Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

Kamis, 29 Maret 2018

√ RPP PPKN K13 Kelas XII Semester 1 Revisi Terbaru 2017/2018

Download RPP PPKN Kelas XII Semester 1 Revisi Terbaru 2017/2018. RPP PPKN Kelas X dan Kelas XI pada kesempatan sebelumnya sudah selesai kami bagikan. Kali ini giliran RPP PPKN  Kelas XII semester 1 Revisi Terbaru Tahun ajaran 2017/2018 akan kami bagikan. Semoga RPP yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan membantu para guru dalam menyusun RPPnya. Karena setiap guru yang mengajar di sekolah harus mempunyai RPP sebagai pedomannya dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah.   Silahkan download filenya pada link di paling bawah artikel ini.

 

RPP PPKN K13 Kelas XII Semester 1 2017/2018. Sebelum membahas lebih jauh mengenai RPP yang telah kami susun, ada baiknya jika kita mengetahui kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ada pada RPP PPKN  Kelas XII ini. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XII memiliki empat kompetensi inti dan 25 kompetensi dasar. Berbeda dengan kurikulum PPKN  sebelumnya, konsep kompetensi inti ini merupakan konsep yang baru. Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing.

Untuk mencapai efektivitas dan optimalisasi pelaksanaan pembelajaran, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan buku teks pelajaran PPKn Kelas XII. Berdasarkan jumlah KD terutama yang terkait dengan penjabaran KI-3, ruang lingkup materi pelajaran yang terdapat dalam buku teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XII  semester 1 terdiri dari 4 (empat) Bab, yaitu sebagai berikut: Bab 1  : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pancasila, Bab 2  : Pengelolaan Keuangan Negara dan Kekuasaan Kehakiman, Bab 3 : Dinamika Pengelolaan Kekuasaan Negara Di Pusat dan Daerah dalam Mewujudkan Tujuan Negara Indonesia dan Bab 4: Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara.

Berikut ini contoh beberapa isi yang ada dalam RPP PPKN untuk Kelas XII yang telah kami bagikan. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    :  ………
Kelas / Semester    :  XII / 1
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bab / Materi    :  1 / Kasus-Kasus Pelanggaran HAM dalam Perspektif Pancasila
Alokasi Waktu    :  8 x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI:
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.  KOMPETENSI DASAR & 
1.1     Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
1.2    Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
3.1    Menganalisis berbagai kasus pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
4.1    Menyaji pembahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentative dan saling Keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila pancasila
C.  INDIKATOR PEMBELAJARAN:
1.1.1    Menunjukkan perilaku orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
1.1.2    Mengucap syukur atas nikmat dan karunia Tuhan YME
2.1.1    Menunjukkan perilaku jujur dalam proses pembelajaran
2.1.2    Menunjukkan perilaku disiplin dalam proses pembelajaran
2.2.3    Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam proses pembelajaran
3.1.1    Menganalisis substansi HAM dalam Pancasila
3.1.2    Menganalisis berbagai  kasus pelanggaran HAM di Indonesia
3.1.3    Menganalisis  upaya penyelesaian kasus pelanggaran HAM
4.1.1    Menyusun hasil pembahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
4.1.2    Menyaji hasil pembahasan kasus pelanggaran hak asasi manusia secara argumentative dan saling keterhubungan antara aspek ideal, instrumental dan praksis sila-sila Pancasila
D.  MATERI PEMBELAJARAN
Secara Garis besar materi pembelajaran Bab 1 adalah sebagai berikut:
1.    Substansi hak asasi manusia dalam Pancasila
a.    Hak asasi manusia dalam nilai dasar sila-sila Pancasila
b.    Hak asasi manusia dalam nilai instrumental sila-sila Pancasila
c.    Hak asasi manusia dalam nilai praksis sila-sila Pancasila
2.    Kasus Pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
a.    Konsep pelanggaran hak asasi manusia
b.    Penyebab pelanggaran hak asasi manusia
c.    Penyimpangan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
3.    Upaya Penyelesaian kasus pelanggaran hak asasi manusia
a.    Upaya pemerintah dalam penanganan kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
b.    Pentingnya partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya kasus pelanggaran hak asasi manusia
E. ALAT/ MEDIA/ BAHAN/SUMBER BELAJAR
Alat / Media
1)    LCD Proyektor,             
2)    Dokumentasi pelanggaran HAM
3)    Film kasus pelanggaran hak HAM
Sumber Belajar
1)    UUD 1945 yang diamandemen
2)    Buku Peserta Didik  dan Buku Guru PPKn
3)    Internet
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Pendahuluan:
1)    Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas, membaca doa dan membaca ayat suci alqur’an, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
2)    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidiupan sehari-hari.
3)    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
4)    Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
Inti:
-    Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5-6 orang.
-    Peserta didik diminta untuk mengamati dengan membaca wacana Vonis 11 tahun Bos Kuali Kecewakan Buruh
-    Guru memberikan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan-peranyaan yang dapat menghadapkan peserta didik pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi
a)    Guru member kesempatan peserta didik mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan dengan pelanggaran HAM, kemudian  salah satunya dipilih dan dirumuskan pertanyaan dan diikuti dengan merumuskan dipotesis (jawaban atas pertanyaan  tersebut)
b)    Peserta didik secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia. Guru membimbing dan terus mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa ingin tahu yang mendalam tentang kasus-kasus pelanggaran HAM dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut:
No    Pertanyaan
1   
2   
3   
dst   
c)    Guru memberikan motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran
d)    Guru mengamati keterampilan peserta didik secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan
a)    Peserta didik mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang disusun dengan membaca uraian materi di buku PPKn kelas XII Bab 1 Sub-bab A. Peserta didik juga diminta untuk mencari informasi dari berbagai sumber lain yang relevan seperti internet, web, media sosial lainnya.
b)    Peserta didik juga mengumpulkan informasi untuk mengerjakan tugas Tugas Kelompok 1.1 dan Tugas Kelompok 1.2 (Tugas Mandiri 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2 dikerjakan sebagai Pekerjaan Rumah)
c)    Peran Guru pada tahap ini adalah sebagai berikut:
i.    Menyediakan berbagai sumber belajar seperti buku teks siswa dan buku reverensi lainnya
ii.    Guru menjadi sumber belajar bagi peserta dengan memberkan konfirmasi atas jawaban peserta didik atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok yang tidak terjawab.
iii.    Guru dapat juga menunjukkan buku atau sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan.
Peserta didik pada tahapan ini menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh, seperti hubungan HAM dengan antarsila dalam Pancasila, menghubungkan HAM dalam nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis sila-sila Pancasila.
a)    Peserta didik menyusun laporan hasil telaah HAM dalam Pancasila. Laporan disusun secara individu dan menjadi tugas peserta didik dan dikumpulkan pada akhir pertemuan ini.
b)    Peserta didik secara acak (2-3) diminta untuk menyajikan hasil analisis HAM dalam Pancasila secara lisan.
c)    Guru memberikan konfirmasi/penguatan atas jawaban peserta didik
Penutup:
1)    Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut
2)    Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertamuan pertama
3)    Guru memberikan Tugas Mandiir 1.1 dan Tugas mandiri 1.2
4)    Guru dan peserta didik menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertamuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.
G. PENILAIAN
........... selengkapnya silahkan download file aslinya.


Itulah tadi beberapa contoh cuplikan isi dari RPP PPKN Kelas XII semester 1 Terbaru yang menggunakan kurikulum 2013. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung download pada link dibawah ini:

Link Download: 
 
RPP PKN XII Revisi Terbaru Versi 2: 

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar