Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

Selasa, 09 Oktober 2018

Teknik Dasar Bola Basket untuk Pemula Lengkap Gambar

Teknik Dasar Bola Basket – Kembali lagi di portal rumahulin, tempatnya berbagai informasi menarik. Kali ini rumah ulin akan membahas mengenai salah satu olah raga yang sangat digandrungi dan di cap sebagai salah satu oleh keren, yakni basket.
Pada artikel yang akan dijelaskan di bawah ini yakni mengenai permainan dasar dasar bola basket yang wajib kamu kuasa beberapa tekniknya jika ingin tahu cara bermain bola basket. Teknik bola basket ini bisa kamu gunakan sehingga dapat bermain basket dengan baik dan benar.
Di dalam artikel ini juga akan diberi penjelasan dengan detail lalu ditambahkan gambar-gambar pendukung agar pembaca lebih mudah dan memahami apa yang dijelaskan.
Simak artikel dibawah ini dengan benar yaa jika kamu ingin menjadi pemain bola basket yang jago.

Pengertian Bola Basket

Bola basket adalah sebuah permainan yang dilakukan secara tim, terdiri dari 5 orang dalam setiap tim. Satu pertandingan bola basket ini terdiri dari 4 quarter.
Cara permainan bola basket ini adalah secara tim maka harus bermain secara kolektif dan sudah pastinya membutuhkan pemahaman mengenai teknik dasar yang baik dan benar, terlebih dalam permainan basket terdapat 2 macam poin yang diterapkan ketika kamu memasukkan bola basket kedalam ring.
Untuk memenangkan suatu pertandingan kamu bisa memaksimalkan teknik dasar berikut ini agar bisa mencetak 3 poin dan 2 poin dengan optimal. Karena jika kita melakukan shooting dan tidak masuk, itu sama saja dengan membuang kesempatan dalam menambah poin untuk tim.
Berikut ini adalah Teknik dasar bola basket yang bisa kamu coba dan praktikan. Lakukan dengan baik dan benar agar setiap teknik teknik dasar permainan bola basket bisa dikuasi dengan sempurna.

Teknik Dasar Bola Basket

teknik dasar bola basket
Berpendidikan.web.id
Bola basket ini adalah olah raga yang dimainkan pada lapangan dengan berukuran panjang 26 meter dan lebar 14 meter. Olahraga basket ini dimainkan dalam 4 quarter dengan masing masing permainan memiliki waktu 10 menit.
Sama seperti cabang olahraga lain, olahraga basket juga terdapat istirahat dalam setiap quarternya, dalam sesi istirahat ini para pemain bola basket diberikan waktu untuk memulihkan tenaga sambil mendengarkan arahan pelatih setelah melakukan evaluasi sepanjang permainan berlangsung.
Teknik dasar permainan bola basket ini jika tidak dikuasai dengan benar maka dapat menguras tenaga karena dilakukan tidak sesuai teorinya. Stamina dalam suatu tim akan terkuras habis dan bisa menyebabkan kehilangan banyak poin sehingga berujung kekalahan.
Maka dari itu dalam melakukan teknik dasar bola basket ini harus serius dan sungguh-sungguh agar teknik bisa dikuasai dengan baik dan benar. Teknik dasar bola basket ini sebaiknya dilatih setiap hari agar kamu semakin terbiasa.
Berikut ini cara bermain bola basket dan 3 teknik dasar permainan bola basket beserta gambarnya:

Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)

teknik dasar bola basket
Bacaterus.web.id
Teknik dasar bola basket yang pertama adalah dribbling, tujuannya sama dengan teknik dribbling pada sepak bola, yakni untuk membawa bola menghindari lawan dan menyerang lawan.
Perbedaannya adalah dribbling pada bola basket dilakukan dengan memantul-mantulkan bola dengan satu telapak tangan terbuka, bukan menggunakan kaki seperti halnya pada permainan sepak bola.
Aturan teknik bola basket ini jangan pernah menggunakan dua tangan untuk menggiring bola basket dan jangan menggunakan tangan yang mengepal. Ada dua jenis teknik dribbling dalam basket, yakni :

Teknik Dasar Dribble Basket Tinggi

Teknik Dasar Dribble Tinggi dipakai untuk menggiring bola secara cepat memasuki pertahanan lawan dengan cara jalan cepat atau lari, teknik bola basket ini dipakai saat pemain bola basket lawan cukup jauh dari pemegang bola.

Teknik Dasar Dribble Basket Rendah

Teknik dasar basket ini dipakai untuk mempertahankan bola dari rebutan tim musuh. Teknik dasar basket ini dipakai ketika kamu sedang berhadapan langsung dengan lawan dan ingin membuat sebuah akselerasi yang memanfaatkan celah yang dibuat oleh lawan ketika lengah.
Jika kamu berhasil melakukan akselerasi dengan cepat dan berhasil melewati lawan, maka kamu akan terlihat keren dan hebat oleh para penonton. Tapi, cara bermain basket ini cukup sulit.

Teknik Dasar Mengoper Bola (Passing)

teknik dasar bola basket
Ilmupedia.web.id
Teknik mengoper bola basket (Passing) adalah teknik dasar dari olahraga bola basket yang harus kamu pelajari dan kuasai dengan benar agar bisa bermain secara kolektif dan efektif. Teknik dasar basket ini berupa gerakan melempar bola kepada teman satu tim.
Passing bisa dilakukan dengan memakai dua tangan atau satu tangan saja. Tujuan dari teknik basket ini yakni untuk mempertahankan bola dari rebutan lawan dan menyusun pola serangan dengan berbagai terobosan serta akselerasi atau gerakan tipuan untuk mengelabui lawan.
Teknik dasar permainan bola basket ini terdapat 6 macam, berikut ini adalah penjelasan secara rincinya;

Teknik Chest Pass

Teknik passing chest pass ini dilakukan dengan cara posisi bola didepan dada, teknik basket ini pada umumnya menggunakan lemparan dua tangan dan tujuan dari teknik chest pass ini adalah operan lurus terhadap teman yang satu tim.
Teknik chest pass adalah teknik paling sederhana dengan tingkat akurasi paling tinggi ketika kamu memberikan operan lurus kepada teman satu tim. Salah satu tips untuk menghindari gerakan yang terbaca oleh lawan adalah cara menggunakan gerakan tipuan.
Kamu bisa mencoba untuk tidak melihat pergerakan teman secara langsung, karena hal ini akan membuat lawan lebih mudah untuk membaca pergerakan kamu.

Teknik Overhead Pass

Teknik passing overhead pass ini dilakukan dengan cara posisi bola dari atas kepala. Operan-operan jenis ini dilakukan saat counter attack dengan cara melemparkan bola jauh ke daerah pertahanan lawan.
Teknik permainan bola basket ini juga bisa kamu gunakan ketika mendapatkan pengawalan yang cukup ketat oleh lawan.
Teknik permainan bola basket lengkap ini bisa menjadi solusi yang tepat agar bola tidak direbut oleh lawan, ketika kamu tidak bisa memberi operan yang matang kepada teman dalam satu tim.

Teknik Under Pass

Teknik passing under pass ini dilakukan dari bawah kurang lebihnya setinggi pinggang dengan bola diarahkan secara lurus kepada teman satu tim, teknik permainan bola basket bisa kamu pakai saat akan melakukan operan jarak pendek.
Meskipun teknik bermain bola basket ini terbilang cukup aman, namun tetap saja harus berhati-hati dan melihat posisi serta pergerakan lawan, karena jika kamu ceroboh maka bisa saja bola terebut oleh lawan.

Teknik Baseball Pass

Teknik dasar dalam permainan bola basket diberi nama baseball pass karena gerakannya sangat menyerupai lemparan baseball. Lemparan ini dilakukan dengan cara menggunkan tenaga yang cukup kuat hanya dengan satu tangan saja. Teknik dasar bermain basket sering dipakai untuk mengecoh lawan dengan lemparan secara tiba-tiba dan tak terduga.
Banyak sekali pemain basket yang menggunakan teknik teknik dalam permainan bola basket ini untuk melakukan gerakan tipuan berupa lompatan saat ingin memasukkan bola, namun akhirnya bola hanya diumpankan ke teman yang memiliki posisi yang lebih bagus

Teknik Bounce Pass

Teknik passing bounce pass ini dilakukan dengan cara memantulkan bola kebawah lalu diterima oleh teman satu tim, teknik bounce pass sebenarnya dilakukan untuk menghindari hadangan lawan.
Alasan menggunakan teknik bounce pass sebenarnya sama dengan chest pass tapi berbeda cara melakukannya. Hadangan lawan yang melakukan teknik block terhadap laju.
Kelebihan teknik bounce pass yakni kamu bisa mengecoh lawan dengan operan pantulan bola. Namun memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan chest pass. Yaitu tidak bisa melakukan operan jauh karena laju bola tidak secepat chest pass dan sangat sulit untuk membuat pantulan hingga jarak jauh

Teknik Hook Pass

Teknik passing hook pass ini dilakukan menggunakan satu tangan yang membentuk seperti hook (pancing, kait). Lekukan lengan ke atas melewati bahu. Kamu harus melepaskan bola di depan wajah kamu untuk operan datar, atau lebih jauh menuju bahu kamu untuk operan yang lebih tinggi.
Teknik ini biasanya digunakan apabila kamu beradapan dengan lawan yang memberikan pertahanan yang defensif. Misalnya saja ada dua defender yang menghadang kamu.
Teknik ini juga bisa digunakan apabila lawan memotong sudut ketika kamu seharusnya melakukan operan langsung. Ataupun direct passing kepada teman kamu.

Teknik Pivot

teknik dasar bola basket
Cintaindonesia.web.id
Teknik pivot ini adalah dasar tumpuan badan dalam teknik basket. Teknik pivot pada umumnya digunakan untuk melakukan gerakan mengecoh lawan. Yakni dengan cara mengerakkan badan dengan tumpuan salah satu kaki dengan kedua tangan yang menjaga bola dari rebutan lawan.
Aturan melakukan teknik pivot yakni tidak boleh menggeser kaki yang menjadi tumpuan ketika memutar badan. Usahakan kamu memilih kaki yang terkuat untuk menjadi tumpuan ketika kamu memutar badan.
Hal ini dilakukan ketika gerakan mengecoh lawan, kamu boleh menggerakan kaki yang lain asalkan kaki tumpuan tidak bergeser.

Teknik Melempar Bola (Shooting)

teknik dasar bola basket
Budayanusantara.web.id
Sama seperti dalam olahraga sepak bola, tim yang menang adalah tim yang dapat memiliki skor paling banyak. Untuk mendapatkan skor yang tinggi maka dalam olahraga basket harus bisa memasukan bola ke dalam ring. Teknik yang wajib dipakai adalah teknik shooting.
Dalam permianan basket tentu saja kamu memerlukan shooting / tembakan langsung ke ring bola basket untuk mencetak poin. Shooting adalah teknik dasar permainan bola basket yang wajib kamu kuasai untuk mendapatkan poin demi poin.
Terdapat beberapa macam teknik shooting dalam permainan basket, sehingga kamu bisa mencoba satu per satu teknik ini agar bola bisa masuk ke dalam ring.
  1. Menembak dengan teknik jump shot (disertai dengan lompatan)
  2. Menembak dengan teknik lay up ( gerakan lari, langkah dan meloncat)
  3. Menembak dengan teknik set shoot (posisi berdiri diam ditempat) dengan satu tangan
  4. Menembak dengan teknik set shoot dua tangan.
***
Itulah kumpulan teknik dasar bola basket yang sudah rumahulin jelaskan secara rinci. Kamu juga bisa menonton video yang ada (akan update). Agar lebih menguasai dan sebagai contoh dan acuan agar lebih mudah dalam mempelajari teknik dasar bola basket ini. Selamat mencoba
teknik dasar bola basket / teknik dasar permainan bola basket / teknik bola basket / teknik dasar basket / teknik basket / teknik permainan bola basket / cara bermain bola basket / cara bermain basket / olahraga basket / permainan basket / permainan bola basket / pemain bola basket

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar