Kamis, 06 September 2018

Aplikasi Dapodikdasmen 2019

Aplikasi Dapodikdasmen 2019, Dapodik 2019 Data Pokok Pendidikan dasar dan menengah adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring. Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.
Aplikasi Dapodikdasmen 2019, Sistem pendataan Dapodikdasmen pada tahun pelajaran 2018/2019 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen versi terbaru yang diberi nama versi 2019. Secara sistem, pembaruan versi 2019 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di tahun pelajaran baru ini. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.
 

 

Panduan Aplikasi Dapodikdasmen 2019

Aplikasi Dapodikdasmen 2019
Pembaruan yang paling menonjol terlihat diantaranya penambahan validasi untuk siswa yang berumur kurang dari 5 tahun 6 bulan, pengaktifan isian tanggal mulai tugas dan TMT tugas pada tabel penugasan untuk GTK noninduk, validasi referensi pada menu validasi lokal, dan beberapa pembaruan lainnya.
Spesifikasi Minimum Aplikasi Dapodikdasmen 2019
Sesuai dengan juknis BOS pada Permendikbud No 1 Tahun 2018 tentang spesifikasi komputer yang harus dimiliki, yaitu:
1) Processor intel core i3 atau yang setara 2) Memori standar 4 GB 3) Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD 4) Sistem Operasi windows 10 5) Aplikasi terpasang peramban web google chrome, mozilla firefox
Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan
Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019, pastikan sekolah sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses instalasi. Kode registrasi diperoleh melalui admin Dapodikdasmen Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang SD/SMP dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB.
Generate Prefill Aplikasi Dapodikdasmen 2019
Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodikdasmen secara offline (dalam bentuk fail .prf). Generate prefill merupakan data sekolah dari hasil sinkronisasi terakhir.
Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Dapodikdasmen sekolah yang aktif.

Download Aplikasi Dapodikdasmen 2019

Aplikasi Dapodikdasmen 2019 atau Aplikasi Dapodik telah menyesuaikan dengan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana pada jenjang dikdasmen. Bagi sekolah yang belum memiliki standar sarana minimum sesuai dengan aturan tersebut maka baris datanya akan ditandai dengan warna jingga.
Untuk memudahkan sekolah dalam proses pengecekan standar sarana dan prasarana tersebut, pada Aplikasi Dapodik versi 2019 ini ditambahkan tabel baru di menu Beranda.
Unduh Aplikasi Dapodikdasmen 2019
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1) Buka laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
2) Klik menu Unduhan
3) Klik Unduh Installer

loading...

Artikel Terkait