SOAL UTS Kelas 3 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 5 dan Tema 6

SOAL UTS/PTS Kelas 2 Semester 2 K13 Revisi 2017 - UTS atau singkatan dari Ujian Tengah Semester merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar siswa. Evaluasi ini bertujuan untuk memberikan penilaian terhadap kemam­puan siswa dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan ajar yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dan menilai per­ubahan sikap dan keterampilannya.

Di jenjang pendidikan sekolah, setiap satu semester itu terdiri dari 6 bulan proses pembelajaran di dalam kelas. Jadi, dalam pelaksanaan ujiannya UTS tentu saja berada di pertengahan 6 bulan tersebut, sekitar tiga bulan selama proses pembelajaran di sekolah. Contoh Soal UTS yang bisa Bapak/Ibu unduh di bawah ini merupakan soal UTS untuk Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 5 dan Tema 6 disertai Kunci Jawaban untuk Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018

CONTOH SOAL UTS Kelas 3 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

KELAS 3 TEMA 5
Sub Tema 1

Indonesiaku, Bangsa yang Kaya

Papan Reklame Toko Mebel

Minggu pagi, Beni dan teman-temannya berkumpul di alun-alun kota untuk lari pagi dan berolahraga bersama. Cuaca cerah dan suasana di alun–alun sangat ramai. Banyak sekali orang yang datang ke alun-alun di Minggu pagi. Ada yang berolahraga, berdagang, dan berjalan-jalan. Ada juga yang hanya melihat-lihat, membeli berbagai jajanan, dan membeli barang-barang yang dijajakan. 
Saat mereka duduk beristirahat di trotoar, sebuah mobil bak terbuka lewat dan berhenti tak jauh dari tempat mereka beristirahat. Supir dan seorang temannya turun dari mobil dan segera berbaur dengan para pengunjung alun-alun. Beni dan teman-temannya memandang dengan penuh minat pada muatan mobil itu. Sebuah papan reklame yang tampaknya milik sebuah toko yang baru akan dibuka. Beni menunjuk papan reklame itu dan berkata, ”Akan ada toko mebel baru nanti di jalan Ahmad Yani. Khusus mebel dari rotan.” Teman-teman yang lain bergumam membenarkan. 
Mereka juga tengah membaca nama toko, jenis barang yang dijual, dan alamat toko pada papan reklame itu. “Bagus sekali, ya, gambar contoh mebelnya! Aku jadi ingin mengajak ibuku melihat-lihat ke toko itu nanti,” kata Siti bersemangat. “Cara pemiliknya memilih warna untuk papan reklamenya juga bagus, ya! Menarik minat orang untuk memperhatikan dan membaca dengan lebih teliti,” sambung Udin. “Bukan hanya warnanya, proporsi besar huruf dan gambarnya juga tepat,” Edo menambahkan.
Jawablah pertanyaan di bawah ini 
1Apa tujuan utama sebuah reklame/iklan?
……………………………………
2Hal-hal apa yang harus ditonjolkan dalam sebuah reklame/iklan?
……………………………………
3Bila terdapat beberapa barang yang sama di sebuah toko/pasar, iklan/reklame seperti apakah yang akan memenangkan persaingan?
……………………………………
4Di media apa sajakah orang perlu memasang iklan/reklame untuk keberhasilan penjualannya?
……………………………………

KUADRAT
Selesaikan soal-soal berikut dengan saksama!

1. 12 = 1 × 1 = 1
2. 112 = 11 × 11 = 121
3. 122 = . . . × . . . = . . . . 
4. 142 = . . . × . . . = . . . . 
5. 152 = . . . × . . . = . . . . 
6. 172 = . . . × . . . = . . . . 
7. 192 = . . . × . . . = . . . . 
8. 212 = . . . × . . . = . . . . 
9. 242 = . . . × . . . = . . . . 
10. 252 = . . . × . . . = . . . .

Cobalah memecahkan beberapa soal di bawah ini secara mandiri.

1.  Sebuah majalah memberikan tarif untuk iklan sebesar Rp25.000 setiap cm2. Sebuah iklan majalah yang berbentuk persegi memiliki panjang sisi 12 cm. Berapakah harga tarif untuk iklan tersebut?
……………………………………………………..
2.  Sebuah papan iklan berbentuk persegi memiliki panjang sisi 120 cm. Biaya pemasangan iklan per meter persegi adalah Rp 36.000. Berapa biaya yang diperlukan untuk membayar pemasangan iklan pada papan iklan tesebut? 
……………………………………………………..
3.  Siti berpikir untuk membuat lima iklan untuk sebuah majalah. Setiap iklan yang berbentuk persegi tersebut memiliki panjang sisi 15 cm. Dengan tarif iklan sebesar Rp 13.000 per cm2, berapa biaya yang diperlukan untuk membuat semua iklan tersebut?
………………………………………………………..

Download Gratis SOAL UTS Kelas 3 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 Tema 5 dan Tema 6

Belum ada Komentar untuk "SOAL UTS Kelas 3 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 5 dan Tema 6"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel