√ Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kur-2013
Rabu, 05 Juli 2017
Tambah Komentar
(RPP)
Sekolah : SMP .........
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 x Tatap Muka )
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator
| ||
3.11
|
Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan,
permintaan, dan/atau
permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
|
3.11.1
3.11.2
3.11.3
3.11.4
|
Menentukan informasi dalam surat pribadi
Menentukan informasi dalam surat dinas
Menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi
Menjelaskan ciri-ciri isi surat dinas
|
4.11
|
Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan,
dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan
|
4.11.1
4.11.2
4.11.3
4.11.4
|
Menjawab pertanyaan tentang isi surat pribadi
Menjawab pertanyaan tentang si surat dinas
Menyimpulkan isi surat pribadi
Menyimpulkan isi surat dinas
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran tentang surat pribadi dan surat dinas, siswa diharapkan dapat:
1. menentukan informasi dalam surat pribadi secara benar .
2. menentukan informasi surat dinas secara benar.
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi secara benar.
2. menjelaskan ciri-ciri isi surat dinas secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas dengan, siswa diharapkan dapat:
1. menjawab pertanyaan tentang isi surat pribadi dengan benar.
2. menjawab pertanyaan tentang isi surat dinas dengan benar.
Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa diharapkan dapat:
1. menyimpulkan isi surat pribadi secara benar.
2. menyimpulkan isi surat dinas secara benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian surat
2. Tujuan komunikasi surat
3. Bagian surat pribadi
4. Bagian surat dinas
5. Struktur kebahasaan surat dinas
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
- Saintifik
F. MEDIA/ALAT, BAHAN
1. Media::
- LCD proyektor
2. Bahan :
a. Film “Surat Kecil untukTuhan” bagian 1.
b. Teks surat pribadi
c. Teks surat dinas
G. SUMBER BELAJAR
Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 243-253.
Harsiati,.Titik dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud. Hlm, 117-121.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. .
Wahyudi, Johan. 2011. Terampil Menulis Surat. Solo: Tiga Serangkai.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
- Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
10’
|
Kegiatan Inti
|
- Guru menayangkan judul “Surat Kecil untuk Tuhan”.
- Siswa menuliskan prediksi isi film berdasarkan judul tersebut.
- Guru menayangkan potongan film “Surat Kecil untuk Tuhan”.
- Siswa mengidentifikasi isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media)
- Siswa mengidentifikasi karakter yang dapat diteladani dari potongan film yang ditayangkan. (PPK)
- Siswa menyimpulkan isi bagian film yang ditayangkan. (literasi media).
- Guru menanyakan keterkaitan tayangan film dengan materi yang akan diajarkan.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat orang.
- Siswa dalam kelompok mengamati teks surat pribadi dan teks surat dinas.
- Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai informasi dalam surat pribadi dan surat dinas. (4 C)
- Masing-masing kelompok mencari informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya tentang surat pribadi dan surat dinas. (4C)
- Siswa menuliskan informasi yang diperoleh dari teks surat pribadi dan surat dinas.
- Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C)
- Siswa lain diberi kesempatan untukmenyampaikan tanggapan. (4C)
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
- Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa menerima tugas dari guru untuk menemukan informasi dari surat pribadi dan surat dinas. (HOTS)
- Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
- Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK)
|
10’
|
Pertemuan Kedua
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
- Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru memberikan motivasi kepada siswa
- Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang.
- Siswa membaca dua teks surat pribadi dandinas secara berkelompok (literasi)
- Setiap kelompok mengidentifikasi ciri isi surat pribadi dan surat dinas
- Siswa menuliskan informasi dari dua teks surat dinas.
- Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai ciri-ciri isi surat pribadi dan surat dinas.
- Siswa menukarkan hasil kerja dengan hasil kerja kelompok lain.
- Setiap kelompok memberikan penilaian atas hasil kelompok lain.
- Setiap kelompok menyampaikan hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
|
60’
|
Penutup
|
- Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa menerima tugas dari guru, yaitu membaca contoh-contoh surat pribadi dan surat dinas dari berbagai sumber.
- Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
|
10’
|
Pertemuan Ketiga
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
- Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru menyampaikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
- Guru memberikan motivasi kepada siswa
- Guru dan siswa menyepakati langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4 orang.
- Siswa dalam kelompok membaca beberapa teks surat pribadi.
- Dengan dipandu guru, siswa membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai isi surat pribadi surat dinas yang dibaca
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
- Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentang isi surat pribadi.
|
60’
|
Penutup
|
- Guru memberi penguatan terkait dengan materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas dari berbagai sumber.
- Guru beserta siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
|
10’
|
Pertemuan Keempat
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
- Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
- Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru memberikan motivasi kepada siswa.
- Guru menyampaikan langkah- langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas empat orang.
- Siswa dalam kelompok membaca teks surat dinas.
- Masing-masing kelompok mencari informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi untuk menyimpulkan isi suratpribadi dan surat dinas
- Siswa mempresentasikan simpulan isi suratpribadi dan surat dinas di depan kelas.
- Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan tentang simpulan isi surat pribadi dan surat dinas.
|
60’
|
Penutup
|
- Siswa dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
- Siswa diberi tugas untuk menyimpulkan isisurat pribadi dan surat dinas dari berbagai sumber.
- Guru dan siswa mengakhiri kegiatan belajar mengajar mengucap salam.
|
10’
|
I. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN
1. Teknik Penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis (Uraian)
2) Penugasan (Lembar Kerja)
c. Keterampilan :
Praktik (Penilaian Praktik)
2. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• bimbingan perorangan
• belajar kelompok
• pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuktugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Mengetahui,
Kepala, Guru Mapel,
Nama Kepsek Nama Guru
NIP 1234567890 NIP 1234567890
3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
a. Teknik : kinerja/praktik
b. Indikator soal/Kisi-kisi:
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1.
|
Surat Pribadi
|
Disajikan surat pribadi, siswa mampu
1. menentukan penulis surat pribadi tersebut.
2. menentukan penerima surat pribadi tersebut.
3. menentukan kapan surat pribadi tersebut ditulis
4. menentukan dimana surat pribadi tersebut ditulis
5. menentukan isi surat tersebut ditulis
6. mampu menyimpulkan isii surat pribadi.
|
Uraian
|
1
2
3
4
5
6
|
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1.
|
Surat Dinas
|
Disajikan surat dinas, siswa mampu
1. menentukan penulis surat dinas tersebut.
2. menentukan penerima surat dinas tersebut.
3. menentukan kapan surat dinas tersebut ditulis
4. menentukan dimana surat dinas tersebut ditulis
5. menentukan isi surat tersebut ditulis
6. mampu menyimpulkan isi surat dinas.
|
Uraian
|
1
2
3
4
5
6
|
c. Butir soal
Cermati teks surat pribadi berikut kemudian jawab pertanyaannya!
Malaysia, 11 November 2016
Yth. Ibu Rahmawati
di Yogyakarta
|
Ibu Rahma Bagaimana kabar Ibu? Semoga Ibu sekeluarga senantiasa dalam perlindungan Allah. Ibu mungkin sedikit kaget menerima surat saya. Saya Hendra,Bu, murid yang pernah Ibu marahi karena tidak mengerjakan pekerjaan rumah beberapa kali. Masih kuingat ketika Ibu terpaksa mengundang ibuku ke sekolah. Terima kasih Ibu, sapaan-sapaan Ibu yang kadang kurasakan begitu keras saat itu, ternyata sungguh bermakna dalam hidup saya. Semua Ibu lakukan dengan tulus.
Melalui surat ini saya hanya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan perhatian Ibu sehingga saya memiliki kesempatan mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Alhamdullilah, Bu, saya bisa direkomendasikan oleh kepala sekolah untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini. Saya masih mengharapkan bimbingan dan doa dari Ibu Rahma semoga kegiatan belajar saya selama mengikuti pertukaran pelajar bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.
Mudah-mudahan pada liburan semester berikutnya saya bisa kembali ke Indonesia dan bersilaturahmi ke rumah Ibu bersama dengan kedua orang tua saya untuk mengucapkan terima kasih atas bantuan Ibu selama ini.
Bersama ini pula saya kirimkan cinderamata dari Malaysia yang saya beli pada saat berkunjung ke Johor. Mudah-mudahan Ibu berkenan untuk menerimanya.
Demikian Ibu surat saya dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuan Ibu selama ini.
Hormat saya,
Hendra
Setelah membaca teks surat pribadi tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
1. Siapa penulis surat tersebut?
2. Siapa penerima surat tersebut?
3. Di mana surat tersebut ditulis?
4. Kapan surat tersebut ditulis?
5. Apa isi surat tersebut?
6. Tuliskan simpulan isi surat tersebut dalam satu paragraf!
Pedoman penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 1 dengan benar
|
2
|
2.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 2 dengan benar
|
2
|
3.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 3 dengan benar
|
2
|
4.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 4 dengan benar
|
2
|
5.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 5 dengan benar
|
2
|
6.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 6 dengan benar
|
5
|
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 15) x 100
Cermati teks surat berikut kemudian jawab pertanyaannya!
SMK Negeri 1 Klaten
Jalan Sawah Hijau 234 Polokarto Klaten 52398
Telp. (0272) 7120982
___________________________________
22 Februari 2017
No : 019/SMKN 1 Klaten/02/2015
Lampiran : –
Perihal : Pemberitahuan kegiatan studi lapangan
Yth. Orang tua / Wali Murid
Kelas XII SMK Negeri 1 Klaten
Dengan hormat,
Untuk menambah pemahaman siswa-siswi SMKN 1 Klaten terutama kelas XII maka tentang permesinan, dengan surat ini kami akan menyelenggarakan studi lapangan untuk seluruh siswa-siswi kelas XII.
Kegiatan ini akan diselenggarakan pada
hari/tanggal : Senin, 25 Januari 2016
waktu : 08.00 hingga 13.00 WIB
tempat : PT Logam Metal Mulia Klaten
acara : Pengenalan instrumen mesin
Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, untuk perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.
Kepala Sekolah Drs. Suratmo Jiran
NIP 19690505199512 1 001
|
Setelah membaca teks surat dinas tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
1. Siapa penulis surat tersebut?
2. Siapa penerima surat tersebut?
3. Di mana surat itu dibuat?
4. Kapan surat itu dibuat?
5. Apa isi surat tersebut?
6. Simpulkan isi surat tersebut dalam satu paragraf!
Pedoman penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 1 dengan benar
|
2
|
2.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 2 dengan benar
|
2
|
3.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 3 dengan benar
|
2
|
4.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 4 dengan benar
|
2
|
5.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 5 dengan benar
|
2
|
6.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 6 dengan benar
|
5
|
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 15) x 100
ALTERNATIF JAWABAN
Surat Pribadi
1. Hendra
2. Ibu Rahmawati di Yogyakarta
3. Malaysia
4. Tanggal 11 November 2016
5. Ucapan terimakasih atas bantuan dan perhatian Ibu Rahmawati sehingga Hendra memiliki kesempatan mengubah hidupnya menjadi lebih baik.
6. Hendra, ketika di Malysia pada tanggal 11 November 2016, menulis surat kepada Ibu Rahmawati di Yogyakarta berisiUcapan terimakasih atas bantuan dan perhatian Ibu Rahmawati sehingga Hendra memiliki kesempatan mengubah hidupnya menjadi lebih baik.
Surat Dinas
1. Drs. Suratmo Jiran, Kepala SMKN 1 Klaten
2. Orang tua/ Wali Murid Kelas XII SMK Negeri 1 Klaten
3. Klaten
4. 22 Februari 2017
5. SMK Negeri 1 Klaten berencana akan menyelenggarakan studi lapangan untuk seluruh siswa kelas XII pada hari/tanggal Senin, 25 Januari 2016, pukul 08.00 hingga 13.00 WIB di PT Logam Metal Mulia Klaten untuk pengenalan instrumen mesin
6. Drs. Suratno Jiran, Kepala SMK Negeri 1 Klaten, pada tanggal 22 Februari 2017 memberitahukan kepada orang tua/wali siswa kelas XII SMK Negeri 1 Klaten bahwa SMK Negeri 1 Klaten berencana akan menyelenggarakan studi lapangan untuk seluruh siswa-siswi kelas XII pada hari/tanggal Senin, 25 Januari 2016, pukul 08.00 hingga 13.00 WIB di PT Logam Metal Mulia Klaten untuk pengenalan instrumen mesin
Belum ada Komentar untuk "√ Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Kur-2013"
Posting Komentar