√ RPP Seni Budaya Kelas X (Seni Rupa) Kur 2013


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMAN .................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya
Kelas /Semester          : X/Ganjil
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Materi Pokok              : Seni Rupa
Alokasi Waktu                        : 4 JP (2 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
2.   Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
3.   Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
4.   Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
5.   Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
6.   Membuat sketsadariobyekmahlukhidupdanbendamati

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.   Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
3.1.1        Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
3.1.2        Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
3.1.3        Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
3.1.4        Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
4.1     Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai bahan dan teknik dengan melihat model
4.1.1        Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
4.1.2        Membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati

C.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta
ªContoh karya seni rupa 2 dimensi dapat kita temukan pada beberapa produk atau benda, di antaranya antara lain lukisan, foto, poster, banner, desain produk, karikatur, kaligrafi, mozaik, dan logo.
2.      Konsep
ªMenjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
ªMenganalisis unsur seni rupa dua dimensi
ªMenjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
ªMenjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua dimensi
3.      Prinsip
ª Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
4.      Prosedur
ªMembuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai bahan dan teknik dengan melihat model
ª Membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati

D.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.     MediaPembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

F.      Sumber Belajar
1.      Buku teks pelajaran yang relevan
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran seni budaya kelas  XJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran seni budaya kelas  X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.      Modul/bahan ajar,
5.      internet,
6.      Sumber lain yang relevan

G.     Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª Pengertian seni ruapa
ª Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
ª  Apa yang dimaksud dengan seni?
ª  Sebutkan ciri karya seni yang berbentuk 2 dimensi?
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta menganalisisberbagai jenis karya seni rupa dua dimensi dan menyebutkan unsur yang terkandung dalam karya seni rupa tersebut.
ª  Peserta didik diminta mempersentasikan hasil analisisnya di depan kelas
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Kualiltas instrumental
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª  Pengertian seni ruapa
ª  Menjelsakan konsep dasar karya seni rupa dua dimensi
ª  Jenis-jenis seni rupa dua dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Aktivitas
ª  Peserta didikdiminta membuat karya seni rupa dua dimensi dengan melihat model, benda mati atau hidup dan foto atau gambar.
v  Mempraktikan
v  Mendiskusikan
ª  Peserta didik diminta mendiskusikan berbagai teknik dalam membuat karya seni rupa dua dimensi dan mengkaitkannya dengan unsur seni rupa (titik, garis,bidang, bentuk, ruang, warna dan tekstur)
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Prisnsip seni rupa dua dimensi
ª  Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
ª  Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai
2)      Tes Lisan
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara’
ª  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
ª  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
ª  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Portofolio / unjuk kerja
ª  Laporan tertulis individu/ kelompok
3)      Produk,
2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.      Pertemuan Kedua (Terlampir)
3.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª  Menjelaskan konsep senirupa dua dimensi yang sedang berkembang
b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª  Konsep dasar seni rupa




                                                                                                   ……………, 25 Juli 2017

Mengetahui
Kepala SMA N/S                                                 Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                            NIP/NRK.




LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
1.    .
2.    .
3.    .
4.    .
5.    .



Kunci Jawaban Soal Uraian dan Pedoman Penskoran
Alternatif jawaban
Penyelesaian
Skor
1

2
2

2
3

2
4

2
5

2

Jumlah
10


Nilai =


Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Uraian
Topik     :         ………………….
Indikator  :       …………………..
Soal        : ………………….
a.       ………………….
b.      ………………….
Jawaban   :
a.       …………………
  1. …………………

Pedoman Penskoran
No
Jawaban
Skor
a.


b.


Skor maksimal




LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS
 (Pilihan Ganda)

Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
1.
a.
b.
c.
d.
e.
dst.

Kunci Jawaban Piliahan Ganda dan Pedoman Penskoran
Alternatif  Jawaban
Penyelesaian
Skor
1

1
2

1
3

1
4

1
....

1
20

1

Jumlah
20

Nilai =


Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Pilihan Ganda
Topik     :         ………………….
Indikator  :       …………………..
Soal        : ………………….
Jawaban   :
a.       …………………
  1. …………………
  2. …………………
  3. …………………
  4. …………………



LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan

KELAS : .……………..
No
Nama Peserta Didik
Pernyataan
Pengungkapan
gagasan yang
orisinil
Kebenaran Konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Dan lain sebaginya
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1









2









3










Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Nama
Peserta
Didik
Pernyataan
Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisinil
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
YA
TIDAK
Fitria








Gina








....












LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN

Penilaian Pengetahuan - Penugasan
Mengidentifikasi …………………….
Tugas       : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media.
Indikator :  membuat laporan hasil percobaan cara kerja …………………….

Langkah Tugas :
1.      Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai …………………….
2.      Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., ……………………..
3.      Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut:
a.       Jenis …………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran?
b.      Bagaimana yang terjadi?
c.       Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan?
4.      Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya



Rubrik Penilaian
No.
Kriteria
Kelompok
9
8
7
6
5
4
3
2
1
1
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi









2
Ketepatan memilih bahan









3
Kreativitas









4
Ketepatan waktu pengumpulan tugas









5
Kerapihan hasil










Jumlah skor










Keterangan: 4 = sangat baik,            3 = baik,          2 = cukup baik,                        1 = kurang baik
NilaiPerolehan =



LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - UNJUK KERJA

Pekerjaan :
·         ....................................................................................................................................................
·         ....................................................................................................................................................
·         ....................................................................................................................................................
·         ....................................................................................................................................................
Tabel : Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Tingkat
Kriteria
4
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar,sesuai dengan prosedur operasi dan penerapan konsep yang berhubungandengan tugas ini
3
Jawaban menunjukkan penerapan konsep mendasar yang berhubungandengan tugas ini. Ciri-ciri:
Semua jawaban benar tetapi ada cara yang tidak sesuai atau ada satu jawaban salah. Sedikitkesalahanperhitungandapatditerima
2
Jawaban menunjukkan keterbatasan atau kurang memahami masalah yang berhubungan dengan tugas ini.
Ciri-ciri:
Ada jawaban yang benar dan sesuai dengan prosedur, dan ada jawaban tidak sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
1
Jawaban hanya menunjukkan sedikit atau sama sekali tidak ada pengetahuanbahasa Inggris yang berhubungan dengan masalah ini.
Ciri-ciri:
Semua jawaban salah, atau
Jawaban benar tetapi tidak diperoleh melalui prosedur yangbenar.
0
Tidak ada jawaban atau lembar kerja kosong



LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN- UNJUK KERJA

KELAS :.…………..

No
Nama Siswa
Tingkat
Nilai
Ket.
4
3
2
1
1.       







2.       







3.       










Lembar Pengamatan
Penilaian Keterampilan - Unjuk Kerja/Kinerja/Praktik
Topik       :  ………………………..
KI             :  ………………………..
KD           :  ………………………..
Indikator  :  ………………………..

No
Nama
Persiapan Percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir Percobaan
Jumlah Skor
1





2





….





….






No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Persiapan Percobaan (Menyiapkan alat Bahan)
30
-   Alat-alat tertata rapih sesuai dengan keperluannya
-   Rangkaian alat percobaan tersusun dengan benar dan tepat
-   Bahan-bahan tersedia di tempat yang sudah ditentukan.
20
Ada 2 aspek yang tersedia
10
Ada 1 aspek yang tersedia
2
Pelaksanaan Percobaan
30
-   Menggunakan alat dengan tepat
-   Membuat bahan percobaan yang diperlukan dengan tepat
-   Menuangkan / menambahkan bahan yang tepat
-   Mengamati hasil percobaan dengan tepat



20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek yang tersedia
3
Kegiatan akhir praktikum
30
- Membuang larutan atau sampah ketempatnya
- Membersihkan alat dengan baik
- Membersihkan meja praktikum
- Mengembalikan alat ke tempat semula
20
Ada 3 aspek yang tersedia
10
Ada 2 aspek yang tersedia






LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN - PROYEK

Proyek :                     
·         ....................................................................................................................................................
·         ....................................................................................................................................................
·         ....................................................................................................................................................
·         ....................................................................................................................................................

Orientasi Masalah:
Bentuklah tim kelompokmu, kemudian pergilah ke ……………… yang ada di ……………..mu. Ambil alat …………….. yang digunakan untuk ……………….. terhadap ……………. ……………… antara …………… terhadap ………….yang berada di ………….., lakukan berulang-ulang sehingga kamu menemukan …………….yang ……………… antara ……………. dengan …………… tersebut!

Langkah-langkah Pengerjaan:
1.    Kerjakan tugas ini secara kelompok. Anggota tiap kelompok paling banyak 4 orang.
2.    Selesaikan masalah terkait ……………
3.    Cari data …………… dengan ……………….. tersebut
4.    Bandingkan untuk mencari ………….. umum jumlah ……………………..pertahun
5.    Lakukan prediksi …………….. dengan ……………… tersebut
6.    Hasil pemecahan masalah dibuat  dalam laporan tertulis tentang kegiatan yang dilakukan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan pemecahan masalah, dan pelaporan hasil pemecahan masalah
7.    Laporan bagian perencanaan meliputi: (a) tujuan kegiatan, (b) persiapan/strategi untuk pemecahan masalah
8.    Laporan bagian pelaksanaan meliputi: (a) pengumpulan data, (b) proses pemecahan masalah, dan (c) penyajian data hasil
9.    Laporan bagian pelaporan hasil meliputi: (a) kesimpulan akhir, (b) pengembangan hasil pada masalah lain (jika memungkinkan)
10.     Laporan dikumpulkan paling lambat …………… minggu setelah tugas ini diberikan

Rubrik Penilaian Proyek:
Kriteria
Skor
·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok sangat baik
4
·       Jawaban benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok sangat baik
3
·       Jawaban benar tetapi kurang sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang kurang jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data kurang berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang kurang sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok baik
2
·       Jawaban tidak benar
·       Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·       Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang tidak jelas dan persiapan/strategi pemecahan masalah yang kurang benar dan tepat
·       Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang kurang baik, pemecahan masalah yang kurang masuk akal (nalar) dan penyajian data tidak berbasis bukti
·       Bagian pelaporan memuat kesimpulan akhir yang tidak sesuai dengan data, tidak terdapat pengembangan hasil pada masalah lain
·       Kerjasama kelompok kurang baik
1
Tidak melakukan tugas proyek
0


Penilaian Keterampilan – Proyek
Mata Pelajaran     :  ……………                                             Guru Pembimbing  : ……………
Nama Proyek       :  ……………                                             Nama                      : ……………
Alokasi Waktu     :  ……………                                             Kelas                      : ……………

No
Aspek
Skor
(1 – 5)
1
PERENCANAAN :
a. Rancangan Alat
- Alat dan bahan
- Gambar rancangan/desain
b. Uraian cara menggunakan alat

2
PELAKSANAAN :
a. Keakuratan Sumber Data / Informasi
b. Kuantitas dan kualitas Sumber Data
c. Analisis Data
d. Penarikan Kesimpulan

3
LAPORAN PROYEK :
a. Sistematika Laporan
b. Performans
c. Presentasi

Total Skor





LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PRODUK

Nama Produk                      :  ………………………………..
Nama Peserta Didik             :  ………………………………..
No
Aspek
Skor
1
Perencanaan Bahan
1
2
3
4
2
Proses Pembuatan
a.       Persiapan Alat dan Bahan
b.      Teknik Pengolahan
c.       K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)




3
Hasil Produk
a.       Bentuk Fisik
b.      Bahan
c.       Warna
d.      Pewangi
e.       ……..




Total Skor





Ø  Aspek yang dinilai disesuaikan dengan jenis produk yang dibuat
Ø  Skor diberikan tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yang diberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.





LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
PENILAIAN PORTOFOLIO
Tugas
·         ....................................................................................................................................................
·         ....................................................................................................................................................
·         ....................................................................................................................................................
·         ....................................................................................................................................................

Rubrik Penilaian
Nama siswa         :    ………………….
Kelas                   :    ………………….
No
Kategori
Skor
Alasan
1
1. Apakah portofolio lengkap dan sesuai dengan rencana?


2
2. Apakah lembar isian dan lembar kuesioner yang dibuat sesuai?


3
3. Apakah terdapat uraian tentang prosedur pengukuran/pengamatan yang dilakukan?


4
Apakah isian hasil pengukuran/pengamatan dilakukan secara benar?


5.
Apakah data dan fakta yang disajikan akurat?


6.
Apakah interpretasi dan kesimpulan yang dibuat logis?


7.
Apakah tulisan dan diagram disajikan secara menarik?


8.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah EYD?


Jumlah


Kriteria:                        5 = sangatbaik,                         4 = baik,                      3 = cukup,                                                          2 = kurang, dan                        1 = sangat kurang



Penilaian Keterampilan – Produk
Mata Pelajaran     :  ……………                                             Nama Peserta Didik  :    ……………
Nama Produk       :  ……………                                             Kelas                      : ……………
Alokasi Waktu     :  ……………                                            

No
Aspek
Skor
(1 – 5)
1
Tahap Perencanaan Bahan

2
Tahap Proses Pembuatan :
a. Persiapan alat dan bahan
b. Teknik Pengolahan
c. K3 (Keselamatan kerja, keamanan dan kebersihan)

3
Tahap Akhir (Hasil Produk)
a. Bentuk fisik
b. Inovasi

Total Skor





Penilaian Keterampilan - Portofolio
Mata Pelajaran     : …………………………..
Kelas/Semester     : …………………………..
Peminatan            : …………………………..
Tahun Ajaran       : 2015/2016
Judul portofolio   : Pelaporan merancang /perakitan alat praktikum dan Penyusunan laporan praktikum
Tujuan                 : Peserta didik dapat merancang/merakit alat dan menyusun laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
Ruang lingkup      :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil rancangan/rakitan alat dan laporan praktikum bidang studi semester 1

Uraian tugas portofolio
1. Buatlah laporan kegiatan merancang/merakit alat, laporan praktikum bidang studi sebagai tulisan ilmiah
2. Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya seminggu setelah peserta didik melaksanakan tugas

Penilaian Portofolio Penyusunan Laporan Perancangan Percobaan dan Laporan Praktik
Mata Pelajaran                    :  …………………
Alokasi Waktu                   :
Sampel yang dikumpulkan   :  Laporan
Nama Peserta didik            :  …………………
Kelas                                  :  …………………

No
Indikator
Periode
Aspek yang dinilai
Catatan / Nilai
Kebenaran Konsep
Kelengkapan gagasan
Sistematika
Tata Bahasa
1
….
….





2
Menyusun laporan perancangan percobaan






3
Menyusun laporan praktikum






4
….
….








Rubrik Penilaian portofolio Laporan Praktikum
No
Komponen
Skor
1
Kebenaran Konsep
Skor 25 jika seluruh konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 15 jika sebagian konsep bidang studi pada laporan benar
Skor 5 jika semua konsep bidang studi pada laporan salah
2
Kelengkapan gagasan
Skor 25 jika kelengkapan gagasan sesuai konsep
Skor 15 jika kelengkapan gagasan kurang sesuai konsep
Skor 5 jika kelengkapan gagasan tidak sesuai konsep
3
Sistematika
Skor 25 jika sistematika laporan sesuai aturan yang disepakati
Skor 15 jika sistematika laporan kuang sesuai aturan yang disepakati
Skor 5 jika sistematika laporan tidak sesuai aturan yang disepakati
4
Tatabahasa
Skor 25 jika tatabahasa laporan sesuai aturan
Skor 15 jika tatabahasa laporan kuang sesuai aturan
Skor 5 jika tatabahasa laporan tidak sesuai aturan
Keterangan:
Skor maksimal = jumlah komponen yang dinilai x 25 = 4 x 25 = 100
Nilai portofolio = 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖=  x 4







Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)
Penilaian Keterampilan – Tertulis (menulis karangan, menulis laporan dan menulis surat.)

JUDUL

………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………



                                                                                                   ……………, ………………………

Mengetahui
Kepala SMA …….                                             Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                           NIP/NRK.

Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................


Belum ada Komentar untuk "√ RPP Seni Budaya Kelas X (Seni Rupa) Kur 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel