Pembahasan IPA SMP UN 2017 No. 26 - 30

Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 26 sampai dengan nomor 30 tentang:
  • klasifikasi hewan, 
  • klasifikasi tumbuhan, 
  • jaring-jaring makanan, 
  • populasi manusia dan kualitas lingkungan, serta 
  • pencemaran lingkungan.

Soal No. 26 tentang Klasifikasi Hewan

Perhatikan hewan-hewan pada gambar berikut!
Gambar hewan: 1. sapi, 2. ular, 3. kambing, 4. kelelawar, kelompok hewan mamalia dan reptilia, soal IPA SMP UN 2017 no. 26

Hewan yang dapat dikelompokkan ke dalam satu kelompok adalah ….A.   1, 2, 3
B.   1, 2, 4
C.   1, 3, 4
D.   2, 3, 4

Pembahasan

Hewan-hewan pada gambar di atas adalah sebagai berikut:
  1. sapi, termasuk hewan mamalia (menyusui)
  2. ular, termasuk hewan reptilia (melata)
  3. kambing, termasuk hewan mamalia
  4. kelelawar, termasuk hewan mamalia
Jadi, hewan yang dapat dikelompokkan ke dalam satu kelompok adalah nomor 1, 3, dan 4 (C).

Soal No. 27 tentang Klasifikasi Tumbuhan

Perhatikan kunci determinasi berikut!
1. a. berspora ……………………………… 2
    b. tidak berspora ………………………... 2
2. a. berbiji ……………………………….... 3
    b. tidak berbiji …………………………... 3
3. a. biji tertutup ………………………….... 4
    b. biji terbuka …………………………… 4
4. a. berkeping dua ……………………….... dikotil
    b. berkeping satu ………………………... monokotil
Kunci determinasi untuk tanaman kedelai adalah ….
A.   1a, 2a, 3a, 4b
B.   1a, 2b, 3b, 4b
C.   1b, 2b, 3b, 4a
D.   1b, 2a, 3a, 4a

Pembahasan

Kunci determinasi yang dimaksud adalah kunci dikotomi. Kunci dikotomi adalah kunci identifikasi makhluk hidup yang terdiri dua keterangan yang berlawanan.
Nah, sekarang kita ulas tentang tanaman kedelai.
  • Tanaman kedelai adalah tumbuhan berbiji sehingga tidak berspora (1b, 2a).
  • Biji tanaman kedelai terbungkus oleh kulit biji sehingga termasuk tumbuhan biji tertutup (3a).
  • Biji kedelai dapat dibelah dengan mudah menjadi dua bagian yang hampir sama sehingga termasuk tumbuhan berkeping dua (4a)
Jadi, kunci determinasi untuk tanaman kedelai adalah 1b, 2a, 3a, 4a (D).

Soal No. 28 tentang Jaring-jaring Makanan

Perhatikan jaring-jaring makanan berikut!
Jaring-jaring makanan, akibat bila populasi kijang berkurang, soal IPA SMP UN 2017 no. 28

Akibat yang ditimbulkan bila populasi kijang berkurang adalah ….A.   populasi srigala meningkat
B.   populasi rumput menurun
C.   populasi burung meningkat
D.   populasi rumput meningkat

Pembahasan

Pada jaring-jaring makanan di atas, kijang adalah hewan pemakan rumput. Bila populasi kijang berkurang maka populasi rumput semakin meningkat. [opsi B salah, D benar]
Sementara itu, kijang adalah hewan yang dimangsa oleh srigala. Jika populasi kijang menurun maka populasi srigala juga akan menurun. [opsi A salah]
Adapun burung, populasinya tidak bergantung secara langsung pada populasi kijang. [opsi C salah]
Jadi, sesuai opsi jawaban yang ada, akibat yang ditimbulkan bila populasi kijang berkurang adalah populasi rumput meningkat (D).

Soal No. 29 tentang Populasi Manusia dan Kualitas Lingkungan

Perhatikan grafik berikut!
Grafik pertumbuhan penduduk dar tahun 2001 sampai dengan tahun 2010 serta hubungannya dengan kebutuhan dan ketersediaan air bersih, soal IPA SMP UN 2017 no. 29

Berdasarkan grafik tersebut, dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan adalah ….A.   ketersediaan air bersih meningkat
B.   kebutuhan air bersih menurun
C.   kebutuhan air bersih tetap
D.   ketersediaan air bersih menurun

Pembahasan

Grafik di atas menunjukkan bahwa jumlah penduduk selalu naik dari tahun ke tahun. Jika jumlah penduduk semakin banyak maka kebutuhan air bersih akan meningkat sehingga ketersediaan air bersih semakin menurun.
Jadi, dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan akibat meningkatnya jumlah penduduk adalah ketersediaan air bersih menurun (D).

Soal No. 30 tentang Pencemaran Lingkungan

Bisnis jasa laundry (cuci pakaian) sangat menguntungkan sehingga akhir-akhir ini usaha tersebut makin marak, namun tanpa disadari limbah cucian yang dibuang ke sungai sangat mengganggu kehidupan makhluk hidup di sungai. Hal ini terjadi karena deterjen merupakan zat yang mencemari air sehingga kualitas air sungai pun menurun.Usaha yang paling bijaksana yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran tersebut adalah ….
A.   menutup semua usaha laundry
B.   melarang membuang limbah ke sungai
C.   menanam pohon untuk penghijauan di tepi sungai
D.   mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai

Pembahasan

Kata kunci dari soal di atas adalah ‘usaha yang paling bijaksana’. Artinya, semua usaha pada opsi jawaban di atas memang dapat mengatasi pencemaran air. Namun kita diminta mencari jawaban yang paling bijaksana.
Mari kita ulas satu per satu!
  • Menutup semua usaha laundry sama dengan mematikan mata pencaharian orang lain. [tidak bijaksana]
  • Melarang membuang limbah ke sungai mengakibatkan mereka akan membuang ke tempat lain. [tidak bijaksana]
  • Menanam pohon untuk penghijauan di tepi sungai kurang efektif dalam mengatasi pencemaran air sungai.
  • Mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai. Ini yang paling bijaksana karena limbah yang dibuang ke sungai sudah tidak mengandung zat pencemar.
Jadi, usaha yang paling bijaksana untuk mengatasi pencemaran air sungai adalah mengolah limbah sebelum dibuang ke sungai (D).

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan IPA SMP UN 2017 No. 26 - 30"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel