Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

Selasa, 29 Mei 2018

√ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 SD

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan revisi pada RPP kurikulum 2013 SD agar guru lebih memahami target pencapaian karakter peserta didik. Atas instruksi kemdikbud setiap Sekolah yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia menerapkan program K13 secara bertahap, awal penerapan kurtilas untuk jenjang Sekolah Dasar diperuntukkan bagi kelas 1 dan kelas 4 Sekolah Dasar.
Itu Sebabnya setiap guru pemegang kelas tersebut di haruskan mengikuti pelatihan kur-13 yang diadakan oleh kemdikbud di waktu tertentu untuk memahami Strategi Implementasi Kurtilas, SKL KI KD, Konsep Pendekatan Saintifik, dan Konsep pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K-13 kelas 4. Kesuksesan yang didapat ketika melaksanakan tugas akan membawa dampak positif

A. RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Edisi Revisi

a.1 Pengertian RPP K13 SD Kelas 1 2 3 4 5 6  Hasil Revisi

Rencana Pelaksanaan Pemebelajaran merupakan rancangan program kegiatan pembelajaran pendidik setiap tatap muka atau lebih.

a.2 Konsep Perencanaan Belajar Kelas 1 2 3 4 5 6 SD Revisi

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar . Setiap guru pada satuan pendidikan diharuskan menyusun perencanaan belajar secara lengkap dan sistematis agar proses pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisifasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai  dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP kurikulum 2013 disusun berdasarkan dasar komptnsi atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

