√ Silabus Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016
Minggu, 04 Desember 2016
Tambah Komentar
Kelas X
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
|
.Isi pokok laporan hasil observasi:
· pernyataan umum;
· hal yang dilaporkan;
· deskripsi bagian;
· deskripsi manfaat; dan
· maksud isi teks (tersirat dan tersurat).
|
· Menentukan isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
· Menafsirkan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi.
· Mempresentasikan dan menanggapi teks laporan hasil observasi
|
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
| ||
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
|
Isi pokok teks laporan hasil observasi:
· pernyataan umum;
· deskripsi bagian;
· deskripsi manfaat;
· kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat).
|
· Mengidentifikasi isi,struktur, dan ciri kebahasaan.
· isi, ciri kebahasaandalam teks laporan hasil observasi.
· Menyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan memerhatikanisi, struktur, danciri kebahasaan.
· Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisiteks laporan hasil observasi yang telah disusun.
|
4.2 Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.
| ||
3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
Isi teks eksposisi:
. pernyataan tesis;
. argumen;
. pernyataan ulang; dan
. kebahasaan.
|
· Menggalistruktur, isi,(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar danatau dibaca.
· Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,me-ngomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
| ||
3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
. Struktur teks eksposisi:
. pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
. argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan
. pernyataan ulang.*
· Kebahasaan:
o kalimat nominal dan
o kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
· Pola penalaran:
o deduksi dan
o induksi
|
· Menggali strukturdan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca.
· Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
| ||
3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
· Isi teks anekdot:
o peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik,
· Unsur anekdot:
o peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
|
· Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks anekdot
· Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
· Mempresentasikan, mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun
|
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot.
| ||
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
|
· Isi anekdot
· Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
· Sindiran.
· Unsur humor.
· Kata dan Frasa idiomatis
|
· Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan .
· Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
· Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
|
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
· Karakeristik hikayat.
· Isi hikayat.
· Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
|
· Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat.
· Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
· Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun
|
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
| ||
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
· Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
· Gaya bahasa.
· Kata arkais (kuno).
|
· Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
· Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
· Mempresesntasikan, menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun.
|
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
| ||
3.9 Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
· Ikhtisar
|
· Laporan Hasil Membaca Buku
· Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
· Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisiikhtisaryang dilaporkan.
|
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
| ||
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
Isi teks negosiasi:
· permasalahan;
· pengajuan;
· penawaran;
· persetujuan/ kesepakatan yang tercapai.
|
· Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
· Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
· Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat).
|
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
| ||
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
Struktur teks negosiasi:
§ orientasi dan
§ permasalahan(pengajuan, penawaran, dan persetujuan).
· Kebahasaan
§ pasangan tuturan dalam teks negosisi dan
§ bahasa yang santun.
|
· Menentukanstruktur: orientasi dan permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
· Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi.
· Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikanstruktur teks dan aspek kebahasaan.
· Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisiteks negosiasi yang telah disusun.
|
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan.
| ||
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
|
Debat:
§ esensi debat;
§ mosi (permasalahan yang didebatkan);
§ argumen untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan
§ tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen).
|
· Mengidentifikasipermasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik.
· Melaksanakan debat.
· Mengevaluasi pelaksanaan debat.
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
| ||
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
|
Isi debat:
§ mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan;
§ pernyataan sikap (mendukung atau menolak);
§ argumenasi untuk mendukung sikap.
· Pihak-pihak pelaksana debat:
§ pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
§ tim afirmatif (yang setuju dengan mosi);
§ tim oposisi yang tidak setuju dengan mosi);
§ pemimpin/ wasit debat (yang menjaga tata tertib)’
|
· Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
· Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat.
· Melaksanakan debat.
· Mengevaluasi pelaksanaan debat.
|
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
| ||
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi
|
o Pola penyajian cerita ulang (biografi).
o Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
|
· Mengidentifikasiperistiwa (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh.
· Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi
· Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
|
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.
| ||
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks
biografi.
|
Unsur-unsur biografi:
§ orientasi: (identitas singkat tokoh);
§ rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan
§ Reorientasi :
· Kebahasaan biografi:
§ pronominal;
§ pengacu dan yang diacu; dan
o konjungsi.
|
· Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi.
· Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
· Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman
|
4.15 Menyusun teks biografi tokoh
| ||
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
|
Puisi:
(semua jenis puisi)
§ isi;
§ tema;
§ makna;
§ amanat; dan
§ suasana.
|
· Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca.
· Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).
|
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
| ||
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi.
|
Unsur-unsur pembangun puisi
§ diksi;
§ imaji;
§ kata konkret;
§ gaya bahasa;
§ rima/irama;
§ tipografi;
§ tema/makna (sense);
§ rasa (feeling);
§ nada (tone);dan
· amanat/tujuan/maksud (itention).
|
· Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention). dalam puisi.
· Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis
|
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
| ||
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
Resensi buku.
|
· Membuat Resensi Buku yang Dibaca
· Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca
· Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
· Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis
|
4.18 Mereplikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
|
Belum ada Komentar untuk "√ Silabus Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016"
Posting Komentar