Teknik Dasar Bola Voli Lengkap dengan Penjelasannya!

TEKNIK DASAR BOLA VOLI – Apakah kalian mengetahui tentang teknik dasar bola voli? Teknik dasar bola voli termasuk salah satu dari hal penting yang dapat dijadikan sebagai patokan atas kesempurnaan kamu ketika sedang bermain bola voli.
Bukan hanya itu saja, ternyata masih terdapat faktor-faktor lainnya contoh misalkan seperti keadaan fisik kamu, keadaan mental kamu, dan juga adanya penyusunanan strategi permainan poli yang bagus dan sempurna.
Maka dari itu, apabila teman-teman semua ingin menjadi seorang pemain bola voli yang handal, maka tugas kalian ini haru benar-benar menguasai keseluruhan teknik dasar permainan bola voli, mulai dari teknik awal hingga akhir kalian semua harus menguasainya.
Mengapa demikian? Karena apabila kalian memang sudah benar-benar menguasai teknik-teknik dasar permainan bola voli, maka ketika kalian sedang berada didalam lapangan voli akan mudah dalam memainkan bola voli dan mudah juga untuk mengalahkan lawan tim kalian.

Apabila pada setiap tim memiliki pemain yang menguasai teknik dasar dalam permainan bola voli, maka tim tersebut akan dapat dipastikan bahwa tim tersebut mempunyai kekuatan atau petahanan tim yang sangat bagus, dan juga ada kemungkinan akan selalu memenangkan pertandingan bola voli.
Sebelum saya mengulas mengenai teknik dasar bola voli dan bagaimana cara melakukannya yang baik dan benar, saya selaku penulis ingin bertanya terlebih dahulu kepada teman-teman semua. Seberapa luaskan pengetahuan teman-teman mengenai permainan bola voli ini?
Apa menurut kalian pengertian permainan bola voli ? Bagaimana juga awal sejarahnya bola voli ini? Yang menciptakan permainan bola voli ini siapa? Siapa orang yang telah melindungi bola secara internasional dan juga di Indonesia ini?
Apkah kalian semua merasa kebingunan dengan adanya pertanyaan seperti itu? Berikut dibawah ini akan saya jelaskan secara singkat tentang…

Permainan Bola Voli

Intinya, permainan voli ialah salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 buah tim yang mana ke dua tim tersebut saling berlawanan untuk mendapatkan poin tertinggi dan memenangkan pertandingan atau permainan tersebut.
Permainan bola voli ini dimainkan dengan mengatur bola yang dilemparkan oleh tim lawan yang mengarahkan kepada tim kita, dan kita juga harus melemparkan kembali bola tersekebut kepada tim lawan dengan syarat harus melewati jaring net yang menjadi penghalang antar tim kita dan tim lawan.
Adanya permainan voli ini ialah memiliki tujuan untuk menjaga supaya bola voli ini tidak sampai terjatuh ke tanah di daerah kekuasaan tim kita, dan juga selalu berusaha untuk menjatuhkan bola ke daerah tim lawan.
Adapun cara mengatur bola dan melemparkan bola itu tidak asal-asalan atau sembarangan. Kita selaku pemain bola voli atau pemain yang akan melemparkan bola itu ke daerah lawan maka kita sangat memerlukan sekali untuk memakai teknik-teknik khusus yang baik dan benar.
Tapi tar dulu, sabar dulu ya…
Mengenai hal ini akan saya ulas sesudah ini, namun sebelumnya bagaimana tentang sejarah permainan bola voli ini?
Mari kita akan membahas mengenai sejarah bola volly secara ringkas

Sejarah Bola Voli

teknik dasar bola voli
kampungakreditas.web.id
Sebelum masuk ke sejarah permainan bola volly, berikut ini pengertian bola voli. Bola voli termasuk cabang olahraga yang dilakukan oleh dua tim. Setiap tim memiliki enam pemain bola voli. Ada juga variasi permainan bola volly pantai dalam sejarah voli yang setiap timnya hanya mempunyai dua pemain.
Setelah mengetahui pengertian voli, berikut ini sejarah singkat bola voli:
Permainan bola voli diciptakan oleh seorang instruktur olahraga yang bernama William G. Morgan. Pencipta bola voli ini berasal dari daerah Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Dan hal yang paling unik adalah penemu permainan bola voli ini menamainya bukan bola voli, tapi mintonette.
Nah itulah awal mulanya permainan bola voli ini ditemukan oleh seorang yang beranama William G. Morgan, berkat beliau permainan bola voli ini bisa mencapai ke seluruh dunia bahkan sampai ke Negara kita, yakni Indonesia tercinta.

6 Teknik Dasar Bola Voli

teknik dasar bola voli
pantun-puisi.web.id
Nah untuk teman-teman yang memang belum ada kemampuan dasar atau memang belum mengetahui tentang teknik teknik dasar bola volly ini, maka pembahasan yang akan di ulas ini sangat cocok sekali untuk teman-teman semua.
Baiklah, mari kita langsung saja masuk kedalam penjelasan atau materi mengenai 4 teknik dasar permainan bola voli yang telah tertulis dibawah ini.

Teknik Dasar Service Bola Voli

teknik dasar bola voli
Kumpulanpidato.web.id
Service ialah merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli yang pertama kali harus kalian pelajari lebih dalam lagi jikalau kalian ini ialah seorang pemula dalam permainan atau olahraga bola voli ini.
Jikalau kalian belum mengetahui apa itu service, maka akan saya jelaskan bahwa service disini ialah pukulan bola yang dilakukan untuk melewati net ke arah area atau wilayah yang kosong yang ada di daerah lawan, atau juga bisa mengarahkan bola tersebut kepada salah satu anggota tim lawan yang terlihat begitu lemah.
Mengapa mengarahkan kepada anggota tim lawan yang terlihat lemah? Karena apabila bola kita arahkan kepada anggota tim yang lemah tersebut, maka anggota tim yang mendapati lemparan bola dari kita tidak akan bisa mengatur dan mengola permainan tersebut, dan pada akhirnya tim kita pun mendapatkan poin.
Kapan service bola ini dilakukan?
Service bola dilakukan apabila sesudah bola voli tersebut jatuh ke tanah, sehingga salah sati dari tim tersebut akan mendapatkan sebuah poin. Dan orang yang melakukan service itu ialah salah satu dari tim yang berhasil menjatuhkan bola tersebut ke daerah lawan dan mendapatkan sebuah poin.

Teknik Dasar Passing Bola Voli

teknik dasar bola voli
Segalaarti.web.id
Sesudah berhasil menguasai teknik service, maka langkah selanjutnya ialah menguasai teknik passing yang mana teknik passing ini ialah sebuah operan atau umpan yang dilakukan oleh salah satu pemain yang kegunannya untuk memberikan bola kepada teman satu timnya.
Teknik permainan bola voli ini juga merupakan sebuah usaha yang dikerjakan oleh seorang pemain untuk merancang sebuah strategi penyerangan kepada tim lawan.
Adanya teknik permainan bola voli ini sangat penting sekali, nah apabila teman-teman semua belum bisa atau memang belum menguasai sama sekali tentang teknik dasar passing bola voli ini, teman-teman semua bisa langsung saja belajar bersama teman-teman lainnya yang memang sudah berkencimpungan didalam bidang olahraga bola voli ini.
Selain bisa belajar bersama teman, kalian juga bisa langsung belajar bersama pelatih voli, namun apabila kalian ingin belajar bersama pelatih voli kalian ini harus masuk atau mengikuti sebuah pelatihan atau kursus olahraga voli, apabila masuk kedalam pelatihan tersebut, kalian akan mendapatkan pelajaran langsung dari seorang pelatih yang handal.
Adapun cara melakukan Passing atas adalah sebagai berikut:
  • Berdiri seimbang dengan pusat tumpuan dua kaki yang salah satu kakinya di depan.
  • Pandangan kearah bola dan badan sedikit maju ke depan.
  • Kedua tangan melebar di atas kepala dengan bagian siku yang bengkok ke samping.
  • Dorong bola voli ke atas memakai pangkal bagian jari-jari tangan.
  • Sikap akhir adalah gerakan lanjut dari kedua bagian lengan yang diikuti seluruh anggota tubuh lainnya.

Teknik Dasar Smash Bola Voli

teknik dasar bola voli
Ahliprimbon.web.id
Spike atau smash ialah teknik dasar permainan bola voli yang dikerjakan dengan memukul bola tersebut dengan memakai kekuatan yang sangat super sambil melompat ke atas, lalu bola yang akan di pukul tersebut diarahkan ke daerah tim lawan yang kosong.
Dalam permainan bola voli ini, teknik permainan bola voli ini merupakan salah satu teknik pukulan ketiga. Selain itu, Smash adalah teknik penting untuk mencapai tujuan permainan bola voli, yaitu mencetak skor.
Urutan-urutan dalam menerima bola ialah bola pertama yang biasa dikerjakan dengan memakai teknik passing bawah, kemudian bola kedua dengan menggunakan passing atas, dan yang ketiga ini ialah teknik smash.
Seorang spiker atau penyerang, biasanya mempunyai bentuk tubuh dan mampu melompat yang tinggi. Ketika melakukan teknik bola voli ini. Pemain tersebut harus melakukan sebuah lompatan yang sangat tinggi. Sambil memukul bola dengan sekuat tenaga ketika telah berada di puncak ketinggian.
Ketika melakukan teknik smash ini, harus menghasilkan sebuah serangan yang sangat keras. Dan juga menukik ke bawah supaya akan susah untuk di hadang dan diterima oleh lawan dari tim kita.

Teknik Dasar Block Bola Voli

teknik dasar bola voli
Kampungilmu.web.id
Teknik block atau menghadang dalam permainan bola voli dipakai untuk menahan serangan. Untuk pertahanan bola dari serangan lawan juga bisa dilakukan dengan memakai kedua tangan.
Gerakan ini sambil diiringi dengan lompatan yang tinggi, lalu menahan bola agar tidak masuk ke dalam wilayah tim sendiri.
Teknik dasar blocking bola voli ini sangat diperlukan sekali oleh seluruh anggota tim. Maka dari itu, untuk setiap pemain harus bisa juga menguasai teknik bola voli ini.
Oh iya, gimana sih cara ngeblock bola yang baik dan benar itu?
Penasarankan?
Berikut dibawah ini akan saya jelaskan secara ringkas mengenai cara blocking bola yang baik dan benar:
  1. Beridiri dengan keadaan kaki yang sejajar dengan kedua yangan kita yang berada tepat di dpan dada. Dan juga posisi tangan harus menghadap ke depan atau ke arah net.
  2. Lalu setelah berdiri lakukanlah lompatan mengiringi arah bola yang telah dipukul oleh salah satu anggota pemain dari tim lawan.
____
Nah, demikianlah teman-teman mengenai pembahasan 4 teknik dasar permainan bola voli. Semua teknik itu harus kalian kuasa apabila kalian memang benar-benar ingin menjadi pemain voli yang handal.
Untuk menguasai teknik bola voli ini kalian tidak hanya belajar secara teori saja. Namun kalian juga harus belajar mempraktekan teori tentang teknik dasar bola voli ini. Hal ini bertujuan untuk bisa memenangkan sebuah kejuaraan pertandingan bola voli.
Itulah teknik dasar bola voli / sejarah permainan bola voli / pemain bola voli / pencipta bola voli / permainan bola voli diciptakan oleh / teknik bola voli / pengertian permainan bola voli / penemu permainan bola voli / sejarah bola volly / permainan voli / permainan bola volly / teknik permainan bola voli / teknik dasar permainan bola voli / permainan poli / cara / melakukan passing atas / sejarah voli / sebutkan teknik dasar permainan bola voli / tujuan permainan bola voli / pemain voli / pengertian voli / sejarah singkat bola voli

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Bola Voli Lengkap dengan Penjelasannya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel