√ Soal Semester Genap Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs TP. 2016/2017 Kurikulum 2013 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Salam sejahtera untuk kita semua sahabat sekalian kali ini  yukunduhsoal akan share terkait soal semester genap Bahasa Indonesia kelas 8 tahun pelajaran 2016/2017 untuk kurikulum 2013. Lihat cuplikan soal berikut ini.

A.PILIHAN GANDA
Petunjuk : Jawablah pertanyaan berikut dengan cara memberi tanda silang (X) pada a, b, c, atau d dari jawaban yang dianggap paling benar !

1.Bacalah paragraf berikut!
Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. Salah satunya adalah struktur gigi yang tidak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. Sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun akan menurun.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
a.Dampak penyakit gigi bagi kesehatan.
b.Kerusakan gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar.
c.Sakit gigi berlubang dianggap hal sepele.
d.Gigi susu berlubang menjadi struktur gigi jelek.

2.Bacalah teks berikut dengan seksama!
Pengguna narkoba remaja Indonesia diperkirakan sudah mencapai dua juta orang. Jumlah angka kematian remaja akibat narkoba pun meningkat. Menurut data yang ada, dari tes urin yang dilakukan ditemukan beberapa siswa sebagai pecandu dan ada beberapa yang menjadi pengedar narkoba. Didapat juga beberapa informasi bahwa anak-anak di bawah umur pun sudah mengisap rokok dan sekaligus pecandu narkoba. Padahal pada tahun lalu jumlahnya sebanyak tahun ini.
Inti dari paragraf tersebut adalah ….
a.Remaja sebagai pecandu narkoba jumlahnya semakin meningkat.
b.Jumlah kematian anak di bawah umur meningkat karena narkoba.
c.Beberapa pecandu remaja mengedarkan narkoba.
d.Tes urin dilakukan pada beberapa siswa SMP dan SD

3.Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi, kembali luncurkan novel terbarunya, yakni Sebelas Patriot. Peluncuran novel ketujuhnya ini digelar khusus di Terminal Penumpang Laskar Pelangi, pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung, Bangka  Belitung (Babel).    Peluncuran novel Sebelas Patriot  diadakan pada hari Jumat, 10 Juni 2015.
Lead (inti) berita di atas dikembangkan dari informasi pokok ….
a.Novel Sebelas Patriot  karya Andrea Hirata menjadi novel best seller yang sudah dicetak sampai ribuan eksemplar.
b.Novel terbaru Andrea Hirata akan segera diluncurkan di Terminal Penumpang Laskar Pelangi, Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung Bangka-Belitung.
c.Persiapan yang dilakukan Andrea Hirata untuk acara launcing novel ketujuh yang telah ia tulis beberapa bulan yang lalu.
d.Andrea Hirata meluncurkan novel Sebelas Patriot di Terminal Penumpang Laskar Pelangi pada hari Jumat, 10 Juni 2015.

4.Bacalah teks berita berikut ini !
Teks Berita 1
Sayang sekali jika tubuh yang bagus dan bersih ini dikotori dengan barang haram narkoba. Sesungguhnya anak-anak muda zaman sekarang bukannya tidak tahu efek negatif dari narkoba. Hanya saja mereka sudah terlalu kecanduan dan asyik menggunakan barang itu dan membuatnya terlena. Jika ia menyadari efek bahaya sesungguhnya, mereka pasti tidak akan mau menggunakannya.
 
Teks Berita 2
Seorang psikolog di Amerika, David Greefield menemukan sekitar 6% dari pengguna internet mengalami kecanduan. Orang-orang yang mengalami kecanduan internet, ia akan lupa waktu dalam berinternet. Kebanyakan orang kecanduan ini disebabkan mereka menemukan kepuasan di internet yang tidak mereka dapatkan di dunia nyata.
Nah untuk selengkapnya bila Anda yang masih bingung mencari contoh soal semester sebagai panduan penyusunan soal bagi guru dan referensi belajar bagi siswa. Anda dapat unduh pada link berikut.


Sekian contoh soal semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang kami bagikan semoga bermanfaat dan silahkan di SHARE Terima kasih atas kunjungan anda......

Belum ada Komentar untuk "√ Soal Semester Genap Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs TP. 2016/2017 Kurikulum 2013 Lengkap dengan Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel