Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

Rabu, 03 Januari 2018

√ Lengkap Prota dan Prosem Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2

Prota dan Prosem Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2 atau program tahunan dan program semester kelas 5 SD/MI Semester dua K13 Revisi, terdiri dari beberapa tema dan subtema serta pembelajaran yang sudah dirancang atau diagendakan secara berkala dengan alokasi waktu dan materi yang telah ditentukan guna ketercapaian proses kegiatan belajar mengajar pada kurikulum 2013 revisi.

Format Prota dan Prosem Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2

Senada dengan hal silabus dan buku sumber pembelajaran kerangka prota maupun promes, sebagai berikut:
Pogram Semester
Tema, subtema, Pembelajaran, Alokasi Waktu, Bulan (6 bulan) dan keterangan.
Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Atau dengan kata lain, Prota adalah merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program
Tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Setelah kita memahami arti dari Program Tahunan (Prota) ini, selanjutnya kita masuk kepada bahasan tentang hal-hal/ komponen apa saja yang wajib ada dalam hal penyusunan sebuah Prota ini.
Langkah Menyusun Prota, ada 4 hal yang harus dilalui/ dipenuhi yakni;
  • Mengidentifikasi jumlah kompetensi dasar dan indikator dalam satu tahun
  • Mengidentifikasi keluasan dan kedalaman kompetensi dasar dan indikator
  • Melakukan pemetaan kompetensi dasar untuk setiap semester
  • Menentukan alokasi waktu untuk masing-masing kompetensi.

 

Download Prota dan Promes Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2

Program Semester (Promes) adalah merupakan penjabaran dari program tahunan yang berisi hal-hal yang ingin dicapai pada semester tersebut. Program semester (Promes) adalah rumusan kegiatan belajar mengajar untuk satu semester yang kegiatannya dibuat berdasarkan pertimbangan alokasi waktu yang tersedia, jumlah pokok bahasan yang ada dalam semester tersebut dan frekuensi ujian yang disesuaikan dengan kalender pendidikan. Promes akan mempermudah guru dalam alokasi waktu mengajarkan materi yang harus dicapai dalam semester tersebut. Atau dengan pengertian lainnya yakni bahwa Program semester adalah merupakan penjabaran dari program tahunan sehingga program semester (Promes) ini tidak bisa disusun sebelum tersusun program tahunan (Prota). Promes berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.

Nah, kemudian di dalam Promes ini umumnya berisikan hal-hal sebagai berikut di bawah ini;
Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran)
Format isian (tema, sub tema, pembelajaran ke alokasi waktu, dan bulan yang terinci per minggu, dan keterangan yang diisi kapan pelaksanaan pembelajaran berlangsung.

Berikut Prota dan Prosem Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Semester 2.

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar