Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

Selasa, 09 Oktober 2018

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola yang Harus Kamu Kuasai

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola – Mungkin kebanyakan orang sudah mengetahui, bahwa sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang mengandalkan strategi, kemampuan dan kecepatan. Agar dapat bermain sepak bola dengan lihai, kamu perlu menguasai beberapa teknik dasar di dalam permainan ini.
Jika kamu hanya mengandalkan kemampuan tubuhmu saja dan juga kecepatan tanpa belajar teknik dasar permainan sepak bola, tentunya kamu akan merasa kesulitan ketika bermain sepak bola. Apalagi jika tidak pernah latihan fisik sepak bola  sama sekali.
Padahal, jenis olahraga yang satu ini bukan hanya untuk kaum pria saja. Tapi, ada juga sepak bola wanita, mereka bermain bola layaknya para pria.
Oleh karena itu, di dalam artikel ini, kami akan membahas tentang teknik dasar sepak bola serta pengertian sepakbola dan penjelasannya secara lengkap. tentunya supaya kamu dapat menjadi pemain sepak bola yang handal. Berikut ini materi permainan sepak bola lengkap:

Pengertian Sepak Bola dan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Pengertian sepak bola berasal dari dua suku kata, yaitu kata “Sepak” dan “Bola”. Sepak atau meyepak bisa diartikan dengan menendang menggunakan kaki. Sedangkan “bola” adalah alat permainan yang memiliki bentuk bulat dan berbahan kulit, karet atau sejenisnya.
Dalam sebuah permainan sepak bola, bola akan disepak/tendang oleh pemain dilapangan. Jadi, pengertian Sepak bola adalah jenis permainan yang dimainkan dengan cara menendang sebuah bola kesana kemari yang dilakukan oleh para pemaian. Tujuan permainan sepak bola ini adalah memasukan bola ke gawang lawan.
Setelah kamu mengetahui apa itu pengertian permainan sepak bola dan tujuan sepak bola selanjutnya adalah teknik dasar permainan sepak bola. Untuk teknik teknik dasar dalam permainan sepak bola bisa diartikan sebagai gerak dasar yang wajib dikuasai oleh para pemain sepak bola.
Agar cara bermain sepak bola kamu lebih baik lagi. Kamu sangat perlu berlatih teknik teknik dasar dalam permainan sepak bola. Berikut ini macam macam teknik dasar sepak bola atau teknik dasar permainan sepak bola yang wajib dikuasai oleh para pemain sepak bola seperti:

1. Teknik Dasar Menggiring Bola / Dribbling

teknik dasar permainan sepak bola
Ilmupedia.web.id
Teknik permainan sepak bola dengan menggiring bola atau istilah dalam permainan sepak bola disebut Dribbling merupakan gerakan dalam membawa bola. Gerakan ini dilakukan dengan memakai kaki agar bisa sampai ke daerah tim lawan serta menerobos pertahanan pemain lawan.
Kemampuan di dalam menguasai teknik dasar sepak bola untuk menggiring bola ini haruslah dipelajari oleh seorang pemain yang baik. Dikarenakan menggiring bola / dribbling termasuk skill individu yang harus dikuasai untuk setiap pemain.
Pada saat di dalam permainan kamu tidak mendapati teman yang bisa dioper, kamu harus bisa menggiring bola tersebut. Selain itu, teknik gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menggiring bola.
Menurut situasi dan kondisinya, menggiring bola atau dribble itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Speed dribbling, ialah teknik bermain bola agar menggiring bola yang dilakukan dengan cara menendang bola ke depan, setelah itu kita mengejarnya dengan cara berlari secepatnya. Namun, syaratnya kita harus dalam posisi bebas dari desakan pemain musuh.
  2. Closed dribbling, ialah teknik teknik permainan bola sepak agar menggiring bola dilakukan dengan cara mengontrol penuh bola pada saat bola sedang tidak berada dalam posisi aman dari pemain musuh. Di dalam teknik permainan sepak bola ini, bola tidak dapat lebih dari 1 m berada di depan kaki kita.
Tips dan trik dalam dribbling
  1. Jangan sering dribbling bola di sepertiga lapangan. Kamu dapat lebih leluasa dribbling di sepertiga lapangan lawan.
  2. Pada saat menggiring bola, apabila lawan mengikutimu dari samping. Maka teknik dasar permainan sepak bola seperti berbalik atau turning dapat menolongmu untuk mengecoh lawan.
  3. Pada saat kamu menggiring bola namun terdapat lawan di depanmu, janganlah terburu-buru dalam memberikan umpan, walaupun jarakmu dengan lawan masih jauh.
  4. Pada saat dribbling bola, apabila mendapati pemain musuh menghadang di depanmu maka umpankanlah bola pada rekan ataupun lewatilah pemain musuh yang berusaha menghadang tersebut.
  5. Menggiring bola dapat dilakukan ke arah mana saja, termasuk ke arah belakang jika diperlukan, contohnya untuk mencari dan membentuk gabungan yang lebih bagus.
  6. Walaupun gerakan menggiring bola pada permainan sepak bola dilakukan saat tidak ada musuh. Tetapi saling mengoper lebih baik agar kerja sama tim terjaga.

2. Teknik Menendang Bola / Kicking

teknik dasar permainan sepak bola
Berpendidikan.web.id
Pada dasarnya, terdapat 7 teknik menendang bola. Dan sebagian dari beberapa teknik itu sering kali kita lakukan, namun tidak banyak yang membutuhkan latihan tersendiri. Berikut ini teknik teknik menendang bola atau cara shooting sepak bola yang benar :
  1. Menendang bola dengan memakai ujung sepatu atau jari kaki
  2. Menendang bola dengan memakai tumit
  3. Menendang bola dengan memakai punggung sisi dalam kaki
  4. Menendang bola dengan memakai punggung kaki / kura-kura
  5. Menendang bola dengan memakai sisi luar kaki
  6. Menendang bola dengan sisi dalam kaki
Berikut ini cara menguasai teknik menendang bola dengan memakai bagian dalam:
  1. Waktu menendang bola posisi badan condong ke arah bola
  2. Posisikan kaki bagian kiri bertumpu tepat di samping bola namun lutut agak sedikit ditekuk
  3. Pastikan tubuh agak sedikit condong ke arah belakang
  4. Untuk menjaga keseimbangan, agak tekuk sedikit kedua tangan di samping badan.
  5. Fokuslah pada arah bola serta pada target tembakmu.
  6. Arahkan bola tepat pada bagian tengahnya dengan memakai bagian dalam dari kaki.
  7. Lalu, ayunkan kaki kanan dari belakang menuju depan, lalu tendang bolanya dengan target bola berada pada bagian samping
  8. Sesudah menendang, tumpu berat badan ke kaki kanan ataupun yang digunakan untuk menendang.
  9. Mendarat dengan baik dengan cara dahulukan kaki kanan.
Cara shooting sepak bola yang benar sangatlah penting jika kamu ingin menjadi penyerang. Jadi, jika kamu ditanya bagaimana teknik menendang bola dalam permainan sepak bola. Maka jawaban persis seperti yang sudah dijelaskan tadi.

3. Teknik Dasar Mengumpan Bola / Passing

teknik dasar permainan sepak bola
Bacaterus.web.id
Dalam penguasaan teknik mengumpan dan juga menerima bola adalah salah satu hal terpenting dalam permainan sepak bola. Siapa yang tidak dapat melakukan umpan atau dalam istilah sepak bola disebut passing, maka, sama halnya dengan tidak bisa bermain sepak bola.
Mengapa? Dikarenakan teknik mengumpan lebih efektif dibandingkan menggiring bola.
Berikut ini macam macam passing dalam sepak bola :
  1. Teknik umpan bola memakai kaki bagian dalam
  2. Teknik umpan bola memakai kaki bagian luar
  3. Teknik umpan bola memakai punggung kaki
Teknik dasar permainan sepak bola ini pada umumnya sering pakai guna memberikan bola pada jarak pendek. Yaitu diantara pemain dengan pemain yang lainnya.
Berikut ini langkah-langkah teknik umpan bola dengan memakai kaki bagian dalam.
Sikap Awal
  • Sikap awal yang perlu dilakukan yaitu sikap berdiri menghadap arah gerak.
  • Posisikan kaki tumpu disamping bola dengan sikap lutut agak tertekuk serta bahu menghadap arah gerakan.
  • Posisi kedua lengan berada disamping badan sedikit agak terlentang.
  • Pergelangan kaki yang akan dipakai menendang di putar ke luar serta dikunci.
  • Pandangan fokus pada bola
Gerakan Mengumpan Bola
  • Hal yang terpenting yaitu memerhatikan kesiapan teman yang akan diberi bola.
  • Tarik tungkai kaki yang akan dipakai guna menendang ke belakang kemudian ayun ke depan ke arah bola.
  • Tendang bola dengan kaki bagian dalam tepat di tengah-tengah bola.
Sikap Akhir
  • Berat badan dipindahkan ke kaki dan tumpu depan berbarengan kaki yang dipakai menendang diposisikan di depan.
  • Pandangan lurus ke depan.
Karena teknik gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah mengumpan bola. Jadi kamu perlu mengasah macam macam passing dalam sepak bola agar lebih baik lagi.

4. Teknik Menghentikan Bola / Stopping

teknik dasar permainan sepak bola
Kampungilmu.web.id
Teknik sepak bola untuk stopping merupakan salah satu teknik dasar sepak bola yang dalam penggunaannya dibarengi dengan teknik menendang bola.
Tujuan dari teknik menghentikan bola yaitu agar bisa mengontrol bola, selain itu teknik ini digunakan sebagai pengatur tempo permainan, mempermudah dalam passing dan sebagai pengalih laju permainan.
Terdapat beberapa cara menghentikan bola dalam permainan sepak bola. Yaitu dengan memakai perut, paha, dada, punggung kaki, telapak kaki, kaki bagian luar dan dalam.

5. Teknik Dasar Menyundul Bola / Heading

teknik dasar permainan sepak bola
Fungsi dari menyundul bola dalam sebuah permaina sepak bola yaitu membuang bola, mematahkan serangan lawan, mencetak gol dan mengoper. Banyak gol yang tercipta dalam sebuah permainan sepak bola dari hasil teknik menyundul bola.
Dalam teknik dasar sepak bola para pemain perlu mempelajari cara menyundul bola dengan menggunkan dahi. Bukan dengan memakai ubun-ubun kepala.
Pemain pun diharuskan sadar bahwasanya mereka yang akan menyundul bola, bukanlah bola yang tepat mengenainya. Ditinjau dari posisi badannya, menyundul bola bisa dilakukan sembari berdiri serta melompat atau meloncat.

6. Teknik Dasar Menyapu Bola / Sliding Tackle

teknik dasar permainan sepak bola
Teknik dasar sepak bola yang satu ini merupakan suatu gerakan guna merebut bola yang sebenarnya cukup rawan dalam melakukannya, sehingga berisiko memperoleh kartu pelanggaran. Teknik yang perlu dipelajari ialah meluncur dengan cara menjatuhkan badan ke rumput.
Kamu pun perlu lebih memerhatikan waktu yang tepat dalam melakukan sliding tackle. Karena, salah sedikit di dalam memperkirakan waktu, bisa memperoleh kartu dari wasit. Teknik dasar main bola yang satu ini juga sering dipakai oleh pemain belakang.
Hal yang tak dibolehkan dalam melakukan teknik dasar permainan sepak bola sliding tackle yaitu melakukannya tepat di belakang lawan. Atau mengangkat kaki ke atas pada saat melakukan tackle dan takcle dengan teknik menggunting. Karena hal ini melanggar peraturan permainan sepak bola.
Jika peraturan sepak bola dilanggar, hal ini bisa sangat merugikan bagi diri sendiri dan juga tim. Jadi, tetap jaga sportifitas dan jauhi pelanggaran sepak bola.

7. Teknik Dasar Merebut Bola / Intercepting

teknik dasar permainan sepak bola
Teknik dasar sepak bola ini perlu dilakukan dengan teman tim, dikarenakan sesuai dengan namanya ialah merebut bola dari kaki musuh. Kamu pun harus mempelajari membaca gerakan lawan dan usahakan untuk membaca gerakan bola dibandingkan dengan cara menghadang secara fisik musuh.

8. Teknik Dasar Menangkap Bola / Goal Keeping

teknik dasar permainan sepak bola
Teknik dasar sepak bola selanjutnya adalah menangkap bola, hal ini dapat berlaku untuk kiper saja. Sudah seharusnya dalam suatu permainan sepak bola pemain tak boleh menyentuh bola dengan memakai tangan, kecuali hanya penjaga gawang.
Latihan umum yang harus dilakukan yaitu menangkap bola dari kiri atau kanan, dapat pula dengan melakukan tendangan pinalti.

9. Teknik Dasar Lemparan ke Dalam

teknik dasar permainan sepak bola
Teknik dasar sepak bola ini pada umumnya dipakai ketika apabila dalam sebuah permainan terdapat bola keluar dari lapangan permainan melewati wilayah sisi lapangan. Apabila lemparan ini telah dilakukan, permainan dapat dilanjutkan kembali.
Teknik dasar sepak bola untuk lemparan ke dalam dilakukan oleh seorang pemain dari tim yang tak menyentuh bola terakhir pada saat bola keluar lapangan.
Berikut ini beberapa ketentuan dalam melakukan lemparan ke dalam pada sebuah permainan sepak bola :
  • Kedua kaki diharuskan tetap menempel ataupun menjinjit di tanah ketika melempar bola.
  • Bola dilempar dengan menggunakan kedua tangan serta perlu melewati atas kepala.
Teknik dasar sepak bola untuk lemparan ke dalam pun bisa menjadi serangan yang cukup berbahaya apabila dilakukan dengan melakukan perhitungan yang matang, khususnya jika terjadi pada daerah pertahanan lawan.
Pada saat melakukan lemparan ke dalam, terdapat 3 pilihan posisi kaki ialah kedua kaki sejajar rapat dan salah satu kaki ke belakang ataupun ke depan serta kedua kaki dibuka lebar.
Jika kamu ditanya teknik dasar permainan sepak bola. Kamu cukup sebutkan teknik dasar permainan sepak bola yang telah dijelaskan barusan. Jangan lupa untuk terus mempelajari materi permainan sepak bola lengkap agar bisa terus berkembang.
Itulah 9 teknik dasar permainan sepak bola yang ada baiknya kamu tekuni serta kuasai. Agar menjadi seorang  pemain sepak bola termahal. Seperti halnya Christiano Ronaldi, Messi, Ronaldinho dan masih banyak lagi.
teknik dasar permainan sepak bola / teknik dasar sepak bola / permainan sepak bola / teknik menendang bola / pengertian sepak bola dan teknik dasarnya / sebutkan teknik dasar permainan sepak bola / teknik permainan sepak bola / teknik sepak bola / cara shooting sepak bola yang benar / waktu menendang bola posisi badan condong ke arah / youtube sepak bola / tujuan permainan sepak bola / peraturan permainan sepak bola / gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah / pengertian permainan sepak bola / pengertian sepak bola / permainan sepak / tujuan sepak bola / peraturan sepak bola

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar