Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

Sabtu, 21 April 2018

Aplikasi Rapor SD Kelas 1,2,4 dan 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Aplikasi Raport SD Lengkap Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Mulai tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2006. Hasil kajian pelaksanaan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan  pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan dan pelaporan penilaian. Pada perencanaan penilaian, pendidik kesulitan merumuskan indikator instrumen penilaian, menentukan teknik penilaian yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan, mengembangkan butir-butir instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pada pelaksanaan penilaian, pendidik kesulitan melakukan penilaian sikap dengan berbagai teknik penilaian dalam waktu yang terbatas. Pendidik juga mengalami kesulitan dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap,  pengetahuan, dan keterampilan.

Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian  merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum sebagai seperangkat rencana mencakup tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian erat kaitannya dengan informasi seputar peserta didik dan pembelajarannya. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam melaksanakan penilaian, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan.

Aplikasi Rapor SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Panduan penilaian tersebut dipergunakan sebagai rambu-rambu bagi para pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, juga menjadi pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan membuat laporan hasil penilaian secara akuntabel dan informatif.

Jika pada kesempatan sebelumnya sudah pernah saya bagikan Aplikasi Rapor SD Semester Ganjil Kurikulum 2013 Revisi 2017, maka kali ini saya akan membagikan khusus untuk yang semester Genap. Aplikasi ini bernama Aplikasi Rapor SD  Semester 2 Kelas 1,2,4 dan 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Aplikasi Raport SD ini merupakan karya dari seorang Guru asal Bali yang bernama Made Murdiartana

Aplikasi Rapor SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang saya gunakan ini merupakan aplikasi Penilaian k13 yang sangat bermanfaat khususnya bagi para pendidik yang sudah menerapkan kurikulum 2013 di pembelajarannya. Untuk Penggunaan aplikasi Rapor SD ini sendiri sangatlah mudah karena sudah atur sedemikian rupa merujuk kepada pedoman penilaian kurikulum 2013 dan tetntunya berformat Microsoft excell.

Berikut Panduan Penggunaan Aplikasi Rapor SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

1. Unduh terlebih dahulu File Aplikasi Rapor SD K13 menggunakan Link yang sudah saya siapkan di bawah postingan ini
2. Buka Aplikasi tersebut dan klik Enable Content
3. Isi satu per satu Biodata mulai dari "Input Data Sekolah", "Input Data Siswa", "Mupel dan KKM", serta "Kompetensi Dasar (KD)"

Khusus untuk Input Data Siswa, Agar mempermudah dalam mengisi kolom ini, kita bisa menggunakan Copy-Paste dari data Siswa di Aplikasi Dapodik.

Formulir Input Data Sekolah

Formulir Input Data Siswa

Formulir Input Mupel dan KKM

Formulir Input Kompetensi Dasar

4. Setelah mengisi semua Data di atas, Langkah selanjutnya kita tinggal mengisi nilai per mapel masing-masing siswa menggunakan menu "Input nilai"
Formulir Input Nilai

5. Langkah Selanjutnya adalah ke menu "Output Rapor".
Di menu tersebut ada beberapa menu isian sebelum kita mencetak Rapor K13, yaitu Extrakulikuler, Saran Untuk Siswa, Catatan Fisik Siswa, Prestasi siswa, Absen siswa dan Naik/Tinggal kelas.

6. Langkah Terakhir setelah mengisi semua Formulir, yaitu Mencetak Rapor SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Caranya Klik Rapor Canon-HP atau Rapor Epson (disesuaikan dengan Printer yang kita gunakan)
Pilih Siswa yang ingin di cetak

dan CTRL P pada Keyboard atau File Print untuk memuai proses Cetak Rapor SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

CONTOH HASIL PRINT OUT APLIKASI RAPOR SD


DOWNLOAD GRATIS APLIKASI RAPORT SD SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 (Direct Link)

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar