Cara Mengisi JADWAL Dapodik 2018 disertai CONTOH


Di artikel ini saya akan mencoba membahas seputar Pengimputan Menu JADWAL Dapodik 2018 yang notabene masih baru sehingga banyak rekan-rekan Operator yang masih mengalami kesulitan dalam mengimput Jadwal Pelajaran tersebut.

Sebenarnya dulu Operator juga pernah  dihadapkan dengan pembuatan Jadwal Pelajaran ini, ketika masih boomingnya  PADAMU Negeri beberapa tahun silam. jadi untuk hal pendataan, Menu Jadwal pelajaran bukan hal yang baru.

Sebelum operator sekolah menggunakan fitur jadwal dan mengisi data di dalamnya, ada beberapa hal yang harus dipahami dan dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya adalah sebagai berikut: 
1. Mengisi Data Periodik Sekolah
2. Persiapan Data Prasarana
3. Persiapan Data Rombongan Belajar
4. Persiapan Data Pembelajaran 
Penjelasan lengkap ke 4 persiapan tersebut bisa dibaca langsung di juknis Dapodik 2018 halaman 35 - 52 atau bisa di unduh di link berikut: Juknis Aplikasi Dapodik 2018

Kembali lagi membahas Pengimputan Jadwal Pelajaran di Dapodik 2018, hal paling dasar yang perlu Operator persiapkan adalah Jadwal Pelajaran yang sudah diterapkan di Sekolahnya. karena nantinya operator tinggal menyalin jadwal tersebut ke jadwal di Aplikasi Dapodik 2018. Apalagi  bukan tupoksinya dalam membuat Jadwal Pelajaran. Tetapi tidak ada salahnya Operator juga mencoba untuk membuat jadwal Pelajaran di Sekolahnya dengan catatan mengetahui Juknis Jumlah Jam Mengajar (JJM) Perminggu tiap-tiap rombongan belajar.

Berikut contoh Pembagian JJM yang bisa di terapkan untuk pengisian Jadwal di aplikasi Dapodik 2018. di gambar tersebut untuk kelas 1 dan Kelas 4 menggunakan Kurikulum 2013 karena di Tahun pelajaran 2017/2018 sudah banyak sekolah yang mulai menerapkan Kurikulum 2018. Dan untuk jumlah JJM merupakan Jumlah MAKSIMAL yang bisa di masukkan ke dalam Rombel.
Dari Data tersebut, barulah kita Petakan Pembagian JJM tersebut ke dalam Jadwal Mingguan sehingga hasilnya kurang lebih seperti ini: (hanya Contoh)
Langkah Terakhir, kita tinggal menyalin Jadwal tersebut ke dalam Jadwal di Aplikasi Dapodik 2018. Tapi sebelum itu, pastikan rekan-rekan sudah membaca dan memahami betul penjelasan di juknis Dapodik 2018 halaman 35 - 52. Terutama di Data Pembelajaran, Pastikan Rekan-rekan sudah mengisi Pembelajaran masing-masing PTK agar ketika kita membuat jadwal pelajaran, data PTK dan Pelajaran muncul.

Contoh JADWAL DAPODIK 2018 berdasarkan data di atas







Terimakasih sudah berkunjung ke Website DOKUMEN-SEKOLAH. Jangan lupa BAGIKAN jika postingan ini bermanfaat, karena Sekecil apapun kebaikan yang kita berikan pada orang lain pasti akan membekas di hati. Energi positif tersebut seakan mengalir dan membuat orang yang sudah kita bantu akan tergugah hati nya untuk melakukan kebaikan pada orang lainnya, sehingga kebaikan itu akan terus mengalir, Ekhem.....

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengisi JADWAL Dapodik 2018 disertai CONTOH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel