√ Download Petunjuk Pelaksanaan OSN SMP 2018

Download Petunjuk Pelaksanaan OSN SMP 2018. Petunjuk Pelaksanaan atau biasa disebut JUKLAK Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah M

enengah Pertama (SMP) Tahun 2018 sudah dapat Anda download pada artikel ini. JUKLAK /JUKNIS OSN SMP Tahun 2018 ini telah dibuat keluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018. Bagi Para guru yang mempunyai tugas untuk membimbing siswanya dalam mengikuti kegiatan OSN di Tahun 2018 ini, Petunjuk Pelaksanaan OSN 2018 ini sangatlah penting untuk dibaca dan dipahami.

Download JUKLAK OSN SMP Tahun 2018. Pada file JUKLAK OSN SMP Tahun 2018 ini Terdapat beberapa point-point penting mulai dari kata pengantar JUKLAK, Daftar isi, Pendahuluan, Latar belakang, Manfaat diadakannya OSN SMP Tahun 2018, Dasar Hukum diadakannya OSN SMP Tahun 2018, Bidang Lomba OSN 2018, Hingga pada hasil yang diharapkan dari kegiatan OSN SMP Tahun 2018 ini. Semuanya tadi sudah tercantum rapi dalam file Petunjuk Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2018 yang berupa file pdf dan dapat Anda download pada link download di paling bawah.
Pada Petunjuk Pelaksanaan OSN SMP Tahun 2018 ini juga terdapat penjelasan singkat mengenai Penyelenggaraan OSN SMP Tahun 2018. Mulai dari Persyaratan Peserta didik yang boleh mengikuti OSN, Bentuk kegiatan dan Materi Lomba, Tahap Pelaksanaan Lomba, Hadiah dan Penghargaan yang akan didapatkan oleh peserta lomba, hingga pada waktu pelaksanaan lomba OSN SMP Tahun 2018 akan digelar. Anda bisa melihat cuplikan isi dari JUKLAK OSN SMP 2018 yang sudah kami pilah-pilah mana yang paling penting, silahkan lihat cuplikan isi JUKLAK OSN SMP 2018 di bawah ini.

PETUNJUK PELAKSANAAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN 2018

Latar Belakang
Dalam upaya peningkatan mutu sumberdaya manusia Indonesia agar mampu bersaing pada percaturan regional dan internasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan berbagai peraturan turunannya, merupakan indikasi yang sangat nyata upaya Pemerintah Indonesia dalam peningkatan mutu sumberdaya manusia agar mampu bersaing dalam era keterbukaan dan globalisasi.
Salah satu implikasi yang melekat pada Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang merupakan realisasi dari peraturan-peraturan perundangan tersebut dapat diukur dari Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs/Sederajat pada tahun ajaran 2017/2018 mencapai 101,05%. Dengan pencapaian APK di atas, maka orientasi pembinaan pendidikan pada jenjang SMP lebih ditekankan pada peningkatan mutu pendidikan.
Untuk itu, Direktorat Pembinaan SMP telah menyusun berbagai kebijakan dan strategi yang kemudian dijabarkan dalam bentuk program dan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi. Kebijakan dan program tersebut, diharapkan dapat menunjang misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, baik terkait dengan perluasan akses pendidikan, mutu dan daya saing, maupun tata kelola penyelenggaraan pendidikan.
Agar program dan/atau kegiatan tersebut dapat mencapai target yang telah ditetapkan, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada, Direktorat Pembinaan SMP menerbitkan berbagai Buku Petunjuk Pelaksanaan untuk masing-masing program dan/atau kegiatan, baik yang pengelolaannya dilaksanakan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun yang langsung dikelola oleh sekolah.
Diharapkan pihak-pihak terkait dengan penyelenggaraan program di semua tingkatan dapat memahami dan melaksanakan dengan amanah, efektif dan efisien seluruh proses kegiatan mulai dari penyiapan rencana, pelaksanaan, sampai dengan monitoring, evaluasi dan pelaporannya.
Akhirnya, kami mengharapkan agar semua pihak terkait mempelajari dengan seksama dan menjadikannya sebagai pedoman serta acuan dalam pelaksanaan seluruh program atau kegiatan pembangunan pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama tahun anggaran 2018.
Latar Belakang
Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kegiatan lomba bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan wajib belajar yang bermutu. Olimpiade Sains Nasional bertujuan memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir kompetisi yang sehat serta mendorong sekolah berperan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis dalam bidang Matematika, IPA dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini dapat menstimulus peningkatan mutu pendidikan dan menghasilkan bibit unggul yang dapat berkompetisi pada olimpiade internasional.
Kegiataan OSN dilaksanakan sejak tahun 2003. Pada periode 2003 sampai dengan 2009 bidang yang dilombakan terdiri dari Matematika, Biologi, dan Fisika. Pada tahun 2010, IPS dimasukkan ke dalam bidang yang dilombakan, sehingga sejak tahun itu bidang lomba menjadi 4 bidang lomba. Kemudian pada tahun 2015 bidang Biologi dan Fisika digabung menjadi satu bidang yaitu bidang IPA.
Beberapa prestasi yang telah diraih peraih medali OSN bidang IPA yakni dibuktikan dengan keberhasilan siswa meraih medali pada ajang International Junior Science Olympiad (IJSO). Sedangkan di bidang matematika para peraih medali diberi kesempatan untuk meningkatkan prestasi pada International Mathematics Competation (IMC) dengan membawa medali untuk Indonesia.
Dalamrangka mempersiapkan pelaksanaan OSN supaya terlaksana secara baik, disusun petunjuk pelaksanaan ini, sebagai rujukan bagi panitia pelaksana kegiatan tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Diharapkan dengan adanya petunjuk pelaksanaan ini penyelenggaraan OSN dapat terselenggara secara baik.
Manfaat
Kegiatan OS N merupakan salah satu wahana bagi siswa yang dapat menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik dan mendorong keberanian bersaing secara sehat, sekaligus untuk meningkatkan kemampuan akademik dalam bidang Matematika, IPA dan IPS dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Tujuan Umum

Tujuan umum OSN adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Matematika, IPA dan IPS yang berasaskan pendidikan karakter.
Tujuan Khusus
a. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan mutu pembelajaran Matematika, IPA dan IPS.
b. Membangkitkan minat siswa untuk mencintai dan memupuk kegemaran terhadap bidang Matematika, IPA dan IPS.
c. Menumbuhkembangkan kemampuan siswa untuk berfikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.
d. Menanamkan kesadaran dan keberanian siswa untuk mencoba, belajar menerapkan secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal.
e. Menanamkan sifat kompetitif dan kerjasama yang sehat sejak dini.
f. Memetakan kemampuan siswadalam bidang Matematika, IPA dan IPS sesuai standar mutu pendidikan secara nasional.
g. Mengidentifikasi siswa berprestasi di setiap sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.
h. Menyeleksi siswa terbaik tingkat nasional pada jenjang SMP, MTS atau yang sederajat untuk diikutsertakan pada perlombaan tingkat internasional.
i. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.

Bidang lomba
1. Matematika
2. Ilmu Pengetahuan Alam
3. Ilmu Pengetahuan Sosial
Persyaratan Peserta
Kegiatan OSN tahun 2018 terbuka untuk siswa SMP/MTs negeri dan swasta, atau yang sederajat, berkewarganegaraan Indonesia, dan memenuhi persyaratan sebagai berikut.
1. Bukan peraih medali emas, perak dan perunggu pada OSN SMP Tingkat Nasional Tahun sebelumnya.
2. Terdaftar sebagai siswa SMP, MTs, atau yang sederajat, kelas VII atau kelas VIII padasaat mengikuti lomba.
3. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
4. Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
5. Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
6. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah.
7. Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.
Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba
Kegiatan OSN dilaksanakan secara bertahap mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dengan mekanisme sebagai berikut.
1. Tingkat sekolah: mekanisme seleksi ditentukan berdasarkan dua pilihan mekanisme seleksi yang telah diatur pada bab III buku petunjuk pelaksanaan OSN.
2. Tingkat kabupaten/kota dan provinsi: seleksi dilakukan melalui tes tertulis.
3. Tingkat nasional: seleksi dilakukan melalui tes teori untuk Matematika, tes teori dan tes eksperimen untuk IPA serta tes teori dan praktikum untuk IPS.
Tahap Pelaksanaan Lomba
Lomba dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu:
1. Tahap I : Seleksi / Lomba tingkat sekolah
2. Tahap II : Lomba tingkat kabupaten/kota
3. Tahap III : Lomba tingkat provinsi
4. TahapIV : Lomba tingkat nasional

Hadiah dan Penghargaan OSN SMP Tahun 2018
Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta lomba sebagai motivasi untuk meningkatkan kegiatan belajar dan kegiatan lainnya di sekolah. Pengaturan hadiah dan penghargaan untuk para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah. Para pemenang tingkat nasional diberi hadiah dan penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sedangkan medali yang diperebutkan untuk masing-masing bidang medali yang diperebutkan untuk masing-masing bidang yaitu: 5 emas, 10 perak, dan 15 perunggu. Sedangkan untuk bidang IPA penambahan Trophy (Best theory dan best experiment).
Waktu Pelaksanaan Lomba OSN SMP Tahun 2018


Itulah tadi beberapa cuplikan isi dari file Petunjuk Pelaksanaan  OSN SMP Tahun 2018 yang dapat Anda download pada link di bawah ini. Semoga file JUKLAK OSN SMP Tahun 2018 ini dapat membantu para Guru maupun peserta OSN dalam mencari informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan lomba OSN untuk SMP pada tahun 2018 ini. Semoga Pelaksanaan OSN Tahun 2018 ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Yang jelas, tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk mencari bibit-bibit yang bermutu untuk kemajuan pendidikan di negeri kita. Semoga Berhasil.

Link Download: 

Belum ada Komentar untuk "√ Download Petunjuk Pelaksanaan OSN SMP 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel