Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

 

Jumat, 25 Mei 2018

Pembahasan IPA SMP UN 2017 No. 1 - 5

Pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam SMP Ujian Nasional (UN) tahun 2017 nomor 1 sampai dengan nomor 5 tentang:
  • besaran dan satuan, 
  • pengukuran, 
  • asam dan basa, 
  • klasifikasi zat, serta 
  • pemisahan zat.

Soal No. 1 tentang Besaran dan Satuan

Doni melakukan beberapa kegiatan pengukuran dan diperoleh data sebagai berikut:
  1. Massa beberapa telur dalam plastik 0,5 kg.
  2. Volume sebuah telur 40 cm3.
  3. Suhu kamar Doni 25 ℃.
  4. Tinggi meja belajar 80 cm.
  5. Luas kantor ayah Doni 12 m2.
  6. Denyut jantung Doni 78 denyut per menit.
Hasil pengukuran Doni yang termasuk besaran pokok adalah ….
A.   (1), (2), dan (3)
B.   (1), (3), dan (4)
C.   (3), (4), dan (5)
D.   (4), (5), dan (6)

Pembahasan

Kunci utama menjawab soal di atas adalah menghafal besaran pokok. Besaran pokok hanya ada 7, selain itu berarti besaran turunan.
Ada berapa besaran turunan? Tak terhitung jumlahnya. Untuk itu, hafalkan saja besaran pokok berikut ini!
No Besaran Satuan Alat Ukur
1. panjang meter mistar
2. massa kilogram neraca
3. waktu sekon stopwatch
4. kuat arus listrik ampere amperemeter
5. suhu kelvin termometer
6. intensitas cahaya candela fotometer
7. jumlah zat mol -

Berdasarkan tabel, pernyataan di atas yang termasuk besaran pokok adalah:
  • massa telur 0,5 kg [pernyataan 1]
  • suhu kamar 25 ℃ [pernyataan 3]
  • tinggi meja 80 cm [pernyataan 4]
Catatan:
Centimeter (cm) juga termasuk satuan pokok dalam sistem cgs (cm, gram, sekon) sedangkan meter (m) satuan pokok dalam sistem MKS (m, kg, sekon).
Jadi, hasil pengukuran Doni yang termasuk besaran pokok adalah pernyataan 1, 3, dan 4 (B).

Soal No. 2 tentang Pengukuran

Sebuah mistar digunakan untuk mengukur panjang beberapa pensil seperti gambar di bawah ini.
Sebuah mistar digunakan untuk mengukur panjang beberapa pensil, pengukuran, soal IPA SMP UN 2017 no. 2

Berdasarkan gambar, panjang pensil yang benar adalah ….
A.   pensil I    : 3,9 cm
B.   pensil II   : 3 cm
C.   pensil III  : 5,7 cm
D.   pensil IV : 6,6 cm

Pembahasan

Mari kita cermati pengukuran di atas!
  • pensil I : (5 – 3) cm = 2 cm [opsi A salah]
  • pensil II : (7 – 4) cm = 3 cm [opsi B benar]
  • pensil III : (5,7 – 3,5) cm = 2,2 cm [opsi C salah]
  • pensil IV : (6,6 – 4,5) cm = 2,1 cm [opsi D salah]
Jadi, panjang pensil yang benar adalah opsi (B).

Soal No. 3 tentang Asam dan Basa

Perhatikan gambar percobaan berikut ini!
Penentuan larutan asam dan basa dengan uji lakmus, soal IPA SMP UN 2017 no. 3

Berdasarkan percobaan, larutan bersifat basa ditunjukkan oleh angka ….A.   (1) dan (2)
B.   (1) dan (4)
C.   (2) dan (3)
D.   (3) dan (4)

Pembahasan

Larutan yang bersifat basa akan membirukan kertas lakmus, baik itu lakmus merah maupun lakmus biru. Sedangkan larutan yang bersifat asam akan memerahkan kertas lakmus, baik itu lakmus merah maupun lakmus biru.
asammerah
basa  → biru
Dengan demikian, untuk menentukan larutan basa cukup dilihat hasil akhirnya. Jika hasil akhirnya lakmus merah menjadi biru atau lakmus biru tetap biru maka itulah larutan basa.
Pada percobaan di atas:
  1. lakmus merah menjadi biru [basa]
  2. lakmus merah tetap merah [asam]
  3. lakmus biru menjadi merah [asam]
  4. lakmus biru tetap biru [basa]
Jadi, larutan bersifat basa ditunjukkan oleh angka 1 dan 4 (B).

Soal No. 4 tentang Klasifikasi Zat

Perhatikan gambar berikut ini!
Ilustrasi unsur, senyawa, dan campuran, klasifikasi zat, soal IPA SMP UN 2017 no. 4

Berdasarkan gambar, campuran, senyawa, dan unsur secara berurutan ditunjukkan oleh angka ….A.   (1)-(2)-(3)
B.   (2)-(3)-(1)
C.   (2)-(1)-(3)
D.   (3)-(2)-(1)

Pembahasan

Zat dapat diklasifikasikan menjadi 3, yaitu:
Unsur: zat tunggal yang tidak dapat diuraikan dengan reaksi kimia biasa, contoh: aluminium (Al), kalsium (Ca). [gambar 1]
Senyawa: gabungan unsur atau beberapa yang terbentuk melalui reaksi kimia, contoh: gas hidrogen (H2), air (H2O). [gambar 2]
Campuran: gabungan unsur atau senyawa tanpa melalui reaksi kimia, contoh air tanah. [gambar 3]
Keterangan tentang campuran, tidak tebentuk melalui reaksi kimia

Catatan:
Zat pada gambar (3) terdiri dari dua senyawa yang tergabung tanpa melalui reaksi kimia.
Jadi, campuran, senyawa, dan unsur secara berurutan ditunjukkan oleh angka 3, 2, 1 (D).

Soal No. 5 tentang Pemisahan Zat

Garam yang kita konsumsi pada umumnya berasal dari air laut. Petani garam di Madura memanfaatkan panas matahari untuk membuat garam. Mereka menampung air laut pada tambak-tambak di tepi pantai sehingga dapat terkena panas matahari langsung kemudian secara bertahap akan dihasilkan garam dan diproses lebih lanjut sehingga diperoleh garam dapur yang siap dikonsumsi. Proses pemisahan yang dilakukan oleh petani garam tersebut adalah ….A.   evaporasi
B.   filtrasi
C.   destilasi
D.   kromatografi

Pembahasan

Secara singkat, terbentuknya garam tersebut karena air laut (air asin, mengandung garam) mengalami penguapan oleh panas matahari. Yang menguap hanya airnya sehingga tersisa garamnya.
Termasuk proses apakah pemisahan ini? Mari kita pahami kembali istilah-istilah yang terjadi pada opsi jawaban di atas!
  • Evaporasi adalah proses perubahan molekul dari cair menjadi gas (proses penguapan)
  • Filtrasi adalah proses pemisahan padatan dan cairan melalui selaput membran (proses penyaringan)
  • Destilasi adalah proses pemisahan berdasarkan perbedaan tingkat volatilitas (kemudahan menguap), proses ini dikenal istilah penyulingan
  • Kromatografi adalah proses pemisahan berdasarkan perbedaan pola gerak partikel dalam larutan.
Jadi, proses pemisahan yang dilakukan oleh petani garam tersebut adalah evaporasi (A).

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar