Kamis, 06 September 2018

Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar

Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar, Panduan Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar Kemdikbud dalam pembelajaran.pdf yang diterbitkan Pustekkom Kemdikbud tahun 2018, merupakan panduan versi lengkap dan terbaru dalam bentuk softcopy. Petunjuk Pemanfaatan ini memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pemanfaatan fitur kelas maya Rumah Belajar dalam penerapan model pembelajaran Kelas Maya melalui Rumah Belajar sebagai penyelenggara, guru, dan siswa.
Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar Dalam Pembelajaran. Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah  learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran dalam jaringan ( online ) antara siswa dan guru kapan saja, di mana saja. Dalam rangka mengoptimalkan pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan dan kebudayaan,

Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar Dalam Pembelajaran

Ruang lingkup petunjuk pemanfaatan kelas maya Rumah Belajar dalam pembelajaran meliputi langkah-langkah pemanfaatan fitur kelas maya di Rumah Belajar mulai dari pendaftaran, penyelenggaraan kelas maya dimana sekolah sebagai admin penyelenggara, pemanfaatan oleh guru mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, serta pemanfaatan oleh siswa mulai dari tahap pembelajaran dan ujian. Adapun karakteristik sekolah yang akan menrapkan pembelajaran kelas maya Rumah Belajar diantaranya yaitu:
  • adanya kebijakan dari kepala sekolah terkait penerapan pembelajaran kelas maya;
  • adanya dukungan sarana dan prasarana (lab komputer/ diperbolehkan peserta didik membawa laptop atau smartphone di sekolah, koneksi internet, listrik, infokus);
  • memiliki komitmen untuk memanfaatkan teknologi dan melaksanakan uji coba implementasi pembelajaran kelas maya ini.
Bagi Anda yang sudah memiliki akun Rumah Belajar tetapi belum pernah masuk di kelas Maya maka yang perlu Anda lakukan setelah login adalah mengubah profil Anda dengan cara mengarahkan kursor ke nama Anda di pojok kanan atas, lalu akan muncul pilihan “Edit Profil”.
i. Perhatikan bagian isian paling bawah “Penyelenggara”. Ubahlah bagian penyelenggara menjadi nama sekolah Anda. (sistem secara otomatis akan memunculkan Pustekkom sebagai penyelenggra, sehingga Anda harus mengganti penyelenggara sesuai dengan sekolah Anda)
j. Arahkan kursor Anda pada panah dibagian ujung kotak sekolah penyelenggara, maka akan muncul nama-nama sekolah. Kemudian pilihlah nama sekolah yang sesuai dengan sekolah Anda.
k. Setelah menentukan nama sekolah Anda maka klik “Simpan”. Kemudian akan muncul tampilan untuk mencari kelas bagi siswa dan tampilan untuk kelola kelas bagi guru.

Langkah-langkah persiapan di kelas maya.

1. Pendaftaran di Kelas Maya Sekolah sebagai penyelenggara, guru, dan siswa wajib melakukan pendaftaran di Kelas Maya jika akan membuka fitur Kelas Maya. Pendaftaran dapat diklasifikasikan sebagai penyelenggara, guru, dan siswa. Berikut ini langkah-langkah pendaftaran di Kelas Maya.
Langkah-langkah pendaftaran sebagai berikut:
a. Masuk ke portal Rumah Belajar di www.belajar.kemdikbud.go.id.
b. Pilih dan klik fitur “Kelas Maya” dan muncul tampilan berikut
c. Klik “Daftar” bagi yang belum memiliki akun di Rumah Belajar dan akan tampil pilihan pengguna sebagai siswa, guru dan penyelenggara.
Untuk membuka kelas maya, yang pertama harus dilakukan adalah sekolah mendaftar sebagai penyelenggara kelas maya. Untuk melakukan pendaftaran sebagai penyelenggara kelas maya maka Anda diminta menghubungi system Administrator untuk permintaan sebagai penyelenggara kelas maya.
Setelah sekolah Anda menjadi sekolah penyelenggara kelas maya, maka guru dan siswa dapat mendaftar di kelas maya. Jika Anda belum pernah mendaftar di Rumah Belajar (belum memiliki akun di Rumah Belajar), maka silahkan Anda klik “Daftar sebagai Siswa atau Guru” dengan langkah-langkah sebagai berikut!
d. Isilah formulir pendaftaran dengan lengkap, kemudian klik “Daftar”
e. Jika Anda sukses mendaftar maka nama Anda akan muncul di bagian kanan atas seperti berikut ini.
f. Bagi Anda yang sudah mendaftar dan memiliki akun di Rumah Belajar maka Anda pilih fitur Kelas Maya kemudian klik “Login”, maka tampilannya sebagai berikut.
REKOMENDASI KAMI
Peran Keluarga dalam Pembelajaran Siswa Pola Kemitraan Sekolah

Petunjuk Pemanfaatan Kelas Maya Rumah Belajar Langkah-langkah Persiapan

g. Kemudian pilih kategori, user name , password , lalu klik masuk h. Jika Anda berhasil daftar dan login maka akan muncul tampilan “Edit profil” yang berisi ucapan selamat telah berhasil mendaftar. Kemudian disediakan tempat untuk mengunggah foto dan memperbaikai nama, nomor identitas, alamat, alamat email, nomor kontak, dan penyelenggara.
Penyelenggara Kelas Maya Sekolah sebagai penyelenggara kelas maya memiliki hak ases untuk mengelola keseluruhan sistem kelas maya di sekolah diantaranya mengelola kelas (membuat kelas, menambahkan tim pengajar), mengelola pengguna di sekolah (mengelola guru dan siswa), monitoring aktivitas kelas (melihat rekap nilai), dan monitoring aktivitas pengguna (guru, siswa). Penyelenggara disarankan melakukan hal-hal berikut untuk mengatur penyelenggaraan kelas maya:
• Membentuk koordinator mata pelajaran. Masing-masing koordinator mata pelajaran di sekolah tersebut menyusun dan mendiskusikan rencana dan jadwal kelas yang akan di buka.
• Menyepakati penamaan kelas yang akan ditulis di kelas maya. Berikut ini salah satu contoh strategi penamaan kelas di kelas maya.
•Bersama-sama guru mata pelajaran menentukan jadwal pelaksanaan kelas maya dan pengajar yang akan mengelola kelas maya tersebut.
Kelola Kelas Berikut ini langkah-langkah penyelenggara mengelola kelas maya. a. Masuk ke portal Rumah Belajar di www.belajar.kemdikbud.go.id dan pilih fitur “Kelas Maya” kemudial login sebagai penyelenggara.


loading...

Artikel Terkait