan “download” dan pilih sesuai jenis tahap yang akan di download.

Apabila anda telah berhasil mendownload maka akan muncul nama-nama penerima bantuan PIP SD dalam bentuk Microsoft exel, dan untuk bisa mencairkannya maka silahkan anda persiapkan beberapa persyaratan yang sesuai dengan permintaan data perbankan di tempat anda masing-masing.
Demikianlah informasi mengenai cara melihat atau mengecek nama-nama penerima bantuan PIP untuk jenjang SD, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda khususnya operator sekolah yang memilik tugas utama dalam hal ini.

CARA MELIHAT DAN CEK DAFTAR NAMA PENERIMA BANTUAN PIP SD TAHUN 2019 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Posting Komentar