Senin, 25 Februari 2019

CARA DOWNLOAD SERTIFIKAT AKREDITASI SEKOLAH SD,SMP,SMA

Setiap sekolah wajib untuk mendaftarkan sekolahnya dalam kegiatan akreditasi sekolah. Akreditasi sekolah bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam memberikan pelayanan pendidikan serta dapat menhetahui seberapa besar tingkat penilaian kinerja sekolah tersebut baik dalam hubungannya dengan warga sekolah maupun dengan lingkungan sekitar dan masyarakat.
Bagi sekolah yang telah melalui tahapan penilaian dan visitasi dari asesor yang dalam hal ini penyelenggara akreditasi yang di beri tugas untuk melakukan evaluasi bagi sekolah yang akan di akreditasi maka sekolah tinggal menunggu hasil penilaian yang akan di perolah bagi sekolahnya yang telah di akreditasi.
Hasil akhir penilaian dari proses akreditasi sekolah di tuangkan kedalam bentuk sertifikat akreditasi sekolah, dan didalam sertifikat tersebut terdapat nilai dari 8 standar yang telah di nilai oleh tim penilai akreditasi serta di peroleh nilai akhir berupa nilai rata-rata dari seluruh nilai dari ke 8 standar tersebut. Nilai dari ke 8 standar tersebut diantaranya yaitu : 1) standar isi, 2) standar proses, 3) standar kompetensi lulusan, 4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5) standar sarana dan prasarana, 6) standar pengelolaan, 7) standar pembiayaan, 8) standar penilaian pendidikan.
Bagi sekolah yang belum mengetahui bagaimana cara untuk mendownload dan melihat sertifikat hasil akreditasi sekolahnya, maka pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk bisa mendapatkan dan mendownload sertifikat akreditasi sekolah baik sekolah SD, sekolah SMP maupun sekolah SMA/SMK.
 
Apabila sekolah anda telah mengetahui hasil dari akreditasi sekolah maka anda tidak perlu untuk menunggu sertifikat akreditasi tersebut dikirim ke sekolah anda karena sertifikat tersebut tidak akan di kirim melainkan anda harus aktif untuk mendownloadnya sendiri di web yang telah di tentukan dan memprintnya sebagai bentuk pengakuan bahwa sekolah anda sudah benar-benar terakreditasi.
Berikut ini penjelasan tentang bagaimana cara untuk mendownload dan mendapatkan sertifikat akreditasi sekolah.

1. Silahkan login ke alamat resmi penyedia sertifikat akreditasi sekolah yaitu dengan mengunjungi aplikasi SISPENA atau silahkan klik alamat di bawah ini:
Akan muncul halaman login seperti terlihat di bawah ini.


2. Selanjutnya  masukka user  (NPSN dan  password  yan dimiliki.
Untuk password default adalah NPSN juga



3. Masukkan kode pengaman  yang muncul secara acak pada form di bawahnya. dan klik link di sini untuk mengganti kode yang muncul apabila kode tidak jelas.


4. Kalau sudah user password dan kode pengaman terisi klik “login”


5. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini dan untuk melanjutkannya silahkan klik tulisan menu “ DASHBOARD”



4. Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini, dan perhatikan pada tulisan paling ujung sebelah kanan yaitu tulisan "DOWNLOAD SERTIFIKAT" pada menu Pleno.
Untuk mendownload sertifikat sekolah anda maka silahkan klik tulisan "DOWNLOAD SERTIFIKAT" tersebut.


5. Setelah itu maka anda akan di arahkan untuk menyimpan hasil download sertifikat akreditasi tersebut ke tempat penyimpanan sesuai dengan pilihan anda di komputer masing-masing.

BERIKUT INI CONTOH HASIL DOWNLOAD SERTIFIKAT AKREDITASI SEKOLAH TAHUN 2019



6. Dalam beberapa kasus banyak yang merasa tidak bisa untuk mendownloadnya padahal sebenarnya bisa hanya saja ada beberapa hal yang sedikit membingungkan jika anda menggunakan suatu browser yang Pada beberapa kasus, terutama jika browser disetting pada mode safe, setelah diklik "Download Sertifikat" akan tampil peringatan "Your connection is not private" sehingga dokumen sertifikat akreditasi tidak dapat diunduh.

Nah untuk mengatasinya silahkan lakukan tahapan berikut agar hasil download sertifikat dapat berhasil di simpan.

lakukan langkah-langkah berikut ini :
§  Silahkan klik Tulisan "ADVANCED"
§  Kemudian Klik "Proceed to 118.98.221.173 (unsafe)"
§  Maka Sertifikat akreditasi sekolah akan secara otomatis dapat di download dan dapat di simpan di penyimpanan komputer.
Ada beberapa hal pula yang perlu di ketahui jika anda tidak bisa melakukan download sertikat akreditasi sekolah anda jika saat anda masuk ke dashboard Sispena, dan ternyata tahapan pleno tersebut belum tercentang biru (masih berwarna kelabu) dan tidak ada tulisan "Download Sertifikat", maka berarti sertifikat akreditasi sekolah anda belum tersedia untuk di download.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara mudah untuk melakukan download sertifikat akreditasi sekolah SD,SMP,SMA/SMK yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini semoga dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkan informasi ini.

CARA DOWNLOAD SERTIFIKAT AKREDITASI SEKOLAH SD,SMP,SMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Posting Komentar