PERSIAPAN Sebelum Instal Dapodik Versi 2017 D



Tanda-tanda akan Rilisnya Aplikasi dapodik Versi 2017 D sudah mulai nampak. Banyak info di jejaring sosial menyebutkan kalau Dapodik 2017d akan Rilis di awal Bulan Agustus 2017. Lantas, Apa Saja yang perlu dipersiapkan Sebelum instal Aplikasi dapodik versi 2017d nantinya?

Berikut Saya uraikan dengan singkat Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Instal Dapodik 2017 D


1. Kesehatan Laptop/Komputer


Sering kali Operator Dapodik  Mengabaikan “kesehatan” Laptop/komputer. Tinggal nyalakan, kerja, lalu matikan. Padahal, seperti halnya manusia, PC juga harus dirawat agar kondisi tubuh tetap optimal, terlebih untuk aktifitas pengerjaan dapodik yang notabene membutuhkan waktu yang tidak sedikit, bahkan sampai lembur larut malam. Apabila kita mengabaikan kondisi PC tersebut, maka jangan heran apabila nantinya kinerja PC kita menurun atau bahkan rusak sehingga merugikan kita sendiri. Lantas bagaimana cara merawat PC/Laptop Dapodik kita? 

1. Gunakan Aplikasi Antivirus  dan lakukan scanning hardisk secara berkala (misal seminggu satu kali). hal tersebut berguna untuk menangkal virus yang mencoba masuk ke sistem PC kita. 

2. Buang Aplikasi yang kurang bermanfaat. Semakin banyak aplikasi yang terinstal di PC kita, tentu akan membuat kinerja PC semakin lambat, terlebih kalau Spesifikasi PC tersebut tidak begitu tinggi. 

3. Instal Aplikasi Cleaner. Nah menurut saya, Aplikasi cleaner merupakan Salah satu Aplikasi Wajib yang harus terinstal di PC. Terlebih bagi operator sekolah yang sering mengalami kendala dalam pengerjaan / instalasi aplikasi Dapodik.  Jadi perlu kita ketahui, bahwa setiap kita menghidupkan dan menjalankan komputer, akan selalu menyisakan sampah pada PC tersebut. Setiap aplikasi yang kita buka, setiap browser yang kita gunakan untuk ber internetan, juga selalu menimbulkan history, sampah, dan cache. Jika semua itu terus ditimbun, akan membuat ruang hard disk di drive C menjadi penuh, atau membuat sistem operasi Anda menjadi terganggu, dan akibatnya komputer Anda menjadi lambat. 

B. Dokumen-dokumen Input Data


Di setiap Tahun Ajaran baru Operator Dapodik pasti disibukkan dengan Input data ke aplikasi dapodik, salah satu contohnya adalah Input Peserta Didik Baru. Untuk itu sebelum aplikasi Dapodik Versi 2017d resmi dirilis kemdikbud, pastikan kita sudah menyiapkan Dokumen-dokumen yang ada agar proses input data bisa berjalan lancar seperti Formulir Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Berikut beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan sebelum Aplikasi Dapodik 2017d:
1. Formulir PPDB yang sudah terisi disertai Dokumen Pendukung (Fotocopy Kartu Keluarga/Akte)
2. SK Pembagian Tugas Mengajar untuk mengisi Pembelajaran di Aplikasi Dapodik
3. SK Berkala/Tingkat/Tugas tambahan Terbaru
4. Dan Lain-lain


C. KESEHATAN 



Mengingat Banyaknya yang harus dikerjakan pada Aplikasi Dapodik versi terbaru nanti, terlebih isu akan ada penambahan Fitur baru seperti Menu Kehadiran Guru dan lain-lain, maka akan menuntut operator untuk bekerja lebih keras. Untuk itu hal yang paling utama dipersiapkan adalah kesehatan si operator tersebut karena kalau sampai sakit, akan menghambat proses pengerjaan entri dapodik. 



D. TAMBAHAN

Jangan lupa siapkan kopi dan Rokok untuk menemani lembur Anda semua. hehehe (becanda). yang mau menambahkan silahkan di kolom komentar


Semoga kedepan Posisi Operator Dapodik diperhitungkan Kemdikbud dengan adanya Tugas Tambahan Khusus yang diakui. Aamiin ya Robbal Aalamiin...








Penulis: Arifkurniawan28

Sumber: https://www.data-dapodik.me/2017/07/hal-yang-perlu-disiapkan-sebelum-instal.html

Belum ada Komentar untuk "PERSIAPAN Sebelum Instal Dapodik Versi 2017 D"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel