Minggu, 15 April 2018

RPP Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Lengkap

RPP Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Lengkap jenjang Sekolah dasar K13 Revisi terbaru yang kami bagikan untuk semester dua atau genap yang saat ini sudah dimulai dama implementasi kurikulum 2013 secara bertahap seperti yang bapak ibu ketahui semua, terjadi perubahan tema-tema pada kelas V SD ini.
 Panas dan Perpindahannya Tema 6
 Peristiwa dalam Kehidupan Tema 7
 Lingkungan Sahabat Kita Tema 8
 Benda-Benda di sekitar kita Tema 9

Contoh  RPP Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Lengkap

1.Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
2.Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
4.Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan.
5.Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
6.Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. 
8.Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan kegiatan literasi yang telah dilakukan.
9.Siswa diajak menyanyikan lagu daerah setempat untuk menyegarkan suasana kembali.

Pada kegiatan Ayo, Mengamati, secara mandiri siswa diminta untuk
mengamati gambar kenampakan alam pada buku siswa.
• Guru menstimulus daya analisis siswa melalui pertanyaan: Apa saja kenampakan alam yang terdapat dalam gambar?
• Guru meminta siswa untuk mengungkapkan
pendapatnya mengenai kenampakan alam pada gambar secara lisan. 
• Guru menyampaikan penjelasan mengenai kenampakan alam seperti
narasi pada buku siswa
• Siswa menyebutkan kenampakan alam di daerah tempat tinggalnya dengan percaya diri.
Ayo Berdiskusi
• Siswa membentuk kelompok terdiri atas empat anak.
• Selanjutnya, siswa diajak mencari informasi         mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan perairan beserta ciricirinya dari berbagai sumber. 
3. Komunikasi: Fasilitasi sebuah diskusi kelas dimana siswa dapat
mengomunikasikan hasil pencariannya.
• Pada akhir kegiatan diskusi, Guru memberikan penegasan tentang materi perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dan perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan.
Ayo Membaca
• Secara mandiri siswa diminta untuk membaca teks bacaan mengenai adaptasi masyarakat terhadap kenampakan alam sekitar.
• Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk mengemukakan jawabannya di depan kelas.
Guru mengajak siswa untuk menyimpulkan perbedaan air laut dengan air pegunungan.
Ayo Mengamati
• Secara mandiri siswa diminta untuk
mengamati gambar iklan. Kemudian, siswa
mengungkapkan pendapatnya mengenai isi
iklan.
• Guru menstimulus daya analisis siswa dengan mengajukan pertanyaan:
Apa isi kedua iklan pada gambar?
• Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk 

Artikel Terkait