Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

 

Jumat, 20 April 2018

Download Buku Agama Islam Kurikulum 2013 SD


Download Buku Agama Islam Kurikulum 2013 SD
Download Buku Agama Islam Kurikulum 2013 SD

Secara khusus, di dalam kurikulum 2013, telah di kompetensi inti. Kompetensi inti merupakan sebuah kompetensi yang mesti dimiliki oleh para siswa melalui kompetensi dasar yang diorganisasi di dalam pembelajaran integratif serta pendekatan pembelajaran siswa aktif.
Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan
keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan perilaku
dalam pengamalan ajaran agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama.
Kompetensi inti berisi tentang beberapa kompetensi diantaranta yaitu mencakup tentang sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang nantinya akan ditindaklanjuti pada kompetensi dasar. Perubahan sikap dan tingkah laku peserta didik dalam pengamalan ajaran keagamaan dan budi pekerti dijadikan sebuah landasan utama.

Buku Agama Islam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

Buku ini disusun dengan tujuan tidak lain yaitu untuk beri tambahan pedoman  bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di dalam merencanakan, melaksanakan,serta melakukan penilaian pada sistem belajar mengajar pada mata pelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku ini di dalamnya sudah mengandung lima perihal penting, yang harus mendapatkan sebuah penekanan lebih dalam kegiatan belajar mengajar, diantaranya yaitu:proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial/bimbingan, serta interaksi pada pendidik dan walimurid.Dengan demikian maka target pembelajaran nantinya akan diinginkan bisa dicapai hasil yang sangat optimal serta seirama dengan target pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi siswa supaya menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadikan warga yang dapat bersikan demokratis serta juga bertanggung jawab.
KELAS 1 Buku Siswa  KLIK
KELAS 1 Buku Guru KLIK
KELAS 2 Buku Siswa KLIK
KELAS 2 Buku Guru KLIK
KELAS 4 Buku Siswa KLIK
KELAS 4 Buku Guru KLIK
KELAS 5 Buku Siswa KLIK

KELAS 5 Buku Guru KLIK

Misi sesungguhnya diutusnya seorang Nabi atau rasul  duantaranya yaitu untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Seiring sejalan dengan pernyataan hal tersebut di atas, sudah dijelaskan di dalam al-Qur’an bahwasanya  Beliau diutus ke alam dunia ini sebatas untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Oleh sebab itu, di dalam sebuah ayat al-Qur’an ini digunakan struktur gramatika yang menyatakan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.
Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak merupakan sebuah hala yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah merupakan sarana, sedangkan target pada akhirnya adalah pengembangan akhlak yang mulia. Sehubungan bersama itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yang paling prima imannya adalah yang paling baik akhlaknya” dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.” Bisa diartikan bahwasanya, hanya akhlak mulia yang dipenuhi bersama sifat kasih sayang sajalah yang sanggup jadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah.
Sejalan bersamaan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta. Hal tersebut seirama bersama Kurikulum 2013 yang memang dirancang khusus guna mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, serta sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya dikehendaki bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi termasuk meningkat kecakapan dan keterampilannya dan juga semakin mulia sifat dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis bersama dorongan itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kesibukan keagamaan yang wajib dilakukan peserta didik dalam bisnis jelas pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang cocok bersama tuntunan agamanya, baik dalam wujud ibadah ritual maupun ibadah sosial.
Peran guru benar-benar penting untuk menambah dan menyesuaikan daya serap peserta didik bersama ketersediaan kesibukan yang ada pada buku ini. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam wujud kegiatan-kegiatan lain yang bersumber berasal dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Implementasi Kurikulum 2013 sudah mendapatkan banyak respont yang benar-benar positif dan masukan yang benar-benar berharga. Buku ini benar-benar terbuka dan tetap dilakukan revisi serta perbaikan untuk  menyempurnaan buku ini. Oleh dikarenakan itu, penulis menimbulkan para pembaca memberikan kritik, panduan dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, penulis mengucapkan menerima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan terlebih di Indonesia.
Semoga bermanfaat

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar