Senin, 25 Februari 2019

PENJELASAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2019.C

Bagi para operator sekolah tentunya akan sangat menantikan rilis aplikasi dapodik terbaru yang akan di gunakan pada semester ini, sebab aplikasi dapodik versi 2019.b sudah tidak dapat lagi di gunakan dalam melakukan update data atau dalam hal syncronisasi data .

Seperti yang telah di jelaskan dalam beberapa pemberitahuan bahwa dalam waktu dekat ini akan di luncurkan aplikasi dapodik terbaru Yang akan di gunakan mulai semester 2 tahun 2019. Nama aplikasi dapodik terbaru tersebut adalah aplikasi dapodikdasmen versi 2019.c


Aplikasi dapodik versi 2019.c merupakan aplikasi dapodik terbaru yang akan mulai di gunakan pada semester 2 tahun 2019. Adapun beberapa fitur yang akan di sematkan pada aplikasi dapodik versi 2019.c ini memiliki beberapa perbedaan dan perubahan serta perbaikan dari aplikasi dapodik versi yang sebelumnya.
Pada postingan kali ini saya hanya ingin membahas sedikit mengenai beberapa perubahan yang akan terjadi dalam penggunaan aplikasi dapodik terbaru versi 2019.c namun cara penggunaanya masih tetap seperti dengan aplikasi dapodik versi yang sebelumnya. hanya saja ada beberapa fitur yang harus di pahami dalam penggunaanya pada aplikasi dapodik terbaru versi 2019.c ini.

Berikut ini beberapa perubahan dan perbaikan yang akan berlaku pada saat rilis aplikasi dapodikdasmen versi 2019.c, diantaranya yaitu sebagai berikut ;

1. Perubahan data pribadi pada GTK hanya dapat di lakukan oleh GTK bersangkutan

2. Perubahan validasi pengecekan mata pelajaran yang tidak terdapat di struktur kurikulum

3. Perbaikan bugs pada saat pemilihan mata pelajaran pada pembelajaran

4. Perbaikan dan penyempurnaan web service local menggunakan teknologi Bearer Authentication

5. Menonaktifkan tombol proses bersama kelulusan pada jenjang Dikmen

6. Menonaktifkan tombol luluskan PD tingkat akhir pada menu rombongan belajar

7. Menonaktifkan tombol batalkan registrasi pada menu peserta didik keluar

8. Penguncian tombol tambah siswa kelas 1 SD hanya dapat di mapping pada rombel tingkat 1 saja

9. Penguncian perubahan variabel jenis _kelamin, tempat_lahir, dan NIK pada formulis GTK

10. Penguncian perubahan variabel jenis _kelamin, dan tempat_lahir, pada peserta didik.
Bagi anda para operator sekolah hendaklah bersiap-siap untuk menyambut kedatangan aplikasi dapodik versi 2019.c dengan cara menyiapkan seluruh persiapan yang akan di gunakan dalam melakukan penginputan data sekolah, data peserta didik data pembagian tugas mengajar guru dan data-data lainnya sehingga nantinya pada saat melakukan penginstalan aplikasi dapodik versi 2019.c para operator sekolah sudah siap dalam melakukan tugas barunya tersebut.
Hal penting yang harus di persiapkan oleh seorang operator sekolah yaitu menyiapkan data berupa SK pembagian tugas guru dan tenaga kependidikan, SK tugas tambahan wakil kepala sekolah , kepala perpustakaan dan kepala laboratorium, SK kegiatan ekstrakurikuler, data peserta didik yang akan di update dalam aplikasi dapodik versi 2019.c serta data-data lainnya yang sangat di butuhkan dalam melakukan penginputan di aplikasi dapodik nantinya.
Ada beberapa hal penting juga yang harus di persiapkan dalam melakukan penginputan data pada aplikasi dapodik versi 2019.c yaitu pada aplikasi dapodik versi 2019.c khususnya pada pengisian nomor induk kependudukan pada masing-masing peserta didik harus di input dalam biodata dan identitas setiap peserta didik sehingga operator sekolah hendaknya mempersiapkan data berupa kartu keluarga dari masing-masing individu peserta didik.
Selain itu hendaknya operator sekolah lebih berhati-hati dalam melakukan proses mutasi atau mengeluarkan peserta didik dari dalam aplikasi dapodik versi 2019.c sebab tidak sama lagi dengan aplikasi dapodik versi sebelumnya dimana apabila kita ingin mengeluarkan salah satu peserta didik dan akan mengembalikannya ke dalam aplikasi dapodik masih bisa di lakukan namun pada aplikasi dapodik versi 2019.c ini hal tersebut sudah tidak dapat lagi di lakukan sesuai dengan penjelasan perubahan yang terdapat pada poin nomor 7 di atas.

selain itu pada point ke 10 diatas juga di jelaskan bahwa akan di lakukan Penguncian perubahan variabel jenis _kelamin, dan tempat_lahir, pada biodata peserta didik, sehingga hendaknya dalam melakukan penginputan data tersebut di harapkan benar-benar sesuai dengan data aslinya sehingga tidak terjadi kesalahan pada jenis data peserta didik tersebut sebab apabila terjadi kesalahan pada jenis data tersebut maka untuk melakukan perbaikannya hanya bisa di lakukan dengan cara melakukan verval PD sehingga tidak lagi bisa di ubah secara langsung melalui aplikasi dapodik.

Sebagai penutup diharapkan kepada masing-masing operator sekolah untuk membaca baik-baik beberapa jenis perubahan dan perbaikan yang akan berlaku pada aplikasi dapodikdasmen versi 2019.c di atas sehingga seluruh tugas dalam penginputan dan pengaplikasian dalam mengggunakan aplikasi dapodik versi 2019.c nantinya sudah tidak lagi mengalami kendala.

PENJELASAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2019.C Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Posting Komentar