a.3 Prinsip Penyusunan Rencana Ajar Kelas 1 2 3 4 5 6 SD

Dalam menyusun RPP kurikulum 2013 alangkah baiknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan masing-masing karakter peserta didik dilihat dari kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar,kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Difokuskan siswa untuk meningkatkan semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif,inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan,dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP kurikulum 2013 memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara rumusan dasar kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
a.4 Komponen dan Sistematika Sketsa Mengajar Kelas 1 2 3 4 5 6 SD
  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan,
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  3. Kelas/Semester,
  4. Materi pokok,
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian dasar kompetensi dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan kompetensi yang harus dicapai,
  6. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan rumusan dasar kmptnsi, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat dinikmati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
  7. kompetensi dasar dan indikator sebagai pencapaian kompetensi,
  8. Materi mengajar, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  9. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses mengajar agar peserta didik mencapai target komptnsi dasar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa,
  10. Media pembelajaran berupa alat bantu proses mengajar untuk menyampaikan materi pelajaran,
  11. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
  12. Langkah-langkah penerapan proses mengajar dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup,
  13. Melakukan penilaian hasil pembelajaran.
a.5 Langkah-Langkah Pengembangan Konsep Belajar Kelas 1 2 3 4 5 6 SD
  1. Mengkaji Silabus
  2. secara umum, untuk setiap materi pokok pada setiap silabus terdapat 4 Kompetensi Dasar sesuai dengan aspek KI. Untuk mencapai 4 target tersebut, dalam silabus dirumuskan kegiatan peserta didik secara umum dalam pembelajaran berdasarkan standar proses. Kegiatan inilah yang harus dirinci lebih lanjut dalam RPP kurikulum 2013, dalam bentuk langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran, yang membuat peserta didik aktif belajar. Pengkajian terhadap silabus juga meliputi perumusan indikator kompetensi dan penilaian nya.
  3. Mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian target dengan mempertimbangkan potensi siswa, relevansi dengan karakteristik daerah, tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik. Manfaat untuk siswa struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan kaya akan materi ajar, relevansi dengan kebutuhan siswa dan tuntutan lingkungan; dan alokasi waktu.
  4. Tujuan dapat kelompokan mencakup seluruh K-D atau dikelompokkan untuk setiap pertemuan. dengan tujuan mengacu pada indikator.
  5. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik  dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian K dan D. Pengalaman belajar yang dimaksud  dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan  pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakupan hidup yang perlu dikuasai peserta didik
  6.  Dapatkan panduan pembuatan dan penyusunan konsep serta penilaian autentik Kurikulum 2013.
Setiap Guru yang sudah melaksanakan pelatihan kurikulum 2013 revisi baru diharapkan dapat memahami cara penyusunan RPP K13 Kelas 1 SD untuk mengetahui urutan materi ajar yang dikembangkan dari silabus dalam pencapaian target Kompetensi Dasar. Sangat banyak manfaat didapatkan bila anda membuat catatan kegiatan harian selama proses belajar mengajar di kelas. Catatan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
keberhasilan seorang pengajar dalam mendidik siswa akan diketahui beberapa waktu kemudian disaat menempuh pendidikan di perguruan tinggi, itu sebabnya kita harus memupuk mental peserta didik supaya lebih berprestasi. Selain itu dorongan dari orang tua dapat memberikan pengaruh positif kepada anak tersebut, sarankan orang tua siswa untuk mengikuti kursus bahasa inggris sejak dini sebab peluang yang didapatkan akan lebih besar. Kami mempunyai beberapa informasi terpercaya tentang tempat kursus bahasa inggris untuk anak, berikut rekomendasi tempat kursus ternama di wilayah Jakarta, Bandung dan Surabaya.
Jakarta 
AIM form english - di Jalan Padang 5 C Manggarai
English First - EF - di Tebet, Kuningan City, Pondok Gede, Cibubur, Kalimalang, Taman Mini, Menteng, dan Gunung Sari selengkapnya kunjungi situs www.ef.co.id
ESQ English course - di Menara 165 Lt. 19, Jalan TB Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur, Jaksel
Wall Street english - di center Wall Street English ada di Ratu Plaza, La Piazza, Pondok Indah Mall 2, Central Park, dan Kota Kasablanka.
Bandung
WE English- Kampung Inggris Bandung - di Jalan Gegerarum No. 101, Bandung
LBPP LIA Bandung - di Jalan R.E. Martadinata No. 104, Bandung
EF English First di Bandung Banda– Graha Pos Indonesia Lt. 1 Block C Jalan Banda No. 30 Bandung, Jalan BKR No. 14 C Bandung, dan Jalan Cipaganti 53 Bandung
Yogyakarta
Intensive english course (IEC) - Jalan Hadidarsono No. 2, Yogyakarta
English First (EF) - Komplek YAP Square Ruko A8-A9, B9, Jalan C. Simanjuntak, Terban, Yogyakarta
English cafe - Corner Cafe, Jalan Colombo (depan pintu gerbang Rektorat UNY, sebelah kios buah dekat lampu merah pertigaan), Yogyakarta.

Sebenarnya masih banyak tempat kursus Bahasa Inggris di kota besar tersebut, sumber informasi tempat kursus dari https://bacaterus.com/. Maksud dari peluang tadi, dengan fasih bahasa inggris Anda atau siapapun akan mendapatkan kesempatan untuk mendaftar beasiswa S1, S2, doctor baik dalam negeri maupun mancanegara seperti beasiswa Study ke Australia,Beasiswa Chevening Pemerintah Inggris, Beasiswa S1 di Boston University USA, dan beasiswa Erasmus+ (Erasmus Plus) dari Uni Eropa. Informasi beasiswa dalam negeri anda bisa mengunjungi situs buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id disana terdapat banyak peluang untuk mengembangkan pengetahuan anak didik kita, Maka sebagai pengajar harus benar-benar mengerjakan penyusunan perencanaan materi ajar kelas 1 2 3 4 5 6 SD.

Demikian pembahasan kami mengenai beberapa informasi seputar pendidikan, untuk mendapatkan beberapa referensi pembuatan rencana ajar yang kini sudah banyak contoh format RPP Kurikulum 2013 kelas 4 semester 1 dan 2 semua tema pembelajaran yang bisa dijadikan bahan referensi di situs kami.

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar