Kumpulan RPP Kurikulum 2013 SD, MI, SMP , MTS, SMA, MA, SMK Terlengkap

Selasa, 03 Oktober 2017

√ Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013


Berikut ini adalah contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 (dalam kurikulum KTSP disebut dengan Ulangan Tengah Semester/UTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal/ Ganjil) SMP/MTs. Soal ini bisa dipakai untuk latihan mengerjakan soal dalamrangka menghadapi ujian PTS/PTS.




I.        Pilihlah jawaban yang paling tepat diantara huruf A, B, C atau D, dengan cara menghitamkan lingkaran pada lembar jawab yang tersedia!

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Pengalaman ini sebenarnya tidak perlu terjadi karena dapat diatasi, tetapi kejadian ini terjadi begitu saja. Saat itu saya bertemu dengan seorang kenalan baru yang menurut saya sangat baik. Dia menunjukkan betapa baiknya dirinya dengan selalu membantu kesulitan saya selama latihan.
Kami bertemu untuk pertama kali saat pendaftaran calon peserta pidato tingkat nasional. Banyak hal yang kami alami bersama. Dia banyak membantu saya memecahkan kesulitan-kesulitan. Saya adalah orang yang sangat pelupa sehingga tidak jarang saya meninggalkan tugas yang seharusnya dilakukan. Saya juga sulit menghafal nama orang. Namun, teman baru saya ini selalu membantu. Kehadirannya sangat membantu saya. Kami pun sangat dekat.
Beberapa lama setelah kami bersama, tiba-tiba saya menemukan kejanggalan yang ada pada diri teman saya. Ternyata dia suka membuang daftar yang berisi agenda-agenda yang harus saya lakukan. Selama ini memang saya membuat daftar untuk mengatasi sifat saya yang pelupa. Saya juga sering menceritakan bagaimana diri saya yang pelupa. Setelah dia tahu semua tentang saya, dia berusaha untuk memusuhi saya secara diam-diam.
Saya yang bersifat terbuka dengan orang lain mendapat pelajaran berharga bahwa berhati-hati dan tidak mudah percaya pada orang lain memang perlu. Akibat yang saya terima memang fatal. Namun, jika saya lebih bisa menjaga diri pasti kejadian ini dapat dicegah.

1.         Kelemahan yang dimiliki penulis cerita adalah . . . .
             A.    bersikap ceroboh 
             B.    kurang perhatian pada orang lain  
             C.  pelupa dan mudah percaya kepada orang lain                            
             D.  menganggap setiap masalah dengan sepele

2.         Peristiwa kurang menyenangkan yang dialami penulis cerita adalah . . . .
A.    dikhianati teman yang ia percaya 
B.    dirugikan dalam keuangan                                          
C.  ditipu dalam suatu urusan
D.  disombongi temannya

3.         Berdasarkan struktur teks eksemplum, paragraf ketiga teks di atas merupakan bagian . . .
A.    orientasi    
B.    interpretasi                                                                       
C.  insiden
D.  koda

4.         Nilai atau pelajaran yang terdapat dalam cerita tersebut adalah . . .
A.      Kita harus memperbanyak teman.
B.      Kita harus berhati-hati dan waspada dengan sikap orang lain.
C.      Kita harus membantu teman yang membutuhkan bantuan.
D.      Watak orang harus kita kenali dengan baik.

5.         Pernyataan yang tepat tentang teks eksemplum adalah...
A.    merupakan teks cerita yang mengisahkan seorang tokoh atau pelaku.
B.    merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh hewan.
C.    merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada tokoh.
D.  merupakan teks yang menguraikan beberapa kisah nyata dalam kehidupan untuk keperluan informasi.

6.         Struktur  yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada bagian ....
            A.    kesimpulan   
            B.    penyelesaian                                                                     
            C.  interpretasi
            D.  amanat
7.       Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
            A.    orientasi, defenisi umum, defenisi khusus  
            B.    orientasi , kalimat topik, deskripsi                             
            C.  orientasi, insiden, interpretasi
            D.  orientasi, insiden, kesimpulan

8.         Perhatikan kalimat acak berikut!
1)      Saya pun menuruti permintaannya, meskipun pada saat itu saya belum mempunyai SIM.
2)      Ketika akan berangkat, kakak menyuruh saya untuk duduk di depan karena dia mengantuk.
3)      Kakak saya berpesan, “Jika nanti ada operasi zebra, kamu berhenti saja. Jangan panik.”
4)      Kemudian kami sampai di perbatasan kota. Tidak ada operasi juga di sana.
5)      Satu jam menempuh perjalanan rasanya aman-aman saja, tidak ada operasi apapun.
Urutan kalimat yang benar agar membentuk paragraf yang logis dalam teks eksemplum adalah . . . .
A.      2-3-4-1-5     
B.      2-1-4-3-5                                                                            
C.   2-1-3-5-4
D.   2-1-5-3-4

Bacalah kutipan teks eksemplum berikut!
Kami mengalami luka-luka dan dibawa ke salah satu rumah warga. Ketika ada seorang polisi yang akan mendekati kami, kakak saya berpesan, “Jika nanti ditanya polisi, siapa yang mengemudi, bilang saja Kakak. Kakak tadi jatuh karena mengantuk.” Saya hanya mengangguk mendengar permintaan Kakak saya. [ . . . ]

9.         Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah . . .
A.      Sepeninggal polisi tersebut, si pemilik rumah keluar dan mengobati luka kami kami.
B.      Beruntung polisi tidak mencurigai kalau saya yang mengendarai sepeda motor tersebut.
C.      Tuhan masih memberikan kami keselamatan walaupun kami mengalami banyak luka.
D. Benar saja, polisi tersebut menanyakan hal serupa dan meminta kakak saya untuk memperlihatkan SIM beserta STNK-nya.

Perhatikan kutipan dua teks berikut untuk menjawab soal nomor 10-13!
Teks 1.
Siang itu, aku pulang dari sekolah dengan wajah lesu. Nilai matematika yang aku dapatkan hari itu sangat memalukan. Seperti biasa, ibuku selalu menanyakan tentang nilai yang didapatkan anaknya setiap pulang sekolah. Sambil mengeluarkan buku dari dalam tas sekolahku, ibuku bertanya, “Hari ini kamu dapat nilai berapa, Nak?” Aku hanya terdiam dan sulit untuk berkata-kata, hingga ibuku mengulangi pertanyaanya. Dengan wajah takut aku pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan suara lirih. “Matematika aku, mendapat nilai dua, Bu.” Mendengar jawabanku ibu pun marah. Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku. Kemudian beliau menasihati aku.

Teks 2.
Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose. Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya. Rose heran sekali. Saat Rose ke sekolah, Nenek Lucy pergi ke seorang teknisi.

10.     Berdasarkan dua teks di atas, pernyataan di bawah ini yang paling benar adalah . . . .

Teks 1
Teks 2
A.
Insiden dari teks eksemplum
Komplikasi dari teks cerpen
B.
Orientasi dari teks eksemplum
Resolusi dari teks cerpen
C.
Komplikasi dari teks cerpen
Resolusi dari teks eksemplum
D.
Orientasi dari teks cerpen
Komplikasi dari teks eksemplum

11.     Dari kutipan teks 1, kalimat yang menggunakan kata keterangan cara adalah . . .
A.      Mendengar jawabanku ibu pun marah.
B.      Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku.
C.      “Hari ini kamu dapat nilai berapa, Nak?”
D.      Siang itu, dengan wajah lesu aku pulang dari sekolah.

12.     Bukti bahwa ibu sayang pada kutipan teks 1 adalah . . .
A.      Ibu melemparkan buku matematika di depanku.
B.      Ibu menanyakan hasil ulangan matematika.
C.      Ibu mengeluarkan buku dari dalam tasku.
D.      Ibu menasihati aku.

13.     Kalimat berikut yang menggunakan keterangan waktu adalah . . .
A.      Dengan wajah takut aku pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan suara lirih.
B.      Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya.
C.      Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku.
D.   Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose

Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 14-16!
Pada suatu hari, aku dan tema-temanku sedang berjalan-jalan di kampungku. Kami melihat sebuah pohon jambu yang sedang berbuah. Pohon jambu itu berada di halaman rumah Pak Ucok. Pak Ucok dikenal sebagai orang yang galak. Namun, kata temanku, saat itu Pak Ucok sedang tidak ada di rumah.
Melihat keadaan sepi, aku menawarkan diri memanjat pohon jambu itu. Sementara itu, teman-temanku tetap berada di bawah. Satu, dua, tiga, empat buah jambu kujatuhkan dan ditangkap oleh teman-temanku.
Tiba-tiba, pintu rumah Pak Ucok terbuka. Muncullah Pak Ucok dengan sebuah tongkat kanannya. Ia pun menuju ke arah kami. Teman-temanku langsung mengambil langkah seribu. Tinggallah aku di atas pohon. Setelah turun, aku dimarahi habis-habisan oleh Pak Ucok. Meskipun dia tidak memukulku dengan tongkatnya, aku sangat takut hingga menangis.
[ . . . ]
Aku berjalan pulang sambil menangis. Dari kejauhan, temaan-temanku menungguku. Mereka justru menertawakanku.

14.     Insiden yang terjadi dalam teks di atas adalah . . . .
A.      Jatuh dari pohon jambu   
B.      Mencuri dan ketahuan pemiliknya.                        
C.   diejek teman-teman
D.   memanjat pohon jambu yang lebat buahnya

15.     Bagian interpretasi yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah. . . .
A.      Aku sadar bahwa tindakanku itu sama dengan mencuri. Aku tidak meminta izin lebih dahulu kepada pemilik pohon. Itulah kesalahanku. Mencuri sama dengan merampas hak orang lain. Aku tidak ingin mengulangi perbuatan itu lagi. Aku juga tidak ingin orang lain mencuri barang-barang milikkku.
B.      Kami pun berlari sekuat tenaga. Sementara itu, Pak Ucok mengejar kami. Ia mengacung-acungkan tongkat kayunya. Peristiwa itu menjadi tontonan warga sekitar. Warga tampak heran bahkan. Ada juga yang bersorak-sorak
C.      Ia menyadari bahwa tindakannya melewati batas. Ia harus meminta maaf kepada Pak Ucok. Ia juga harus mengganti barang-barang yang telah diambilnya. Untunglah Pak Ucok orang yang baik. Ia tidak tega membawa permasalahan itu ke polisi.
D.      Setelah sampai di rumah, aku mengadukan peristiwa itu kepada orang tuaku. Orang tuaku justru memarahiku. Padahal, aku ingin orang tuaku membelaku.

16.     Kalimat dengan konjungsi antarkalimat terdapat pada kalimat . . . .
A.      Paragraf kedua kalimat kedua    
B.      Paragraf kedua kalimat ketiga                                   
C.  paragraf pertama kalimat pertama
D.  paragraf ketiga kalimat pertama

17.     “Saya membuat lukisan alam ini khusus buat kamu, Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A.    kata keterangan tempat     
B.    kata keterangan waktu                                                 
C.  keterangan tujuan
D.  keterangan cara

18.     Di bawah ini yang merupakan kalimat majemuk setara adalah . . .
A.    Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B.    Ia seorang perawat yang baik hati kepada pasiennya.
C.    Ia seorang perawat sewaktu aku tinggal di sini.
D.    Ia seorang perawat, jika ia bekerja di rumah sakit.

19.     Kalimat majemuk bertingkat hubungan syarat terdapat pada kalimat . . .
A.      Kami belajar dengan sungguh-sungguh agar nilai ujian kami memuaskan.
B.      Kami akan belajar lebih serius lagi jika ujian sudah di depan mata.
C.      Kami berangkat ke sekolah lebih cepat dari biasanya karena mendapat tugas piket kelas.
D.      Kami belajar sungguh-sungguh setelah diberi motivasi oleh guru kami.

Dita menyesal karena ia menyadari bahwa membuat sarang burung itu lebih  baik menggunakan jerami agar kokoh.

20.     Kalimat di atas merupakan jenis kalimat . . . .
A.      tunggal            
B.      majemuk bertingkat                                                     
C.   majemuk setara
D.   inti

21.     Perhatikan kalimat berikut!
Mereka melaksanakan kegiatan rutin yang selalu sering dilaksanakan setiap tahun.
Bagian yang menyebabkan tidak efektif pada kalimat di atas adalah . . . .
A.      Mereka, selalu   
B.      Selalu, sering                                                                    
C.   sering, setiap tahun
D.   selalu, setiap tahun

22.     Di bawah ini kalimat yang paling tepat adalah...
A.      Ibu guru kami akan berangkat keJambi.               
B.      Nanti malam kami akan belajar kelompok kerumah Ita.
C.      Ima baru datang dari Sekolah sejak siang tadi.
D.      Setiap Sabtu kami mengikuti kegiatan di sekolah.

23.     Jarak antara kami dan spanduk yang berlatar hijau itu lima meter. (menagkap makna)
Kata hubung intrakalimat yang dipergunakan dalam kalimat di atas kurang tepat. Kata hubung yang tepat digunakan adalah . . . .
A.    atau                      
B.  pada                                                
C.  dengan                           
D.  sampai

Cermati kutipan berikut!
(1)  Terkadang hal yang begitu menyenangkan, dapat menjadi sebuah musibah, yang begitu menegangkan. Itulah, yang kualami satu bulan yang lalu. (2) Hari yang begitu menyenangkan untukku dan teman-temanku. (3) Saat itu liburan telah tiba dan kami, memutuskan untuk menghabiskannya di sebuah tempat hiburan. (4) Dengan begitu senang, aku berjalan dengan semangat.

24.     Kalimat yang ditulis dengan tanda baca yang benar adalah kalimat . . . .
A.      1    
B.      2                                                                                            
C.   3
D.   4

Baca kutipan berikut untuk soal nomor 25-26!
Kini anak cenderung menjadikan ibu sebagai orang yang dapat memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling dekat dengan dirinya. Selain sebagai pelindung, ibu juga menjadi sosok teladan bagi anak-anaknya. Dengan demikian, perkembangan kepribadian anak bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan keluarganya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini, orang tua hendaknya menjadi contoh yang positif bagi anak-anaknya. Meskipun anak bisa mengambil contoh orang lain, tetapi ibu tetap sosok terdekat dengan dirinya.

25.     Kata hubung antarkalimat dalam teks di atas terdapat adalah. . . .
A.     dengan demikian   
B.     selain sebagai                                                                   
C.   meskipun
D.   tetapi

26.     Kata hubung intrakalimat yang terdapat dalam kutipan di atas adalah . . . .
A.      kemudian, tetapi, meskipun     
B.      dengan demikian, meskipun, tetapi                       
C.  dengan demikian, kemudian, atau
D.  bagi, dalam hal ini, kemudian

Perhatikan kutipan teks berikut!
Pak Lebai adalah seorang guru agama yang hidup di tepi sungai di sebuah desa di Sumatra Barat. Pada suatu hari ia mendapat ia mendapat undangan pesta dari dua orang kaya yang tinggal di desa-desa tetangga.
Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan. Pak Lebai mempertimbangkan untung rugi kedua undangan tersebut. Ia berpikir bahwa kalau ia pergi ke hulu sungai tuan rumah akan memberinya hadiah dua kepala kerbau. Kalau ia pergi ke hilir sungai, ia akan mendapat hadiah satu kepala kerbau yang dimasak dengan enak. Ia juga kenal betul dengan tuan rumah. Pak Lebai berpikir keras untuk mendapatkan semuanya.

27.     Ringkasan teks di atas yang paling tepat adalah . . .
A.      Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia memilih salah satu undangan yang paling menguntungkan dirinya.
B.      Pak Lebai mendapat dua undangan pesta yang diadakan pada waktu yang sama dari desa tetangga. Dia berpikir keras bagaimana caranya agar mendapatkan dua-duanya.
C.      Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia mencari waktu yang tepat untuk bisa menghadiri dua undangan tersebut.
D.      Pak Lebai tidak mendapatkan apa yang diharapkan. Dia kehilangan kepala kerbau dan kue-kue yang enak.

28.     Sifat yang dimiliki oleh Pak Lebai adalah . . . .
A.   bijaksana                            
B.  pelupa                            
C.  penakut                         
D.  serakah

Perhatikan kutipan berikut!
Kami tiba di stadion tepat pukul 9 malam. Tribun telah penuh oleh undangan. Satu jam berikutnya acara dimulai. Sesuai dengan undangan yang kami terima, acara dibuka oleh Gubernur DIY. Pada saat hiburan ditampilkan, semua penonton merasa puas. Acara malam itu sangat meriah. Kamipun pulang setelah pertunjukkan kembang api sebagai akhir kegiatan.

29.     Kekurangan kutipan teks eksemplum di atas adalah . . .
A.      Menggunakan kata ganti kami.
B.      Tidak ada alur kegiatan yang jelas.
C.      Bersumber dari pengalaman penulis.
D.      Tidak terdapat insiden yang tidak diharapkan.

30.     Perbaikan kutipan teks di atas agar menjadi lebih baik adalah . . . .
A.      Menghilangkan kalimat kedua.
B.      Mengganti kata pada saat dengan kata ketika.
C.      Mengganti kata kami dengan kata ganti saya.
D.      Menghilangkan kata semua dan memisahkan pun dari kata kami.


II. Jawablah pertanyaan uraian berikut dengan jawaban yang paling tepat!

1. Jelaskan ciri-ciri teks eksemplum!
2. Buatlah 2 kalimat dengan keterangan cara!
3. Buatlah 2 kalimat dgengan keterangan tujuan!
4. Buatlah 2 kalimat majemuk setara!

Perhatikan kutipan teks berikut!
Liana adalah seorang pelajar yang pandai. Ia selalu mendapatkan juara kelas sejak SD hingga SMP. Sayangnya, kepandaiannya ini membuat dirinya sombong. Ia enggan berbagi kepintaran dengan dengan teman-temannya. Tiap kali ada teman yang menanyakan tugas kepadanya, dia enggan mengajari. Bahkan, saat guru meminta mereka mengerjakan tugas kelompok, ia selalu ingin mengerjakannya sendiri. Sikap sombong Liana membuatnya dibenci oleh teman-teman sekelasnya.
[ . . . ]

5. Lanjutkan kutipan teks di atas dengan menuliskan insiden sesuai dengan kreativitas kalian!





loading...
Previous
Next Post »

Posting Komentar