Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

 

Selasa, 09 Oktober 2018

Jumlah Pemain Basket Serta Penjelasan Posisinya Sesuai FIBA

Jumlah Pemain Basket pada umumnya berjumlah 5 pada setiap tim, atau dengan sistem 5×5 (5 lawan 5). Tapi, ada juga yang memakai sistem 3 lawan 3, atau 3 orang dalam setiap tim, sistem ini disebut three on three.
Jumlah pemain basket ini sudah ditentukan aturannya oleh FIBA. Hal ini bertujuan untuk menjaga alur permainan dan menyesuaikan dengan ukuran lapangan basket. Berikut ini penjelasan para pemain basket yang lebih rinci lagi:

Jumlah Pemain Basket

Pada umumnya dalam setiap pertandingan satu tim memiliki 10 orang pemain. Jumlah pemain basket ini dibagi menjadi dua, 5 orang sebagai cadangan dan 5 orang sebagai pemain inti.
Tapi, dalam sebuah pertandingan besar, terkadang pemain cadangan ditambahkan menjadi 7 orang. Sehingga jumlah pemain basket dalam satu tim ada 12 orang.
5 orang pemain basket akan dipimpin oleh 1 orang kapten. Ada juga seorang pelatih dan asisten pelatih yang akan mengatur tim tersebut.
Selain itu, peraturan bola basket membolehkan 5 orang duduk di bangku cadangan. Ke-5 orang ini memiliki peranan khusus, seperti manager, psikolog, dokter, penerjemah dan pencatat statistik.

Sistem Permainan 5×5

jumlah pemain basket
Adatnusantara.web.id
Sistem permainan 5 lawan 5 ini pertama kali diselenggarakan sejak pertama pertandingan NBA pada 1 November 1946 di Canada. Walaupun pada awalnya sudah ada pembagian posisi untuk setiap tim.
Tapi, karena adanya perkembangan strategi dalam permainan basket membuat adanya 5 posisi baru. Ke-5 pembagian posisi ini masih dipakai sampai sekarang.
Kelima jumlah pemain basket ini dibagi menjadi 5 posisi, yaitu:
  1. Point Guard (PG)
  2. Shooting Guard (SG)
  3. Center (C)
  4. Small Forward (SF)
  5. Power Forward (PF)
Kelima posisi ini memiliki dua kombinasi bertahan dan menyerang. Kombinasi pertama adalah dari dua pemain penjaga atau guard, mereka biasa disebut duo backcourt. Sebutan ini karena mereka berdua memulai serangan dari belakang lapangan.
Sedangkan kombinasi lainnya terdiri dari 3 pemain yang disebut sebagai frontcourt. Selain kedua kombinasi tersebut, setiap posisi memiliki tugas utama yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasannya:

1. Point Guard

Point guard (PG) adalah posisi yang diisi oleh pembawa bola utama dalam tim, peran ini juga mengaharuskannya menjadi playmaker utama dalam tim. Untuk bisa menjadi point guard yang baik, seorang pemain basket setidaknya harus memiliki kemampuan dribel, akurasi umpan, dan serangan mendadak yang baik.

2. Shooting Guard

Shooting guard (SG) adalah posisi yang sering disebut wingman atau pemain sayap. Sebutan ini karena seorang shooting guard bermain di daerah kiri atau kanan pertahanan lawan.
Jika ingin menjadi shooting guaard yang baik, seorang pemain basket harus memiliki akurasi menembak bola yang tinggi. Bukan hanya itu, posisi ini juga mengharuskan pemain mempunyai kemampuan defense yang baik pula.

3. Center

Center (C) adalah posisi yang diisi oleh pemain paling tinggi dalam tim. Tugas utama posisi ini adalah melindungi pertahanan area di bawah ring.
Selain tugas utama tersebut, ada beberapa center yang juga ahli dalam merebut bola dan mencetak skor. Seorang center akan lebih sering berada di tengah-tengah area permainan.

4. Small Forward

Small forward (SM) adalah posisi yang tugas mirip dengan shooting guard. Selain itu, posisi ini juga biasanya memiliki skill menembak yang baik.
Karena posisi ini juga ikut menjaga atau menyerang area bawah ring. Biasanya pemain ini memiliki tubuh yang cukup tinggi dan berisi, tapi tetap memiliki pergerakan yang cepat.

5. Power Forward

Power forward (PF) adalah posisi dimana pemain harus memiliki skill melompat yang hebat. Skill melompat ini sangat berguna ketika rebound atau merebut bola yang gagal masuk ke ring.
Dalam permainan 5×5 atau 5 lawan 5, pergantian pemain dilakukan oleh wasit ketika memberi isyarat untuk memasuki lapangan. Selain dari itu, pergantian pemain dilakukan ketika time-out, daat bola tidak aktif atau jeda permainan.

Sistem Permainan 3×3

jumlah pemain basket
Blogiseng.web.id
Walaupun ini permainan ini di adopsi dari permainan bola basket jalanan. Tapi, sekarang ini permainan bola basket sistem 3 lawan 3 juga sudah semakin digemari.
Awal mula sistem permainan 3 lawan 3 ini sebenarnya karena kurang jumlah pemain dalam lapangan. Akhirnya muncul inisiatif untuk membuat permainan basket yang hanya membutuhkan sedikit pemain atau 6 orang dalam satu lapangan.
Karena hanya terdiri dari 3 orang setiap timnya, sistem ini hanya memakai setengah lapangan saja. Jika salah satu tim berhasil merebut bola, maka ia harus membawa bola tersebut keluar dari lapangan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah permainan bisa dilanjutkan.
Walaupun pada awalnya permainan ini hanya untuk olahraga ringan atau hiburan semata. Tapi, sekarang FIBA sudah serius melaksanakan sistem ini dalam turnamen. Turnamen ini berlangsung untuk level U-15, U-20 dan lainnya.
Karena sudah diselenggarakan turnamen, tentunya sistem permainan bola basket 3 lawan 3 ini juga membutuhkan peraturan baru. Hal ini karena jumlah pemain  dan lapangan yang digunakan berbeda.
Itulah penjelasan singkat mengenai jumlah pemain basket, jenis-jenis posisinya, serta sistem permainan 5 lawan 5 dan 3 lawan 3. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kamu seputar dunia bola basket.

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar