Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

Selasa, 09 Oktober 2018

10 Prasati Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambar dan Penjelasannya

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya – Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan yang sangat berjaya pada masanya. Kerajaan ini tercatat dalam sejarah pernah hampir menguasai seluruh wilayah asia tenggara dan sekitarnya. Oleh sebab itu prasasti kerajaan sriwijaya bukan hanya ditemukan di Indonesia, tapi dinegara lain juga ada.
Peninggalan kerajaan Sriwijaya ini biasanya berupa prasasti atau dokumen batu, tapi ada juga yang berbentuk candi. Dengan ditemukannya prasasti kerajaan Sriwijaya, membuktikan bahwa kerajaan ini memang ada dan pernah berjaya. Berikut ini kami rangkung prasasti Sriwijaya yang berhasil ditemukan:

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya di Indonesia

Karena menurut para ahli pusat kerajaan Sriwijaya terletak di Palembang, Sumatera. Banyak prasasti peninggalan kerajaan yang berhasil ditemukan di sana. Sehingga bisa dipastikan di sana memang benar ada jejak sejarah kerajaan Sriwijaya.
Tapi, ada juga prasasti kerajaan sriwijaya yang ditemukan di pulau Jawa dan sekitar wilayah Indonesia. Hal ini membuktikan Indonesia termasuk pusat Sriwijaya pada zaman dahulu. Berikut ini prasasti-prasasti yang berhasil ditemukan di sekitar wilayah Indonesia:

1. Prasasti Kedukan Bukit

peninggalan kerajaan sriwijaya
Alladsnetwork.web.id

Prasasti Sriwijaya kedukan bukit ini berhasil ditemukan diwilayah pinggiran kota Palembang. Peninggalan ini menurut para pakar sejarah sudah ada sejak tahun 683 Masehi.
Isi yang terkandung dalam prasasti kerajaan Sriwijaya ini mengenai cerita raja Sriwijaya atau Dapunta Hyang yang sedang mengadakan perjalanan. Perjalanan ini dari Minanga Tamwan yang bertujuan untuk mencari Siddhayatra agar kerajaan Sriwijaya semakin makmur.

2. Prasasti Sriwijaya Talang Tuo

peninggalan kerajaan sriwijaya
Adatnusantara.web.id
Prasasti talang tuo ini berhasil ditemukan di wilayah bagian barat kota Palembang. Menurut para ahli sejarah, peninggalan ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 684 Masehi.
Bukti sejarah Sriwijaya berisi tentang cerita pembangunan taman Sriseta yang dibuat oleh Raja Sriwijaya. Raja berharap, dengan taman ini rakyat bisa semakin makmur.

3. Prasasti Telaga Batu

peninggalan kerajaan sriwijaya
Blogiseng.web.id
Prasasti telaga batu ini ditemukan di sekitar kolam telaga biru kota Palembang. Prasasti ini berhasil ditemukan oleh para arkeolog pada tahun 1935.
Peninggalan kerajaan Sriwijaya ini berisi tentang kutukan-kutukan atau mantra jahat. Kutukan-kutukan ini akan menimpa siapa saja yang melakukan kejahatan atau tidak patuh kepada kerajaan Sriwijaya.

4. Prasasti Kerajaan Sriwijaya Kota Kapur

peninggalan kerajaan sriwijaya
Kumpulansurat.web.id
peninggalan kerajaan sriwijaya
Prasasti kota kapur ini dinamai demikian karena ditemukan di kota Kapur, pulau Bangka. Menurut para ahli sejarah, peninggalan kerajaan Sriwijaya ini sudah ada sejak tahun 686 Masehi.
Prasasti Sriwijaya ini berisi tentang usaha penyerangan kerajaan Sriwijaya yang ingin menundukkan pulau Jawa. Penyerangan ini didasari karena kerajaan Tarumanegara sudah dianggap tidak setia lagi kepada Kerajaan Sriwijaya.

5. Prasasti Karang Berahi

Artimimpiku.web.id
peninggalan kerajaan sriwijaya
Prasasti karang berahi ini dinamai demikian karena ditemukan di daerah Karang Berahi, Povinsi Jambi. Menurut para pengamat sejarah, peninggalan kerajaan Sriwijaya yang satu ini sudah ada dari tahun 868 Masehi.
Prasasti Sriwijaya ini berisi tentang doa-doa kepada dewa. Doa ini disini rakyat Sriwijaya meminya dewa agar menghukum orang-orang yang berbuat jahat.

6. Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Palas Pasemah

Prasasti Sriwijaya ini dinamai demikian karena ditemukan didaerah Palas Pasemah, Lampung. Berbeda dengan prasasti lainnya, peninggalan ini tidak bisa ditemukan kapan pastinya dibuat.
Namun, Peninggalan Sriwijaya bisa diperkirakan sudah ada sejak abad ke-7 Masehi. Hal ini bisa diperkirakan demikian karena prasasti tersebut berisi cerita tentang Lampung Selatan yang dikuasai kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7.

7. Prasasti Bukit Siguntang

Prasasti Bukit Siguntang menceritakan suatu peperangan yang memakan banyak korban jiwa. Peninggalan sriwijaya ini juga ditemukan bersamaan dengan peninggalan Budha Sakyamurni yang sedang mengenakan jubah.
Prasasti kerajaan Sriwijaya ini ditemukan di daerah komplek pemakaman para raja Sriwijaya. Karena ditemukan dalam sebuah makam yang besar, ketika menemukan prasasti ini banyak benda sejarah lainnya yang juga ditemukan.

8. Prasasti Kerajaan Sriwijaya Amoghapasha

Prasasti Amoghapasha ditemukan di wilayah Jambi dan diperkirakan sudah ada sejak tahun 1286 Masehi. Isi dari peninggalan ini menyebutkan sebuah penyerahan hadiah.
Hadiah tersebut adalah arca amoghapasha yang diberikan raja Kartanegara kepada raja Suwarnabhumi. Ketika penyerahan hadiah ini, raja dan para rakyat amat bahagia.

9. Prasasti Hujung Langit

Prasasti hujung langit adalah peninggalan kerajaan Sriwijaya yang berhasil ditemukan di desa Haur Kuning, Lampung. Prasasti Sriwijaya ini ditulis dalam aksara Pallawa serta Bahasa Melayu Kuno.
Karena banyaknya kerusakan, peninggalan bersejarah ini sangat sulit untuk di artikan dan dijelaskan. Tapi, para ahli memperkirakan prasasti sriwijaya ini sudah ada sejak tahun 997.

10. Prasasti Sriwijaya Talang Tuwo

Prasasti Talang Tuwo adalah peninggalan kerajaan sriwijaya yang ditemukan disekitar kaki bukit seguntang yang terletak di utara sungai Musi. Peninggalan ini ditemukan pada tahun 1920 oleh seorang residen asing.
Isi yang terkandung didalam peninggalan kerajaan Sriwijaya ini berisi doa-doa dari agama terdahulu kerajaan Sriwijaya. Dalam prasasti tersebut banyak dewa-dewa agama budha yang disebutkan.

loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar