Rabu, 23 November 2016

√ RPP kimia kelas XI Asam Basa Kurikulum K 13

RPP Kimia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : SMA NEGERI .........................
Mata Pelajaran             : Kimia
Kelas/Semester            : XI MIA/Dua  
Materi pokok               : Asam Basa
Sub Materi                   : Perkembangan Konsep Asam Basa
Alokasi Waktu             : 3  JP ( 1 TM)

A.     Kompetensi Inti
KI 1   :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI2   :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli   (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3  :   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4   :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
3.10       Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan
3.10.1       Menjelaskan konsep asam basa menurut Arhenius
3.10.2       Menjelaskan konsep asam basa menurut Bronsted-Lowry
3.10.3       Mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu persamaan reaksi asam basa Bronsted-Lowry
3.10.4       Menjelaskan konsep asam basa menurut Lewis
3.10.5       Mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu persamaan reaksi asam basa Lewis

4.10     Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.
4.10.1   Terampil menyimpulkan hasil diskusi asam basa dalam bentuk laporan


D.   Materi Pembelajaran
Perkembangan konsep asam dan basa
-    Konsep asam basa Arhenius
Asam adalah suatu zat yang bila dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (H+). Asam umumnya merupakan senyawa kovalen. Misalnya gas hidrogen klorida yang merupakan senyawa kovalen, tetapi apabila dilarutkan ke dalam air akan terurai menjadi ion-ionnya.
HCl(aq) + H2O(l) H+(aq) + Cl(aq)
Ion H+ tidak berupa proton bebas akan tetapi terikat pada molekul air, membentuk H3O+(aq) (ion hidronium). Akan tetapi untuk kepraktisan di sini kita akan menuliskannya
sebagai H+ saja.
Basa adalah suatu senyawa yang jika dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion OH. Yang menyebabkan sifat basa adalah ion OH.
Contoh:
NaOH merupakan suatu basa sebab dapat melepaskan OH– jika dilarutkan ke dalam
air.
                             NaOH(aq) →Na+(aq) + OH(aq)
-          Konsep asam basa Bronsted-Lowry
`       Teori Arrhenius ternyata hanya berlaku pada larutan dalam air. Teori ini tidak dapat menjelaskan fenomena pada reaksi tanpa pelarut atau dengan pelarut bukan air. Pada tahun 1923, Brönsted – Lowry mengungkapkan bahwa sifat asam – basa ditentukan oleh kemempuan senyawa untuk melepas / menerima proton (H+). Menurut Brönsted – Lowry, asam adalah senyawa yang memberi proton (H+) kepada senyawa lain.

Contoh : HCl  +  H
2O   -->   H3O+  +  Cl- 

Sedangkan basa adalah senyawa yang menerima proton (H+) dari senyawa lain.

                    Contoh : NH3  +  H2O  --> NH4+  +  OH-

Dalam larutan, asam / basa lemah akan membentuk kesetimbangan dengan pelarutnya. Misalnya HF dalam pelarut air dan NH3 dalam air.


Pasangan a1 – b2 dan a2 – b1 merupakan pasangan asam – basa konjugasi.
    Ø    Asam konjugasi : asam yang terbentuk dari basa yang menerima proton
Ø    Basa konjugasi : basa yang terbentuk dari asam yang melepas proton
Teori Brönsted – Lowry memperkenalkan adanya zat yang dapat bersifat asam maupun basa, yang disebut sebagai zat amfoter. Contohnya adalah air. Di dalam larutan basa, air akan bersifat asam dan mengeluarkan ion positif (H3O+). Sedangkan dalam larutan asam, air akan bersifat basa dan mengeluarkan ion negatif (OH-).

-          Konsep asam basa Lewis
Menurut Lewis, 
Ø    Asam : - senyawa yang menerima pasangan elektron
 senyawa dengan elektron valensi.
Ø    Basa : - senyawa yang mendonorkan pasangan elektron
 mempunyai pasangan elektron bebas
Contoh : Reaksi antara NH
3 dan BF3
            H
3N :  +  BF3   --> H3NàBF3
Nitrogen mendonorkan pasangan elektron bebas kepada boron. Pasangan elektron bebas yang didonorkan ditandai dengan tanda panah antara atom nitrogen dan boron.
Kelebihan teori Lewis ini adalah dapat menjelaskan reaksi penetralan yang dilakukan tanpa air. Misalnya pada reaksi antara Na
2O dan SO3. Menurut Arrhenius, reaksi penetralan ini harus dilakukan dalam air.

E. Strategi Pembelajaran Pembelajaran:
          a.       Pendekatan                        : Saintifik
          b.      Model                    : Problem Based Learning (direkomendasikan menggunakan model lain)
          c.       Metode                  : Tanya jawab, diskusi, dan penugasan

      F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
            a.      Media  belajar       : Power point
            b.      Alat                       : Lembar Diskusi Siswa (LDS)
            c.       Sumber Belajar     : Buku  KIMIA Kurikulum 2013 SMA Kelas XI
                                          Buku KIMIA sumber lain yang relevan  
                                   Internet

     G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah PBL
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahu-luan
Orientasi siswa pada masalah






Mengorgani-sasi siswa dalam belajar

-    Siswa Berdoa
-    Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar
-    Prasyarat: Siswa menyelesaikan persamaan reaksi ionisasi dari HCl dan NaOH
-    Memotivasi siswa dengan memperlihatkan buah jeruk dan pare.
-    Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajariperkembangan konsep asam basa
-      Membentuk kelompok belajar secara heterogen
-        Peserta didik menerima informasi kegiatan yang harus dilakukan, yaitu untuk mendiskusikanperkembangan konsep asam basa yang informasinya dibaca pada buku kimia kelas XI  atau dari internet melalui handphone dengan situshttps://hendragurukimia.wordpress.com
20 menit
Kegiatan Inti
Membimbing penyelidikan siswa 


Mengembang-kan dan menyajikan hasil karya
-      Mendiskusikan perkembangan konsep asam basa
-      mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu reaksi asam basa Bronsted Lowry dan Lewis melalui diskusi

-      Mengaplikasikan konsep asam basa ke dalam soal.
-      Membuat laporan secara sistematis dan benar
  80 menit



Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
-      Diskusi kelas untuk menganalisis hasil  pemecahan masalah dan menyamakan persepsi perkembangan konsep asam basa berikut contoh asam basa menurut Arhenius, Bronsted Lowry dan Lewis.
20 menit
·     Penutup
·      
-        Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-        Guru bersama siswa menyimpulkan perkembangan konsep asam basa
-        Guru memberikan penghargaan  kepada kelompokyang berkinerja baik
-        penugasan
15  menit

H.  Penilaian
     1.    Jenis/Teknik penilaian 
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1.
Sikap
-          Observasi diskusi kelompok
  Lembar Observasi
-   Penilaian Diri
-   Penilaian antar Peserta didik
-   Jurnal
2.
Pengetahuan
-          Penugasan
-          Tes Tertulis
-    Soal Penugasan
-    Soal Uraian
3.
Keterampilan
-           
-    portofolio


     2.    Instrumen Penilaian
a.    Instrumen Penilaian Sikap
Indikator:  
·      Berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran
·      Menunjukkan sikap kritis, rasa ingin tahu, ulet, bertanggung jawab

a)      Observasi
No
Nama Siswa
Mengamalkan ajaran agama
kritis
Rasa ingin tahu
ulet
Bertanggung jawab
JumlahSkor
1.
................
2.
................
...

Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:.
Skor 1,  jika  tidak pernah berperilaku  dalam kegiatan  
Skor 2, jika kadang-kadang  berperilaku dalam kegiatan  
Skor 3, jika  sering berperilaku  dalam kegiatan  
Skor 4, jika selalu  berperilaku  dalam kegiatan
Penilaian  sikap untuk setiap peserta didik dapat  menggunakan rumus dan predikat berikut
PREDIKAT
NILAI
Sangat  Baik ( SB)
 80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
 60 ≤ C  ≤ 69
Kurang (K)
<60







Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Penilaian diri   dilakukan oleh peserta didik  pada setiap selesai mempelajari satu KDatau pada saat telah menyelesaikan tugas tertentu, 

No 
Pernyataan
Sudah memahami
Belum memahami
1.
Memahami asam basa menurut Arhenius
2.
Memahami asam basa menurut Bronsted-Lowry 
3.
Memahami asam basa menurut Lewis

c)      Antar Peserta Didik
                                                      Penilaian antar Peserta Didik
Topik/Subtopik: Perkembangan konsep asam basa
Tanggal Penilaian: .....................................
Nama Teman yang dinilai: ........................
Nama Penilai:............................................
       Amati perilaku temanmu dengan cermat selamat mengikuti pembelajaran  Kimia
-        Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
-        Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu
No
Perilaku
Dilakukan/muncul
YA
TIDAK
1.
Mau menerima pendapat teman
2.
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya
3.
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan
4.
Mau bekerjasama dengan semua teman
5.
Menyontek pekerjaan teman
6.
Mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok
7.
Mengumpulkan tugas tepat waktunya

            Pengolahan Penilaian:
1.    Perilaku/sikap  pada instrumen di atas ada yang positif (no 1. 2dan 4)  dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perlaku positif ya= 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif  Ya = 1  dan Tidak = 2
2.    Selanjutnya  guru dapat membuat rekapitulasi  hasil penilaian menggunakan format berikut.
No
Nama
Skor Perilaku 
Jumlah
Nilai
1
2
3
4
5
1
…….
2
3

Nilai  peserta didik dapat menggunakan rumus:
d)      Jurnal
JURNAL
Nama Peserta Didik: …………...........................................……..
Kelas:   .....................................................................................
Aspek yang diamati: ………...........................................………..

NO
HARI/TANGGAL
KEJADIAN
KETERANGAN/
TINDAK LANJUT
1.
...

b.    Instrumen Penilaian Pengetahuan
No
Indikator Soal
Soal
Jawaban
Skor
1
Menjelaskan konsep asam basa menurut Arhenius
Jelaskan konsep asam basa menurut Arhenius!
Asam adalah suatu zat yang bila dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (H+)
Basa adalah suatu zat yang bila dilarutkan ke dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (OH-)
10
2
Menjelaskan konsep asam basa menurut Bronsted-Lowry
Jelaskan konsep asam basa menurut Bronsted Lowry!
asam adalah senyawa yang memberi proton (H+) kepada senyawa lain.
basa adalah senyawa yang menerima proton (H+) dari senyawa lain.
10
3
Menjelaskan konsep asam basa menurut Lewis
Jelaskan konsep asam basa menurut Lewis!
Asam adalah senyawa yang menerima pasangan elektron senyawa dengan elektron valensi.
Basa
 adalah senyawa yang mendonorkan pasangan elektronmempunyai pasangan elektron bebas
10
4
Menuliskan reaksi ionisasi asam basa Arhenius
Tuliskan reaksi ionisasi  asam dan basa menurut definisi asam basa arhenius?
a.     KOH
b.     
c.     
a)    KOH  K+ OH-
b)   →2H+ 
c)     →H+ + -
20
5
Mengidentifikasi spesi asam, basa, asam konjugasi, basa konjugasi dari suatu reaksi asam basa Bronsted-Lowry
Tentukan asam, basa, asam konjugasi, dan  basa konjugasi dari reaksi berikut :
 +  ↔  + 
 +  ↔  + 
Basa     asam        asam          basa
                           Konjugasi   Konjugasi
20
6
Mengidentifikasi spesi asam basa dari suatu reaksi asam basa Lewis
Tentukan asam dan basa menurut Lewis dari reaksi berikut:
 +  → 

 +  → 
Asam   Basa
15

         
c.       Tes Penugasan
Diskusikan  dengan teman sekelompokmu mengapa noda tinta pada pakaian dapat dibersihkan dengan larutan asam, karat besi lebih mudah dibersihkan dengan larutan asam, dan sayur asam tidak boleh disimpan dalam panci  aluminium? Jelaskan dengan konsep asam basa!

c.     Instrumen Penilaian Keterampilan
Indikator:  Membuat laporan diskusi
Portofolio
Mata Pelajaran   :   Kimia
Kelas/Semester    :   XI / 2
Peminatan            :   Matematika dan Ilmu Alam
Tahun Ajaran      :   2014/2015
Judul portofolio   :   Pelaporan hasil diskusi
Tujuan :       Peserta didik terampil menyimpulkan hasil diskusi asam basa dalam bentuk laporan

Ruang lingkup     :
Karya portofolio yang dikumpulkan adalah laporan seluruh hasil  diskusi perkembangan konsep asam basa
Uraian tugas portofolio 
1.       Buatlah laporan diskusi perkembangan konsep asam basa
2.       Setiap laporan dikumpulkan selambat-lambatnya sehari setelah peserta didik melaksanakan tugas
d.      Instrumen Penilaian Portofolio
Nama                           :
Kelas/Nama Kelompok            :
No
Aspek
Skor
Kriteria
Total
1
Keaslian/keautentikan pekerjaan
Buatan kelompok sendiri : 2
Dibantu ± 10%  : 1
2
Kesesuian tugas/hasil yang dikumpulkan dengan penugasan
Sesuai > 80 % : 3
Sesuai 60% - 80% : 2
Sesuai < 60% : 1
3
Kelengkapan tugas/hasil
Lengkap : 2
Kurang lengkap : 1
4
Kesesuaian rentang waktu (4 minggu)
Tepat waktu : 3
Terlambat 1-3 hari : 2
Terlambat 1 minggu : 1
5
Kualitas (dapat digunakan/tidak)
Baik : 3
Sedang : 2
Kurang baik : 1
Total
Maksimum : 13

Nilai =  x 100
        

√ RPP kimia kelas XI Asam Basa Kurikulum K 13 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Posting Komentar